3 Cara Merawat Bunga Edelweis yang Indah dan Cantik

Kamis, 16 September 2021 | 07:39:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

3 Cara Merawat Bunga Edelweis yang Indah dan Cantik

Foto: Ladiestory.id

Bunga edelweis yang memiliki nama latin anaphalis javanica dikenal juga dengan tanaman abadi, karena tanaman ini memiliki masa hidup yang sangat lama. Bunga edelweis banyak ditemukan di pegunungan atau dataran tinggi. Bunga ini juga terkenal dengan kecantikannya.

Pesona Kecantikan Bunga Edelweis

Foto: Ladiestory.id

Pesona kecantikan bunga edelweis memang luar biasa, pesonanya mampu menyilaukan mata yang memandangnya. Bunga ini sangat kuat dan memiliki sistem akar berserat yang membantunya untuk bisa  hidup di lereng yang berbatu.

Tanaman ini biasanya akan memekarkan bunganya antara bulan April hingga Agustus. Dengan warna bunga yang keputih-putihan, abu-abu kehijauan, atau putih kekuningan. Tanaman edelweis tumbuh membentuk rimbunan kecil di permukaan tanah.

Menariknya bunga edelweis ini bila yang sudah dipetik dan kemudian disimpan dengan benar tidak akan mengalami perubahan warna dan aroma dalam waktu yang sangat lama. 

Oleh sebab itulah, bunga edelweis mendapatkan julukan bunga abadi lantaran pesonanya ini mampu bertahan dalam kurun waktu yang sangat lama.

Bunga edelweis yang tumbuh liar di pegunungan ini termasuk tanaman yang dilindungi, karena itu dilarang keras untuk memetiknya secara sembarangan.

Namun, bila kamu ingin memilikinya kamu bisa membeli bunga edelweis petik yang dijual para petani Dieng yang membudidayakan tanaman edelweis lewat benihnya. 

Cara Merawat Bunga Edelweis

Bila kamu telah memiliki bunga edelweis petik yang kamu beli dari petani Dieng , kamu pun harus merawatnya dengan benar di rumah. Adapun cara merawatnya tidaklah sulit, berikut caranya:

1. Simpan Di dalam Vas

Bunga edelweis yang telah dipetik sebaiknya simpan di vas yang cantik. Kemudian taruh vas tersebut di dalam lemari kaca khusus pajangan. Cara ini akan membuat kamu lebih mudah memandangnya dan menghirup harumnya bunga edelweis setiap saat.

Untuk melihatnya lebih dekat kamu pun bisa membuka lemari pajangan tersebut. Di dalam lemari tersebut, bunga edelweis akan lebih terlindungi.

2. Pastikan Kondisinya Kering

Bunga edelweis mampu bertahan hidup lama bila kondisi lingkungannya dibiarkan kering. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pembusukan akibat adanya air.

Karena itu jangan pernah memberikan air di dalam vas bunga edelweis. Dengan menyimpan bunga edelweis kering di dalam lemari, maka ketahanan bunga tersebut akan semakin lama.

3. Letakan Pada Ruangan yang Sejuk

Ruangan yang digunakan untuk menaruh vas bunga yang berisi bunga edelweis ini haruslah ruangan yang sejuk. Kamu dapat memastikannya dengan mengatur sirkulasi udara pada tersebut supaya lancar.

Sedangkan bila kamu meletakkan bunga edelweis di dalam ruangan yang lembab, cepat atau lambat bunga abadi ini i akan membusuk.

Begitu pula kalau bunga ini diletakan pada ruangan yang panas, maka bunga edelweis pun akan mengering secara perlahan-lahan. Tempat terbaik untuk menyimpan bunga edelweis ini yaitu di dalam ruangan yang ber AC.