Panduan Lengkap dan Sederhana 5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Jumat, 19 November 2021 | 00:01:00

Panduan Lengkap Dan Sederhana 5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Penting untuk memikirkan kesehatan fisik dan kesejahteraan tubuh kamu, karena itu tidak hanya membantu kamu tetap sehat, tetapi juga membantu kamu tetap bahagia. Dikatakan bahwa orang yang memiliki kesehatan fisik yang baik cenderung tidak merasa stres atau depresi.

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu aspek terpenting dalam menjalani gaya hidup yang sukses. Ada banyak cara menjaga tubuh tetap sehat misalnya olahraga, diet, dan istirahat.

Pentingnya Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Foto: Ladiestory.id

Untuk membantu kita mengembangkan kebiasaan yang baik untuk tubuh kita, berikut adalah lima cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

  • Tetap terhidrasi. Minum air sepanjang hari secara berkala untuk hasil terbaik!
  • Berolahraga secara teratur
  • Makan makanan yang seimbang
  • Tidur yang cukup setiap malam
  • Jaga tingkat stres tetap rendah

5 Cara Menjaga tubuh tetap sehat tersebut merupakan hal yang dasar yang penting bagi setiap orang. Selanjutnya adalah cara menjaga tubuh tetap sehat dengan lima langkah yang spesifik.

1. Langkah pertama adalah memahami apa yang dibutuhkan untuk kebugaran jasmani. Ini termasuk makan dengan benar dan tidur yang cukup. Kamu harus banyak tidur setidaknya selama delapan jam setiap malam.

2. Langkah kedua adalah mempelajari apa saja tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kamu secara fisik atau psikologis.  Kamu harus aktif setidaknya selama satu jam setiap hari.

3. Langkah ketiga adalah fokus membuat perubahan dalam hidup kamu hari ini yang baik untuk kamu sekarang dan mungkin baik untuk kamu di masa depan. 

4. Keempat, temukan cara bersenang-senang dengan berolahraga agar tidak terasa seperti bekerja.

5. Dan kelima, penting untuk tidak hanya fokus pada diri kamu sendiri. Jaga kesehatan mental kamu dengan melakukan aktivitas yang melibatkan latihan meditasi mindfulness dan mindfulness untuk mengurangi tingkat stres.

Apa Cara Terbaik untuk Mulai Hidup Sehat dengan makanan?

Semua berawal dari makanan yang kita makan. Tetapkan tujuan untuk diri kita sendiri sehingga kita memiliki visi yang jelas tentang seperti apa kebiasaan makan kita di masa depan.

Misalnya, membatasi asupan gula atau meluangkan waktu dari hari kita untuk sesi latihan cepat sebelum menyelesaikan pekerjaan meja kita.

Hal praktis yang dapat membantu kamu mengurangi stres dalam hidup Anda.

  1. Latihan: Latihan adalah salah satu teknik pengurangan stres yang paling diremehkan. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat tubuh kamu bergerak dan melepaskan zat kimia yang disebut endorfin.
  2. Meditasi: Meditasi adalah praktik yang ampuh untuk menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres.
  3. Bersosialisasi: Salah satu cara termudah untuk mengurangi stres adalah meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman dan keluarga, meskipun hanya 10 menit!
  4. Berolahraga Secara Teratur. 

Bentuk Latihan Apa yang Bermanfaat untuk kesehatan tubuh?

Foto: Ladiestory.id

Olahraga sangat penting untuk kesehatan mental yang baik. Ini membantu melepaskan endorfin, hormon perasaan baik, yang memiliki efek antidepresan pada otak. 

Olahraga juga memberikan umpan balik positif bagi tubuh dengan melepaskan dopamin yang memberikan rasa euforia dan mengurangi kecemasan. Olahraga teratur penting untuk tubuh dan pikiran.

Ada banyak bentuk olahraga yang bermanfaat untuk kebugaran mental. American College of Sports Medicine merekomendasikan setidaknya 150 menit per minggu dalam aktivitas aerobik intensitas sedang atau 75 menit dalam aktivitas aerobik intensitas tinggi yang dikombinasikan dengan aktivitas penguatan otot pada 2 hari atau lebih per minggu. 

National Institute of Mental Health menekankan kehati-hatian dalam mencari aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan agar tidak menimbulkan rasa bosan saat berolahraga secara rutin.

Olahraga juga membantu sistem kekebalan kamu dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dalam aliran darah kamu yang melawan infeksi lebih efisien daripada yang dapat mereka lakukan tanpa olahraga.

Menjaga tubuh tetap sehat akan memastikan bahwa kamu mendapatkan semua nutrisi yang kamu butuhkan untuk menjaga diri kamu tetap prima. Tidur sama pentingnya karena membantu menjaga sistem kekebalan kamu tetap kuat dan memberi kamu energi untuk hari kedepan. Semoga Bermanfaat