Tampak Menggemaskan, Ini 11 Cara Merawat Kucing Persia agar Sehat

Minggu, 19 Desember 2021 | 10:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Tampak Menggemaskan, Ini 11 Cara Merawat Kucing Persia Agar Sehat

Ilustrasi kucing persia. (Special)

Ladiestory.id - Kucing persia adalah jenis kucing yang lucu dan menggemaskan. Untuk merawatnya memang gampang-gampang susah.

Cara Merawat Kucing Persia

Buat Kamu pecinta kucing yang tertarik untuk memeliharanya, berikut beberapa tips cara merawat kucing persia.

1. Beri kandang dan jaga selalu kebersihannya

Ilustrasi kucing persia. (Special)

Pertama siapkan kandang dengan ukuran yang tepat dan beri ventilasi udara yang cukup sebagai tempat istirahat kucing persia. Tempatkan kandang pada ruangan terbuka agar sinar matahari bisa masuk.

Pastikan juga kandang kucing tersebut selalu bersih dan tidak lembap, dengan cara membersihkannya secara rutin dan bila ada sisa makanan yang terjatuh Kamu harus segera membersihkannya.

2. Sediakan tempat untuk makan dan minum

Gunakan tempat makan dan minum yang menyatu dengan bentuk yang datar atau rendah, agar memudahkan kucing persia yang berwajah datar dengan hidung pendek ini lebih mudah menyantap makanannya.

3. Ketahui kebutuhan nutrisi kucing persia sejak kecil

Sebelum Kamu memberinya makan Kamu harus tahu kebutuhan nutrisi yang diperlukan kucing persia sejak kecil. Perlu Kamu pahami kucing persia kecil membutuhkan dua kali lebih banyak nutrisi dibanding kucing persia dewasa.

Kucing persia kecil biasanya akan mulai belajar makan sejak usia 5-6 minggu, dan walaupun mereka masih menyusu pada induknya Kamu bisa beri makan 4 kali sehari secara rutin.

4. Beri makanan yang bergizi dan minum air putih

Ilustrasi kucing persia. (Special)

Setelah Kamu mengetahui kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kucing persia sejak kecil, maka Kamu haruslah beri makanan kucing persia yang sehat dan bergizi sesuai kebutuhan nutrisinya itu. 

Kucing persia membutuhkan makanan yang kaya protein misalnya daging ayam, daging sapi, ikan atau makanan lainnya yang mengandung banyak protein. Hindarkan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi atau mi karena karbohidrat tidak baik buat pertumbuhan kucing persia.

Atau bila Kamu ingin lebih mudah dan praktis dalam memberinya makan, Kamu bisa beri makanan buatan pabrik yang berkualitas yang terdapat dalam dua jenis yaitu makanan kering dan makanan basah.

5. Sediakan tempat kotoran

Menyediakan tempat kotoran bagi kucing persia adalah hal yang sangat penting, sediakan tempat yang berisi pasir untuk kucing persia membuang kotoran nya.  

Usahakan tempat tersebut cukup lebar dan tinggi agar saat kucing menutup kotorannya tidak membuat pasir berhamburan. Ada banyak jenis pasir yang dijual dipasaran seperti pasir gumpal dan pasir wangi dengan berbeda-beda nomor tergantung besarnya pasir. 

6. Mandikan kucing persia seminggu sekali

Walaupun kucing punya kebiasaan menjilati badannya sendiri untuk menjaga kebersihan badannya. Tapi Kamu tetap wajib memandikannya seminggu sekali dengan menggunakan shampo khusus kucing. 

Gunakan air yang tidak terlalu dingin tapi juga tidak terlalu panas, sambil memandikannya Kamu juga bisa memotong kuku-kukunya yang panjang agar kucing persia Kamu tampak bersih dan cantik. 

7. Bersihkan bagian kucing yang sulit terjangkau

Sama seperti halnya manusia kucing juga memiliki bagian tubuh yang sulit terjangkau olehnya untuk dibersihkan sendiri karena itu Kamu perlu membersihkan bagian tersebut. Bersihkan bagian mulut dan gigi yang biasanya muncul karang gigi karena makanan basah.

Terkadang pada bagian telinganya juga terdapat kutu dan kotoran, bersihkan dengan perlahan menggunakan cotton bud yang basah.

8. Beri vaksin

Ilustrasi kucing persia. (Special)

Bukan hanya manusia yang perlu divaksin, kucing pun harus divaksin, lho. Untuk menjaga kekebalan tubuh dan agar terhindar dari serangan virus dan juga penyakit.

Disamping diberi vaksin kucing persia juga perlu diberi obat cacing untuk menjaga pencernaan kucing. Karena bila pencernaannya terganggu dan terkena diare akan membuat kucing tidak selera makan sehingga akan membuatnya susah gemuk. 

9. Sikat bulunya setiap hari

Agar kucing persia Kamu selalu tampak rapi,  lucu, cantik dan tidak kusut Kamu harus menyikat bulunya setiap hari. Gunakan sikat yang terbuat dari bahan logam dengan ujungnya yang runcing.

10. Jagalah kebersihan hidungnya

Kucing persia memiliki hidung yang pendek karena itu sering membuat hidungnya tersumbat karena kotoran yang dapat memicu adanya infeksi dalam saluran pernafasan nya. Karena itu Kamu harus selalu membersihkan hidungnya dengan menggunakan cotton bud yang dibasahi air hangat.

11. Rutin memeriksakan kesehatannya

Kamu juga harus rutin memeriksakan kesehatan kucing persia Kamu pada dokter hewan, karena biasanya pengaruh cuaca, tempat tinggal atau makanan yang tidak cocok dapat memengaruhi kesehatannya. 

Jauhkan pula benda-benda yang berbahaya atau cairan yang beracun dari kandangnya, karena dikhawatirkan kucing akan memakan atau meminumnya.