Resep dan Cara pembuatan Es Loder Khas Bogor, Simpel dan Mudah

Kamis, 23 September 2021 | 11:05:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Resep dan Cara pembuatan Es Loder Khas Bogor, Simpel dan Mudah

Foto: Shutterstock

Ladiestory.id - Minuman apapun bentuknya pasti akan terasa menyegarkan, salah satu yang minuman yang sedang terkenal adalah es loder khas Bogor. Minuman satu ini jadi minuman yang bisa menghilangkan rasa haus dan sangat menyegarkan.

Jika kamu tinggal di sekitar daerah Bogor atau Jakarta, mungkin nama es loder sudah tidak asing lagi. Minuman ini  sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas, tetapi faktanya es loder ini memiliki banyak nama di tempat atau daerah lain.

Ada yang mengenalnya dengan sebutan es bubur sumsum, bubur jodo atau bahkan bubur campur. Es loder sendiri terbuat dari beberapa bahan yang terdiri dari beragam isian, mulai dari bubur sumsum atau puding hunkue berwarna hijau, candil, sagu mutiara, lalu disiram kuah kinca dan santan, kemudian diberi es.

Resep dan Cara Membuat Es Loder Khas Bogor

Foto: Shutterstock

Terbayang bagaimana segarnya es loder jika disantap? Apalagi saat cuaca panas, rasanya sangat segar dan bisa mengenyangkan perut. Jika kamu ingin mencoba es loder tapi kamu lagi malas keluar rumah, apalagi dengan cuaca yang panas. Kamu bisa lho buat es loder di rumah sendiri.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Foto: yummy

Bahan-bahan yang digunakan pun juga sangat mudah dicari dan harganya juga terjangkau. Apalagi yang kamu tunggu, yuk buat es loder di rumah buat teman kamu saat musim panas.

Bubur/lapis:

1 bungkus tepung hunkwe.

65 ml santan (1 bungkus) yg sudah dicampur air 85 ml menjadi 150 ml.

3 ml air.

4 lembar daun pandan hancurkan

Biji salak:

¼ kg ubi jalar.

3 sendok makan tepung tapioka

Kuah santan:

2 iris daun pandan.

Sejumput garam.

3 ml santan

Kuah gula merah:

¼ kg gula merah aren

Secukupnya gula putih.

3 gelas air.

Secukupnya Sagu mutiara.

Secukupnya Es batu

Cara Pembuatan Es Loder

Foto: food.detik

Berikut langkah-langkah untuk membuat es loder yang enak.

Langkah pembuatan bubur:

1. Kamu campurkan 150ml santan dengan tepung hunkwe kemudian aduk sampai rata dan sisihkan.

2. Lalu kamu bisa didihkan 500 ml air beserta daun pandan yang telah disaring, lalu tambahkan larutan tepung hunkwe masak hingga meletup letup sambil terus di aduk, setelah dirasa cukup matang kamu dinginkan.

Langkah pembuatan biji salak:

1. pertama-tama kamu rebus ubi hingga matang, lalu haluskan dan campur dengan tapioka sampai adonan bisa di pulung.

2. Buat adonan berbentuk bulat-bulat, kemudian rebus dalam air mendidih hingga matang mengapung.

Langkah pembuatan kuah santan:

Cukup sederhana, kamu hanya perlu mendidihkan santan dengan garam, dan daun pandan sambil terus diaduk sampai mendidih agar tidak pecah lalu sisihkan.

Langkah pembuatan kuah gula merah:

Hampir sama sederhananya dengan pembuatan kuah santan, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendidihkan gula merah, gula putih dan air hingga larut dan mengental.

Langkah terakhir:

Kamu masukkan ke dalam mangkuk bubur yang sudah diserut menggunakan sendok, kemudian masukkan biji salak dan es batu lalu siram dengan kuah santan dan kuah gula. Es loder pun siap disantap.

Nah, itu dia resep membuat es loder yang simpel. Gampang banget, 'kan? Bahan-bahannya juga mudah untuk ditemukan. Jadi, kalau kamu ingin menikmati es loder setiap saat, kamu bisa membuatnya di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Berita Terkait