Tak Mudah Kempes, Ini Cara Merawat Kasur Busa agar Awet

Kamis, 16 Desember 2021 | 14:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Tak Mudah Kempes, Ini Cara Merawat Kasur Busa Agar Awet

Ilustrasi membersihkan kasur busa. (Special)

Ladiestory.id - Saat ini terdapat banyak jenis kasur salah satunya adalah kasur busa. Meski kasur cukup populer dan banyak digunakan oleh banyak orang, ternyata banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara merawatnya sehingga kasur tidak kempes.

Cara Merawat Kasur Busa yang Tepat

Saat terdapat beberapa bagian kasur yang kempes, hal ini akan memengaruhi kenyamanan serta kesehatan. Nah, kali ini Ladiestory.id akan memberikan tips cara merawat kasur busa agar tidak kempes.

1. Memakai Box Spring atau Ranjang sesuai Ukuran Kasur Busa

Pastikan jika kasur busamu mempunyai box springs atau ranjang yang bisa menyangga kasur busa milikmu. Hal ini bertujuan agar kasur tidak langsung menempel pada lantai, karena jika kasur menempel langsung ke lantai maka kasur akan cepat lembap dan bisa menyebabkan jamur. Jika Kamu menggunakan ranjang untuk alas penyangga kasur busa, pastikan Kamu memilih ukuran yang sesuai serta bahan yang kuat dan tahan lama, agar Kamu bisa tidur dengan nyaman.

Pastikan pemasangan kasur ke ranjang dalam posisi yang sesuai dan berada pada posisi yang tepat, karena jika posisinya miring atau kurang tepat akan mengakibatkan kasur rusak dan tidurmu menjadi tidak nyaman. Kamu juga harus melakukan pengecekan pada penyangga kasur busa minimal satu tahun sekali untuk memastikan penyangga atau box springs masih dalam keadaan yang baik.

2. Lapisi Kasur dan Cuci Seprai secara rutin

melapisi kasur
Ilustrasi melapisi kasur. (Special)

Kasur busa akan lebih baik jika ditutup menggunakan seprai agar terlindung dari debu dan kotoran sehingga tidak langsung menempel pada kasur busa. Kamu juga perlu mencuci seprai minimal satu minggu sekali, atau disesuaikan dengan kondisi kebersihan seprai tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari berkembangnya mikroorganisme yang disebabkan oleh debu, keringat dan sel-sel kulit mati.

Mencuci seprai disarankan menggunakan air panas atau hangat. Air hangat dapat membantu membunuh secara optimal mikroorganisme yang terdapat di seprai. Ingat, meski Kamu sudah menggunakan mattress protector untuk kasur busa, bukan berarti Kamu jadi malas atau tidak menjaga kebersihan kasur dan juga sprei. Selain itu, mattress protector juga harus dicuci sesuai dengan aturan yang berlaku pada masing-masing produk.

3. Putar Kasur secara Berkala untuk Melindungi Bentuk Kasur Busa

Putar kasur secara berkala sangat penting agar bagian dari kasur busa yang terkena beban dalam waktu lama tidak hanya pada bagian itu-itu saja, tetapi juga pada posisi lainnya.

Kamu dapat melakukan rotasi ini sebanyak dua kali dalam enam bulan. Caranya adalah dengan memutar bagian bawah kasur busa dan dibalik menjadi bagian kasur atas. Kemudian putar juga pada bagian kiri kasur busa dengan bagian kanan dan seterusnya. Hal Ini akan membuat beban pada busa terkena secara merata dan membuat bentuk kasur busa tetap terjaga.

Jangan meletakkan benda yang terlalu berat di atas kasur busa dalam jangka waktu yang lama. Jika Kamu melakukan itu, kasur busa bisa kempes dalam waktu yang cepat.

4. Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner secara Rutin

membersihkan kasur
Ilustrasi membersihkan kasur. (Special)

Rutinitas membersihkan debu pada kasur busa menjadi hal penting yang wajib dilakukan agar kasur busa yang kita miliki lebih awet dan bersih. Melakukan sedot debu dengan vacuum cleaner dapat membuat kasur busa menjadi bersih dan lebih fresh.

Hilangkan semua benda di atas kasur seperti seprai, bed cover, bantal dan bersihkan kasur busa secara merata menggunakan vacuum cleaner. Dengan melakukan hal ini secara rutin dapat membantu menghilangkan debu dan bisa menyedot kutu busuk yang sering kali susah untuk dihilangkan.

5. Jemur Kasur Busa secara Berkala

Sebagian besar orang percaya bahwa menjemur kasur di bawah sinar matahari secara langsung bisa efektif membunuh kuman yang ada di kasur busa. Namun, rupanya kebiasaan tersebut bisa berakibat tidak baik untuk kasur.

Kasur busa yang sering dijemur di bawah sinar matahari secara langsung dapat membuat kasur cepat mengempis, pori-pori kasur akan mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan tekstur kasur busa menjadi kering dan mengeras.

Jika Kamu merasa kasur busa milikmu lembap atau basah, hal yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mengangin-anginkan kasur tersebut di luar ruangan kurang lebih selama 5-6 jam serta jangan lupa bolak-balik kasur busa tersebut setiap dua jam sekali. Jadi kasur busa tidak berhadapan langsung dengan matahari.