Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | CARA TEPAT MENGOLAH BROKOLI UNTUK PROGRAM DIET

Cara Tepat Mengolah Brokoli untuk Program Diet

LS Health
Penulis: LS Health
Senin, 04 Januari 2021 | 01:55:02
Durasi baca: 1 menit, 55 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Cara Tepat Mengolah Brokoli untuk Program Diet 

Brokoli merupakan salah satu sayuran tinggi gizi, bahkan disebut sebagai superfood alis panganan super. Hal ini tak lain karena brokoli mengandung aneka nutrisi, dari serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan. Tak heran, brokoli sangat baik bagi kesehatan tubuh serta kulit dan rambut. 

Tak hanya itu, brokoli juga efektif membantu menurunkan berat badan rendah kalori. Menurut dokter ahli gizi, Rupali Datta, sayuran rendah kalori seperti brokoli adalah pilihan sempurna bagi mereka yang menjalani diet penurunan berat badan. 

"Karena juga merupakan sumber serat yang baik, brokoli memberikan rasa kenyang lebih lama dan kandungan nutrisinya mencegah kekurangan nutrisi," kata Datta dilansir dalam laman Food NDTV. 

Baca juga: Takut Gendut, Coba Yuk Diet Ala Nagita Salvina

Sama dengan Datta, Anju Sood, ahli gizi yang berbasis di Bangalore mengatakan brokoli sangat bermanfaat untuk penurunan berat badan. Brokoli kaya serat yang ramah untuk menurunkan berat badan. 

Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga memberi rasa kenyang yang lebih panjang. waktu yang lama. "Ini mencegah kamu makan berlebihan yang dapat menggemukkan," ucapnya. 

Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane. Kandungan yang biasa ditemukan dalam sayuran brokoli dan kubis Brussel ini dapat memaksimalkan proses membakar lemak dalam tubuh. 

Sebuah penelitian yang dilakukan Kanazawa University di Jepang menemukan sulforaphane menyebabkan tubuh membakar lebih banyak energi dan lemak serta membantu menyeimbangkan jumlah bakteri baik di dalam usus. 

Dengan mengonsumsi brokoli selama menjalani program diet, dapat membantu kamu menekan rasa lapar lebih lama serta menahan untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak. Ditambah lagi, kamu tidak akan merasakan diet yang menyiksa. 

Baca juga: Rahasia Diet Artis Korea untuk Memperoleh Bentuk Tubuh Ideal


Dikukus dan Suhu Rendah 

Untuk pengolahan resep brokoli sendiri, ada berbagai cara. Cara pengolahan brokoli sangat penting diperhatikan lantaran berpengaruh pada nutrisi yang terkandung di dalamnya. Salah mengolahnya dapat mengurangi nutrisi di dalam sehingga proses penurunan berat badan ikut berpengaruh. 

 

Ada banyak cara mengonsumsi brokoli untuk penurunan berat badan seperti mengukus, merebus, membuat sop, menumis, hingga di makan mentah. Namun, cara terbaik adalah mengukusnya agar kandungan nutrisi dan kadar sulforaphane tetap tinggi. 

Tak hanya itu, jangan memasak brokoli terlalu lama dan suhu terlalu tinggi. Hal ini dapat membuat nutrisi dan senyawa baik yang terkandung dalam brokoli menjadi menurun. Sebaiknya, kamu cukup mengukus atau mengolah brokoli selama lima menit dengan suhu rendah. 

Baca juga: Mengenal Diet Militer yang Diklaim Efektif Turunkan Berat Badan dalam Tiga Hari

Bila ingin mencoba resep brokoli lainnya seperti menumis, gunakan air seminim mungkin. Sebab, cairan yang banyak dapat membuat mengurangi nutrisi brokoli. 

Manfaat brokoli Brokoli Diet sayur hijau Manfaat sehat brokoli

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health