Ketahui Cara Pilih Daging Ikan Salmon Terbaik untuk Dikonsumsi

Senin, 21 Maret 2022 | 16:36:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Ketahui Cara Pilih Daging Ikan Salmon Terbaik Untuk Dikonsumsi

Ilustrasi ikan salmon. (Special)

Ladiestory.id - Daging ikan salmon menjadi salah satu primadona dalam menu makanan ikan laut atau seafood. Seperti namanya, daging ikan ini berasal dari jenis ikan salmon. Bahan makanan ini mengandung kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh seperti omega-3, vitamin dan mineral. Sehingga daging yang memiliki warna oren segar ini sangat baik untuk menjaga kesehatan otak.

Meski begitu tingkat kesegaran ikan salmon akan memengaruhi hasil akhir makanan yang dihidang. Maka penting bagimu untuk memperhatikan daging ikan salmon segar.

Berikut Ladiestory.id membagikan tips memilih ikan salmon terbaik untuk menghasilkan makanan yang lezat.

1. Warna dan Tekstur

Norwegian Salmon Trout. (Instagram.com/kenkenmeatshop)

Meski warna ikan salmon cenderung oren dan tampak segar, namun Kamu tak boleh lengah. Ikan salmon liar memiliki warna daging oranye kemerahan, mengkilat serta tidak berlendir. Sementara pada ikan salmon hasil peternakan, warna dagingnya akan cenderung pucat, berlendir dan berair. Perbedaan ini dipengaruhi oleh makanan ikan semasa hidupnya.

Untuk itu, Kamu perlu benar-benar jeli memperhatikan kualitas daging ikan salmon.

2. Pilih Peternakan Darat

Jika daging ikan salmon yang dijual berasal dari peternakan, maka pilihlah ikan salmon hasil peternakan darat. Hal ini karena daging ikan salmon yang berasal dari peternakan darat diyakini dapat mengurangi risiko penyakit pada ikan salmon lantaran perawatan airnya.

3. Perhatikan Mata Ikan Salmon

Apabila Kamu membeli ikan salmon yang belum diiris atau masih utuh menjadi ikan, langkah yang Kamu harus lakukan adalah melihat mata ikan. Apabila mata ikan salmon terlihat seperti “berawan”, maka ikan sudah tak lagi segar.

4. Aroma Khas Laut

Meski ikan memiliki bau khas dagingnya, namun daging ikan salmon memiliki aroma khas laut. Sehingga ikan salmon tidak memiliki bau amis yang tidak enak.

5. Beli yang Bersertifikat atau di Toko yang Tepat

Ikan salmon yang baik memiliki sertifikat sehingga memang layak untuk dikonsumsi dan terbukti tidak membahayakan ekosistem alam. Selain itu Kamu juga bisa membelinya di toko yang terpat dan terpercaya. Salah satu rekomendasi tempat yang bisa jadi pilihanmu adalah Kenken Meat Shop.

Kenken Meat Shop merupakan supplier daging premium, salah satunya salmon yang merupakan daging seafood. Kamu bisa mengunjungi e-commerce Tokopedia dan Shopee untuk membeli daging terbaik. Harga yang diberikan cukup bervariasi mulai dari Rp100 Ribu hingga Rp1 Juta.

Info lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi Instagram @kenkenmeatshop.