Cegah Diabetes, Ini Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Cegah Diabetes, Ini Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Timun. (Special)

Ladiestory.id - Timun atau mentimun yang biasa dijadikan lalapan bagi orang Indonesia atau kadang dijadikan acar. Timun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga segar dikonsumsi.

Timun juga memiliki kaya kandungan vitamin seperti vitamin A, B, C, dan mineral, seperti mangan, magnesium, kalium, dan silika. Karena kandungan vitamin itulah menjadikan timun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut Ladiestory.id merangkum delapan manfaat timun 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi jantung. (Special)

Secangkir timun mengandung kalium sebanyak 152 mg yang dapat menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian tentang asupan kalium menunjukkan bahwa asupan yang lebih tinggi akan berisiko lebih rendah terkena stroke dan bisa juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi, buat Kamu yang berisiko penyakit jantung, konsumsi timun bisa jadi cara mudah untuk meningkatkan asupan kalium dalam tubuh.

2. Melawan Peradangan dalam Tubuh

Ilustrasi orang kena radang. (Special)

Timun dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini karena timun mengandung polifenol yang disebut dengan lignan, yang juga dapat mengurangi  risiko kanker serta penyakit kardiovaskular tertentu.

Selain itu, timun juga mengandung nutrisi tanaman yang dinamakan cucurbitacins, yang bersifat anti-kanker. Para ilmuwan menunjukkan bahwa pertumbuhan sel kanker bisa dihambat oleh cucurbitacins.

3. Menjaga Berat Tubuh Tetap Ideal

Ilustrasi orang nimbang badan. (Special)

Timun sangat rendah kalori hanya sekitar 16 kalori per cangkirnya. Kulit timun juga mengandung serat, makanan dengan rendah kalori dan menagndung serat dapat menjaga berat badan tetap ideal. 

Ada banyak cara untuk nikmati timun ini,  bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan atau salad sebagai makanan tambahan. Bisa juga difermentasi sebagai acar, atau juga di jus. Usahakan untuk pilih timun yang ditanam secara organik, karena timun merupakan makanan dengan peringkat ke sembilan yang paling banyak terkontaminasi oleh Kelompok Kerja Lingkungan.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Ilustrasi bau mulut. (Special)

Bau mulut disebabkan oleh adanya bakteri dalam mulut. Serat dan sayuran yang kaya kandungan air seperti timun mampu meningkatkan produksi air liur dalam mulut, sehingga dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut

5. Mencegah Diabetes

Ilustrasi cek kadar gula darah. (Special)

Manfaat timun lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula dalam darah, hingga menghentikan glukosa darah yang terlalu tinggi. Menurut studi, kulit timun kaya antioksidan. Konsumsi timun secara rutin dapat mengatur pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati saat pemrosesan gula darah.

6. Melancarkan Pencernaan

Ilustrasi pencernaan. (Special)

Kalori dari serat timun dapat meningkatkan kesehatan usus. Rutin konsumsi timun dapat melancarkan buang air besar. Kandungan air dalam timun juga bisa mencegah makan yang berlebihan dan membuat kenyang lebih cepat.

7. Mencegah Dehidrasi

Ilustrasi orang makan timun. (Special)

Timun yang mengandung banyak air dan serat ini bukan hanya melancarkan pencernaan. Tapi juga dapat menambah asupan cairan dalam tubuh. Karena itulah konsumsi timun dapat mencegah dehidrasi atau kehilangan cairan.

8. Menguatkan Tulang

Ilustrasi orang dengan tulang kuat. (Special)

Timun mengandung kalsium yang merupakan nutrisi untuk membuat tulang sehat dan kuat. Vitamin K juga dapat membantu proses pembekuan  darah. Kandungan vitamin K ini dalam timun ditemukan dalam studi jurnal PLos Medicine. Studi tersebut menunjukan bahwa perempuan yang menopause dan rutin konsumsi 5 mg vitamin K tiap hari selama dua tahun, maka mengurangi risiko patah tulang.