Cek Daftar Makanan Meningkatkan Kesuburan, Membantu Program Hamil

Sabtu, 3 Juli 2021 | 19:07:33

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Cek Daftar Makanan Meningkatkan Kesuburan, Membantu Program Hamil

Foto: Ladiestory.id

Kehamilan adalah suatu peristiwa terbentuk dan berkembangnya individu baru dalam alat reproduksi wanita akibat adanya pertemua dua senyawa yaitu sperma dan ovum.

Memiliki keturunan merupakan impian bagi semua orang, terlebih bagi pasangan yang baru saja menikah. Berbagai cara kerap kali dilakukan oleh sepasang suami istri untuk melakukan program kehamilan.

Untuk mempercepat proses kehamilan, makanan juga merupakan salah satu faktornya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kekurangan zat gizi selenium dan zinc dapat menurunkan kesuburan.

Oleh sebab itu, makanan yang mengandung selenium dan zinc dianggap baik dikonsumsi oleh pasangan yang sedang menjalankan program hamil.

Namun beberapa ahli masih memperdebatkan kaitan antara makanan dengan kehamilan. Karena pada kenyataannya masih banyak wanita dengan cepat bisa hamil walau tidak rutin mengonsumsi makanan penyubur kandungan.

Tapi, sebagian ahli menganggap, pada sebagian wanita yang sulit hamil, ada kemungkinan asupan gizi yang lebih baik dapat membantu kesuburan kandungan.

Terlepas dari benar atau tidak, setiap usaha yang dilakukan tidak akan pernah mengkhianati hasil. Jadi tidak ada salahnya untuk tetap mengonsumsi makanan yang bisa menyuburkan. Kira kira apa saja daftar makanan yang meningkatkan kesuburan?

Daftar Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

  1. Telur

Foto: Ladiestory.id

Telur memiliki kandungan nutrisi asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas (gerak sperma), hingga morfologi (bentuk) dari sperma. Manfaat lain dari asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi di dalam tubuh.

Terlebih kuning telur terbukti kaya akan zat besi, kalsium, seng, vitamin B6, folat, dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk peningkatan kesuburan.

Kuning telur dari ayam yang dipelihara bebas bahkan dianggap sangat kaya akan zat penambah kesuburan, seperti  vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K2 yang larut dalam lemak.

Selain telur, ikan, khususnya salmon, makerel, tuna, dan sarden juga memiliki kandungan lemak omega-3 sehingga dapat menambah  daftar makanan meningkatkan kesuburan.

  1. Kacang dan Biji-bijian

Foto: Ladiestory.id

Kacang dan biji-bijian memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk sperma. Dengan adanya kandungan ini, menjadi salah satu nutrisi dalam makanan yang dapat membantu menghalangi kerusakan sperma. Maka dari itu, kacang dan biji-bijian juga termasuk sebagai penyubur sperma.

Anda juga bisa mengonsumsi alpukat dan sayuran hijau seperti brokoli atau bayam untuk memvariasi makananmu.

  1. Makanan Laut

Foto: Ladiestory.id

Makanan laut, khususnya ikan memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa makanan yang kaya vitamin B12 dapat meningkatkan jumlah, motilitas, hingga mengurangi kerusakan DNA sperma.

Makanan lain yang mengandung vitamin B12 adalah daging hingga produk olahan susu.

  1. Tiram

Foto: Ladiestory.id

Tiram selalu masuk ke daftar makanan meningkatkan kesuburan. Satu porsi atau enam tiram mentah, hanya mengandung 139 kalori. Sementara, tiram memiliki kandungan vitamin dan mineral yang melimpah.

Di dalam makanan ini terdapat kandungan zinc atau seng, salah satu nutrisi yang meningkatkan kualitas serta jumlah sperma.

  1. Buah yang Mengandung Vitamin C

Foto: Ladiestory.id

Selain meningkatkan imunitas pada tubuh, buah yang memiliki kandungan vitamin C bermanfaat sebagai penyubur sperma. Buah vitamin C juga mempunyai kandungan anti-oksidan sehingga mampu meningkatkan kualitas air mani, sehingga penting juga untuk sang pria mengonsumsi.

Anda bisa mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, manga, pepaya, stroberi, serta nanas secara rutin.

Inilah daftar makanan yang meningkatkan kesuburan. Selain berusaha, jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar segera mendapatkan momongan.