6 Manfaat Menanam dan Merawat Tanaman bagi Kesehatan Fisik hingga Mental

Jumat, 27 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Menanam Dan Merawat Tanaman Bagi Kesehatan Fisik Hingga Mental

Ilustrasi berkebun. (Special)

Ladiestory.id - Selain sebagai hobi, ternyata menanam dan merawat tanaman dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik lho. Tak hanya pula dapat memperindah ruang dan pekarangan rumah, menanam tanaman secara tidak langsung dapat digunakan sebagai metode terapi untuk mengatasi deprsesi, kegelisahan, bahkan mengatasi masalah kesehatan mental.

Nah, berikut enam manfaat menanam dan merawat tanaman bagi kesehatan fisik dan mental yang telah dirangkum Ladiestory.id.

Kurangi Stres

Ilustrasi berkebun. (Special)

Manfaat utama dari menanam dan merawat tanaman ialah dapat membantu mengurangi stres. Yup, melihat hijaunya tanaman di sekitar ruang dapat mengurangi rasa cemas dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Secara tak langsung, melihat indahnya tanaman yang bermekaran dan tumbuh dengan subur pun dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang. Bahkan, melihat tanaman juga dapat meningkatkan rasa percaya diri sekaligus membawa kebahagiaan karena adanya kepuasan dengan perawatan yang konsisten dan baik.

Tingkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ilustrasi berkebun. (Special)

Manfaat selanjutnya dari menanam dan merawat tanaman ialah dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Saat menanam, tentunya kamu akan sangat teliti dan berhati-hati supaya tanaman tersebut dapat berhasil tumbuh tanpa kekurangan apa pun. Selain itu, kamu akan berusaha untuk menempatkan tanamanmu pada kondisi yang aman dan nyaman agar ia dapat tumbuh dengan cahaya yang cukup.

Rasa Bahagia Bertambah

Ilustrasi berkebun. (Special)

Menanam dan merawat tanaman juga dapat meningkatkan perasaan bahagia. Merawat dan menanam tanaman, baik di dalam maupun luar rumah, ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas hidup lebih baik, lho. Bahkan, hal ini dapat menciptakan koneksi dan persahabatan antara dirimu dengan tanaman yang kamu tanam. 

Rasa bahagia tersebut akan timbul atas rasa pencapaian dan kerja keras yang kamu lakukan agar tanamanmu dapat hidup dan berkembang dengan baik. Maka dari itu, seseorang yang gemar merawat dan memelihara tanaman dengan baik dapat memberikan pengalaman yang membahagiakan dan adanya rasa kepuasan terhadap diri sendiri.

Lebih Produktif

Ilustrasi berkebun. (Special)

Jika kamu merasa kurang produktif, menanam dan merawat tanaman dapat menjadi kunci untuk meningkatkan produktivitas dalam dirimu. Pasalnya, merawat tanaman dapat membuatmu lebih bersemangat serta dapat mengurangi rasa jenuh akibat pekerjaan. Melihat dan memandangi tanaman di ruangan kerja beberapa menit juga dapat meningkatan daya pikir dan konsentrasi sehingga mood-mu pun menjadi lebih baik.

Asah Kreativitas 

Ilustrasi berkebun. (Special)

Selain dapat meningkatkan produktivitas, menanam dan merawat tanaman juga dapat meningkatkan kreativitas. Yup, secara alami kehadiran tanaman dapat memicu pikiran yang lebih tenang. Selain itu, kondisi ini pun akan mendorong seseorang untuk lebih aktif bekerja.

Tingkatkan Sirkulasi Udara

Ilustrasi berkebun. (Special)

Udara di dalam ruangan akan memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Meletakkan tanaman, terutama di dalam rumah, dapat meningkatkan sirkulasi udara. Sebab, tanaman memiliki kemampuan untuk membersihkan udara.

Saat sirkulasi udara lebih segar, suasana hati pun dapat meningkat. Selain itu, tanaman di dalam ruangan juga dapat memberikan ketenangan, meningkatkan kelembapan, serta dapat menyesuaikan dan mengatur suhu ruangan.