Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | CARA SEDERHANA MENURUNKAN ASAM LAMBUNG SAAT PUASA

Cara Sederhana Menurunkan Asam Lambung Saat Puasa

LS Health
Penulis: LS Health
Kamis, 08 April 2021 | 02:06:21
Durasi baca: 1 menit, 37 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Sederhana Menurunkan Asam Lambung Saat Puasa

Ketika terkena penyakit asam lambung, kamu bisa mengalami beberapa gejala, seperti sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, mulut terasa asam atau pahit, mual dan muntah, serta kurang nafsu makan. Penyebab pasti melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung belum diketahui secara pasti. Jika kamu sering mengalami nyeri di area ulu hati atau merasakan sensasi panas di area dada , bisa jadi kamu sedang mengalami gangguan pencernaan ini. 

Jangan Makan Berlebihan

Makan dalam jumlah yang lebih besar dapat memperburuk gejala asam lambung. Salah satu langkah yang akan membantu meminimalkan refluks asam adalah menghindari makan dalam jumlah besar.

Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan dapat meredakan gejala asam lambung. Nah, mulailah menurunkan berat badan jika kamu mengalami asam lambung.

Baca juga: Hal Sederhana yang Bisa Membuat Pria Jatuh Cinta

Diet Rendah Karbohidrat

Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat meredakan gejala asam lambung. Karbohidrat yang tidak tercerna dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan tekanan yang meningkat di dalam perut. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab paling umum dari asam lambung. Memiliki terlalu banyak karbohidrat yang tidak tercerna dalam sistem pencernaan membuat kandungan gas tinggi sehingga kamu akan mengalami kembung. Ini juga cenderung membuat kamu lebih sering bersendawa.

Hindari Bawang Mentah

Makan makanan yang mengandung bawang mentah akan meningkatkan asam lambung dan bersendawa. Bawang mentah juga bisa mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan mulas. Apa pun alasannya, jika memakan bawang mentah membuat asam lambung semakin buruk, kamu harus menghindarinya.

Batasi Asupan Minuman Berkarbonasi

Minuman ringan berkarbonasi dikaitkan dengan peningkatan gejala asam lambung. Alasan utamanya adalah gas karbon dioksida dalam minuman berkarbonasi, menyebabkan kamu lebih sering bersendawa. Efek ini dapat meningkatkan jumlah asam yang keluar ke kerongkongan.

Naiknya asam lambung dapat dihindari dengan menerapkan pola makan sehat, teratur, dan menghindari pemicunya. Bila kamu telanjur mengalami nyeri asam lambung, segera atasi dengan delapan cara di atas. Jangan lupa, sedia selalu minum obat maag cair sebelum imsak dan sesudah buka puasa di tas kamu jika sewaktu-waktu asam lambung naik.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: 8 Cara Sederhana Membangun Bonding Orang Tua dan Anak


cara sederhana menurunkan asam lambung menurunkan asam lambung asam lambung

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health