7 Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Kamis, 21 Oktober 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

7 Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Tren bercocok tanam memang tengah diganduringi banyak masyarakat semenjak pandemi. Mereka mencari kegiatan positif untuk mengisi waktu selama di rumah saja. Namun tak sedikit juga yang memang sudah memiliki hobi menanam.

Kendati sekedar mengisi waktu, namun sebaiknya tidak boleh sembarangan dalam merawat tanaman. Sebab tanaman adalah makhluk hidup yang bernyawa, yang butuh teknik dan perhatian khusus agar bisa tumbuh subur.

Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

Terbilang susah-susah gampang dalam merawat tanaman. Kamu hanya perlu melakukan beberapa cara merawat tanaman agar tumbuh subur. Coba perhatikan beberapa cara di bawah ini.

1. Pilih Media Tanam yang Tepat

merawat tanaman
Foto: Ladiestory.id

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur yang pertama-tama kamu harus menentukan media tanam yang sesuai untuk tanaman.  Media tanam ternyata bukan hanya tanah saja.

Ada campuran lain yang harus kamu tambahkan pada media tanam, seperti humus, sekam padi, sabut kelapa, serbuk kayu, dan lain-lain. Kamu juga dapat menggunakan air sebagai media tanam bagi tumbuhan hidroponik atau aquaponik.

2. Perhatikan Intensitas Air

Cara merawat tanaman agar tumbuh subur yang kedua dengan memperhatikan intensitas air yang dicurahkan pada tanaman tersebut. Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk hidup dan tumbuh.

Agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, sirami tanaman sedikitnya seminggu sekali. Usahakan untuk menyiram tanaman secara teratur.

Dalam menyiram tanaman, usahakan memperhatikan intensitas air. Jangan menyirami tanaman dengan air yang terlalu banyak. Air yang tergenang di dalam pot malah akan membuat tanaman menjadi busuk.

Kamu harus memastikan bahwa air untuk tanaman cukup. Jika tanaman kekurangan air, tanaman akan layu.

3. Pastikan Mendapat Sinar Matahari Alami Secara Cukup

merawat tanaman
Foto: Ladiestory.id

Agar tanaman tumbut subur, cara merawat dengan memberi sinar matahari secara cukup. Merujuk artikel SF Gate, ada beberapa tanaman yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang lebih besar. Namun ada juga jenis tanaman yang dapat bertahan meski mendapat sinar matahari lebih sedikit.

Meskipun semua tanaman membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis, akan tetapi tidak semua jenis membutuhkan sinar matahari selama enam jam setiap hari.

Ketentuan cahaya untuk spesies tanaman bervariasi sehingga beberapa membutuhkan sinar matahari penuh. Sedangkan yang lain tetap tumbuh subur di bawah sinar matahari parsial atau spot yang teduh.

4. Memilih Tanaman

Untuk pemula sebaiknya pilihlah tanaman yang mudah dirawat. Sesuaikan juga tanaman yang dipilih dengan lingkungan rumah sekitar, apakah lembap atau kering dan terkena cukup sinar matahari atau tidak.

Jangan campur tanaman yang membutuhkan sinar matahari banyak dengan tanaman yang hanya membutuhkan sedikit sinar matahari.

5. Memangkas Tanaman Secara Teratur

merawat tanaman
Foto: Ladiestory.id

Memangkas tanaman secara teratur menjadi salah satu cara merawat tanaman agar tumbuh subur. Langkah ini perlu dilakukan ketika beberapa daun atau ujung daun tanaman menguning atau cokelat. Jadi, pangkas tanaman sesekali untuk membantunya tumbuh dengan baik.

6. Menyentuh Tanaman Sebelum Disiram

Terkait dengan memahami kebutuhan tanaman, untuk penyiraman tak ada salahnya untuk memegang media lebih dulu. Hal ini dapat menjadi salah satu cara merawat tanaman agar tumbuh subur. Tindakan ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi media tanaman apakah sudah kering atau masih basah.

7. Mengatur Suhu Kelembapan

Cara selanjutnya agar tanamanmu tumbuh subur yakni memastikan bahwa tanaman yang kamu rawat memang dapat tumbuh di suhu lingkungan tempat kamu tinggal. Oleh karena itu, jika kamu tinggal di daerah pesisir, hindari menanam tanaman subtropis atau tanaman dataran tinggi, begitupun sebaliknya.

Untuk kelembapan udara, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan humidifier agar kebutuhan kelembapan tanamanmu dapat terpenuhi.

Inilah 7 cara merawat tanaman agar tumbuh subur. Yang terpenting sebelum merawat tanaman adalah komitmen kita.