Cerita di Balik Film Melankolia Melalui Sinopsisnya

Senin, 6 September 2021 | 06:05:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Cerita di Balik Film Melankolia Melalui Sinopsisnya

Foto: instagram.com/generasi90anmelankolia

Keadaan yang mungkin sedang tidak seperti biasa, bukan berarti kita tidak bisa berkarya. Faktanya, masa ini malah muncul berbagai karya dari lagu hingga film. Salah satu film yang sedang banyak dibicarakan adalah generasi 90an Melankolia. Film ini banyak dibicarakan setelah resmi ditayangkan di Netflix pada pertengahan bulan Maret 2021.

Awal Terciptanya Film Melankolia

Film Melankolia
Foto: instagram.com/generasi90anmelankolia

Sekilas cerita mengenai film ini berawal dari sebuah karya tulis berupa buku dari  Marchella FP dengan judul yang sama. Awalnya, film ini sempat tayang di bioskop pada April 2020. Namun, pemutarannya harus berhenti pada 24 Desember 2020 karena adanya pandemi.

Kemenarikan dari film ini adalah karena memberikan nuansa era 90-an dimulai dari musik, game bahkan gaya berpakaian sehingga tidak heran banyak penonton yang merasa kembali ke masa lampau setelah menyaksikan film Garapan Visinema.

Sinopsis Mengenai Film Melankolia

Film Melankolia
Foto: hiburan.dreamers

Dalam film ini memang lebih banyak menceritakan tentang kehidupan Abby yang diperankan oleh Ari Irham sedang dilanda kesedihan dan rasa bersalah setelah kematian kakaknya, Indah yang diperankan oleh Aghniny Haque karena kecelakaan pesawat.

Kesedihan yang harus dirasakan Abby membuat dia menjalani hidup dengan penuh putus asa. Tentu saja, hal ini dialami juga dengan kedua orang tuanya. 

Namun ketika berada tengah keterpurukan, Abby datang menghampiri Sephia yang diperankan oleh Taskya Namya sebagai sahabat Indah yang sudah mengenal Abby sejak kecil bahkan dia dianggap seperti anak sendiri oleh kedua orang tua Abby.

Adanya kehadiran Sephia dalam hidup Aby perlahan memberikan kembali semangat padanya untuk menjalani kehidupan. Namun, mampuhkan Abby sepenuhnya tetap bangkit dari keterpurukan itu?

Jika dijabarkan secara keseluruhan, Film Generasi 90an Melankolia menggambarkan 5 stages of grief atau 5 tahapan kesedihan yang dimulai dari penolakan (denial), kemudian menimbulkan rasa marah (anger), muncul pertimbangan (bargaining), perasaan depresi (depression), hingga akhirnya menerima (acceptance).

Pelopor Film Layar Lebar Pertama Saat Pandemi

Film Melankolia
Foto: hiburan.dreamers

Kehadiran Generasi 90an: Melankolia menjadi film Visinema Pictures pertama yang tayang di layar lebar saat masa pandemi. Secara garis besar, film ini menceritakan tentang kecelakaan pesawat sebagai tema utama. Alasannya karena ini merupakan sebuah tragedi yang mempengaruhi banyak pihak tapi jarang dibicarakan lebih dalam.

Unit terkecil yang biasanya mengalami dampak dari tragedi kecelakaan pesawat adalah keluarga. Film ini menyampaikan lebih dalam mengenai kesulitan dan ketidakpastian yang harus dihadapi ketika tragedi ini  menimpa salah satu anggota keluarga.

Irfan Ramli sebagai sutradara dari film ini menyampaikan jika film ini bicara tentang keyakinan, keberadaan dan harapan menemukan kembali anak yang hilang sehingga memunculkan ruang interpretasi.

Bukan hanya itu, dalam film ini, Irfan ingin menyampaikan pesan kalau kebahagiaan dan kesedihan adalah dua hal yang tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Tapi, tenang saja ketika kesedihan dan kesulitan yang terjadi, manusia pasti punya caranya sendiri untuk menghadapi dan keluar dari kondisi itu.

Berita Terkait