7 Cara Menjadi Menantu Idaman agar Disayang Mertua

Jumat, 5 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Cara Menjadi Menantu Idaman Agar Disayang Mertua

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Hubungan menantu dan ibu mertua yang tinggal seatap rentan mengalami konflik. Banyak masalah yang menjadi pemicunya seperti masalah komunikasi dan ketidak cocokan dalam masalah pekerjaan rumah, atau masalah apapun yang terjadi dalam rumah tangga anak dan menantunya, mertua selalu  ikut campur di dalamnya.

Setiap masalah pasti akan timbul dan membuat Anda sebagai menantu merasa tidak nyaman tentunya. 

Cara Menjadi Menantu Idaman

Untuk mengurangi konflik dan agar Anda menjadi menantu idaman di mata mertua sebaiknya ikuti cara seperti ini:

1. Bersikaplah Baik dan Santun

menantu idaman
Foto: Ladiestory.id

Yang pertama harus Anda lakukan untuk menjadi menantu idaman adalah dengan bersikap baik dan santun di hadapannya, dan berusahalah untuk memberikan yang terbaik pada mertua Anda. 

Dengan begitu Anda akan bisa mengambil hatinya dan mertua Anda pun akan merasa Anda adalah menantu yang baik dan menantu idaman baginya.

2. Hargai dan Hormati Mertua

Mertua adalah seseorang yang melahirkan dan membesarkan suami Anda, karena itu sudah sepantasnya Anda menghormati dan menghargainya.

Terimalah saran dan kritikan darinya dengan baik walau terkadang mungkin sarannya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan atau kritikannya menyakitkan bagi Anda.

Bersikaplah tenang, menerima dan bersabar menghadapi kritikannya jangan sampai membantahnya. Dengan begitu mertua Anda akan berpikir dan menilai Anda menantu yang menghormatinya, menghargai dan menurut padanya.

3. Rajin Mengurus Rumah Tangga

menantu idaman
Foto: Ladiestory.id

Rajin adalah salah satu kunci utama menjadi menantu idaman karena setiap mertua pasti tidak menyukai menantu yang bermalas-malasan. Bangunlah pagi-pagi dan kerjakanlah pekerjaan tanpa harus disuruh mertua Anda.

4. Perhatian pada Mertua

Bersikaplah perhatian pada mertua Anda, ini juga salah satu cara untuk mengambil hati mertua Anda. Misalnya saat melihat kondisi mertua Anda kurang sehat cobalah melayani kebutuhan makan, minum dan merawatnya, juga menggantikan pekerjaan rumah yang biasa mertua Anda lakukan.

5. Menjalin Komunikasi yang Baik

Dengan menjalin komunikasi yang baik bukan hanya membuat hubungan Anda dan mertua lebih saling mengenal dan dekat, tapi juga dapat menciptakan rasa peduli dengan berbagi cerita banyak hal mengenai anak-anak Anda  atau  cerita apapun masalah apapun dalam rumah tangga atau kehidupan sehari-hari Anda. 

Hal ini dapat membangun hubungan psikologis yang kuat Antara Anda dan mertua dan juga bisa menghindari terjadi kesalahpahaman.

6. Peka terhadap Kesukaan Mertua

menantu idaman
Foto: Ladiestory.id

Anda harus cari tahu dan peka terhadap kebiasaan mertua Anda, hal yang disukai dan yang tidak disukai olehnya, seperti memasak makanan kesukaannya, membelikannya baju yang sesuai dengan seleranya, atau membantu pekerjaannya di rumah. 

Dengan begitu mertua Anda akan merasa Anda mengetahui yang diinginkannya, peduli dan perhatian padanya, mertua Anda pun akan menyayangi Anda dan mengangaplah Anda menantu idaman yang diharapkannya.

7. Cari Persamaan dengan Mertua

Perbedaan pendapat menantu dan mertua itu sudah jadi biasa, tapi hal itu belum tentu karena tidak ada persamaan sama sekali. Cari dan temukan  persamaan Anda  dan mertua, misalnya dalam hal memasak, makanan kesukaan, hobi dan sebagainya.

Itulah informasi mengenai cara menjadi menantu idaman. Semoga apa yang disampaikan ini bermanfaat.