Bisa Dimakan, Ini 4 Manfaat Bubuk Cangkang Telur bagi Kesehatan dan Kecantikan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 00:01:00

Bisa Dimakan, Ini 4 Manfaat Bubuk Cangkang Telur bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ladiestory.id - Kebanyakan orang umumnya hanya mengolah protein dari kuning dan putih telur untuk dikonsumsi, namun tidak untuk cangkang telur. Tahukah Anda bahwa cangkang telur bisa dimakan? Tentu saja.

Jadi jangan buang cangkang telur sisa memasak makan siang Anda. Pelajari berbagai manfaat cangkang telur yang sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh.

Apa Saja Kandungan dalam Cangkang Telur? 

Foto: Ladiestory.id

Konsistensi keras cangkang telur terdiri dari kalsium karbonat, bentuk kalsium yang paling umum. Kalsium  sendiri merupakan salah satu mineral penting yang kita butuhkan agar tubuh selalu berfungsi dengan baik.

Cangkang telur mengandung sekitar 40 persen kalsium. Setengah dari cangkang telur ini saja sudah dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari.

Selain kalsium, cangkang telur juga mengandung mineral lain antara lain strontium, fluor, magnesium, selenium, hingga protein. Semua nutrisi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Cangkang telur mengandung serat makanan yang membuat tubuh lebih efektif dalam menyerap nutrisi dari makanan, mencegah beberapa penyakit seperti diabetes dan obesitas yang disebabkan oleh kurangnya asupan gula.

Bubuk cangkang telur terbuat dari cangkang telur yang dikeringkan dan dihancurkan. Ini digunakan sebagai taburan atau tambahan pada makanan atau bahan perawatan. Bubuk cangkang telur bukanlah sesuatu yang dapat Anda beli di toko bahan makanan lokal Anda.

Ini adalah obat alami yang hanya bisa Anda temukan dalam bentuk bubuk atau pil secara online. Beberapa perusahaan juga menggunakannya sebagai produk kecantikan karena memiliki sifat anti penuaan dan berfungsi melindungi cangkang dari sinar matahari yang berbahaya.

Bubuk cangkang telur adalah produk sampingan dari produksi telur. Hal ini sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat, protein, vitamin A, D dan E, fosfor dan seng.

Bubuk cangkang telur adalah sumber kalsium yang membantu memperkuat tulang sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Ini juga mengandung protein yang membantu membangun otot sekaligus membantu proses pemulihan setelah berolahraga.

Manfaat Bubuk Cangkang Telur yang Jarang DiKetahui

Bubuk cangkang telur merupakan sumber kalsium yang kaya. Ini adalah bahan populer dalam sup, hidangan nasi, dan makanan ringan dan sebagainya. Berikut daftar manfaat singkat dari cangkang telur:

  • Kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Menguatkan rambut dan kuku
  • Melindungi dari osteoporosis
  • Membantu pencernaan

1. Manfaat Cangkang Telur untuk Kesehatan

Foto: Pixabay/Conger Design

Bubuk cangkang telur berasal dari kalsium karbonat dan dapat digunakan dalam berbagai hal terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Bubuk cangkang telur merupakan sumber kalsium dan sumber protein yang baik.

Cangkang telur juga dapat membantu membersihkan kulit dan menghilangkan jerawat, mengurangi peradangan, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan regenerasi sel.

Biasanya digunakan sebagai bahan dalam banyak produk kecantikan seperti masker wajah, krim, lulur wajah, toner, krim mata, produk perawatan rambut, dan lain-lain.

Bubuk cangkang telur merupakan alternatif obat alami yang sangat populer untuk penderita diabetes. Dalam banyak kasus, penderita diabetes didesak untuk menjauhi gula dan makanan tidak sehat lainnya karena dapat menyebabkan komplikasi serius. 

Bubuk cangkang telur telah digunakan sebagai obat alami untuk banyak penyakit seperti diabetes, gangguan pencernaan dan sembelit. Ini karena membantu meringankan buang air besar dengan meningkatkan jumlah lendir yang diproduksi tubuh secara alami dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel darah putih untuk menyerang bakteri dan virus.

Bubuk cangkang telur terbuat dari cangkang telur kering. Ini memiliki banyak nilai gizi dan dapat digunakan sebagai bahan dalam banyak resep. Ada banyak manfaat kesehatan dari menggunakan bubuk cangkang telur.

Ini dapat membantu meningkatkan pencernaan, mengatur metabolisme, meningkatkan kekebalan, menyembuhkan peradangan, melawan kanker, meningkatkan tingkat energi dan memperkuat tulang.

Cangkang telur memberi tubuh Vitamin A yang membantu mencegah rabun senja dan meningkatkan penglihatan secara umum. 

2. Manfaat Kesehatan Bubuk Cangkang Telur untuk Bayi dan Anak

Bubuk cangkang telur terutama terdiri dari kalsium dan fosfor. Mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan sistem saraf bayi Anda. Manfaat ini menjadikannya sumber yang ideal bagi bayi Anda untuk mendapatkan nutrisi ini dalam makanan mereka.

Bubuk cangkang telur dapat dengan mudah ditaburkan pada makanan, seperti yogurt atau oatmeal. Mereka juga membuat tambahan yang bagus untuk makanan yang dipanggang seperti pancake atau kue kering karena cangkang telur menambahkan tekstur renyah dan rasa pedas pada makanan penutup.

Ada banyak manfaat kesehatan untuk menambahkan bubuk cangkang telur ke dalam makanan anak-anak Anda. Salah satu contohnya adalah kalsium membantu mencegah timbulnya osteoporosis di kemudian hari. 

3. Bubuk Cangkang Telur sebagai Perawatan Kecantikan

Foto: Ladiestory.id

Bubuk Cangkang telur memiliki kandungan Vitamin D yang lebih rendah daripada produk susu tetapi menyediakan cukup Vitamin E yang memperkuat sistem kekebalan tubuh sambil memberikan antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh polusi atau faktor eksternal lainnya.

Bubuk cangkang telur telah digunakan di masa lalu untuk mempercantik kulit, tetapi sekarang dianggap sebagai perawatan kecantikan yang efektif. Dapat dicampur dengan berbagai produk kosmetik (seperti krim) agar lebih efektif.

Bubuk cangkang telur terbuat dari kalsium karbonat, yang secara alami ditemukan di cangkang telur, dan memiliki berbagai efek pada kulit. Cangkang telur berfungsi sebagai exfoliant alami dan dengan demikian membantu menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit Anda.

Ini juga mengandung asam organik yang dapat membantu melembutkan otot-otot wajah Anda ketika Anda sedang tidur atau bersantai di pantai.

Bedak cangkang telur merupakan perawatan kulit alami yang menawarkan segudang manfaat. Dapat digunakan sebagai pembersih, exfoliant, dan masker.

Bubuk cangkang telur terbuat dari cangkang telur ayam yang telah dibesarkan dengan pakan berkualitas tinggi. Cangkang tersebut kemudian digiling menjadi bubuk halus yang ringan dan tidak lengket.

Manfaat menggunakan bubuk cangkang telur sebagai exfoliant antara lain membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut tanpa iritasi, meningkatkan kadar hidrasi agar lebih halus, melembutkan kulit untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dengan merangsang produksi kolagen.

Partikel halus juga bekerja dengan baik dalam menyerap minyak berlebih di wajah yang membantu menjaga pori-pori Anda tetap bersih dan wajah Anda bebas dari jerawat.

4. Bubuk Cangkang Telur Dapat Ditambahkan dalam Masakan

Bubuk cangkang telur memiliki banyak manfaat kesehatan, cangkang telur merupakan sumber kalsium yang bagus dan juga dapat digunakan dalam masakan Anda.

Bubuk cangkang telur telah digunakan dalam berbagai hidangan seperti casserole ayam, omelet, dan telur lain-lain. Bubuk cangkang telur tidak mengubah warna, tekstur, dan rasa pada makanan Anda. 

Sekian informasi tentang manfaat cangkang telur yang sangat banyak. Setelah ini jangan buang cangkang telur Anda dan jadikan bubuk berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.