Cheongsam Pakaian Imlek Dengan Ciri Khas Oriental

Sabtu, 3 Februari 2024 | 13:37:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Cheongsam Pakaian Imlek Dengan Ciri Khas Oriental

Ilustrasi bau cheongsam. (Special)

Ladiestory.id - Pada abad ke-20, terutama pada tahun 1920-an dan 1930-an, Cheongsam mengalami transformasi besar. Ini terjadi ketika pakaian itu mulai dipakai oleh kaum elit kota di Tiongkok, terutama di Shanghai, sebagai simbol modernitas dan gaya. Para perancang busana mulai mengubah desain Cheongsam, membuatnya lebih ketat dan memperlihatkan lekuk tubuh, sambil tetap mempertahankan ciri khas kerah berdiri yang tinggi. 

Pakaian ini menjadi simbol perempuan yang berani, mandiri, dan memadukan keanggunan dengan sentuhan modernitas.

Pengaruh Politik dan Budaya

Ilustrasi bau cheongsam. (Special)

 

Cheongsam juga memainkan peran penting dalam mencerminkan perubahan sosial dan politik di Tiongkok. Selama Revolusi Kebudayaan di Tiongkok (1966-1976), pakaian tradisional seperti Cheongsam dipandang sebagai simbol boros dan kelas yang konservatif. Karena itu, penggunaan Cheongsam menurun secara signifikan. Namun, setelah periode itu berlalu, Cheongsam kembali mendapat pengakuan sebagai bagian penting dari warisan budaya Tiongkok. Kini, Cheongsam tidak hanya populer di Tiongkok, tetapi juga di seluruh dunia sebagai pakaian yang elegan dan klasik yang mewakili keindahan dan keanggunan budaya Tiongkok.

Karakteristik Desain

Ilustrasi bau cheongsam. (Special)

 

Salah satu ciri khas paling terkenal dari Cheongsam adalah kerah berdirinya yang tinggi dan potongan tubuh yang melekuk tubuh. Desainnya yang ketat namun tetap elegan membuatnya populer di acara-acara formal, seperti pernikahan, pesta, dan acara resmi lainnya. Banyak Cheongsam juga dihias dengan bordiran indah, motif tradisional Tiongkok, atau detail yang rumit untuk menambah keindahan dan keunikan.

Mengapa Cheongsam Cocok untuk Imlek?

Ilustrasi bau cheongsam. (Special)

 

Cheongsam merangkum keindahan dan keanggunan budaya Tiongkok. Mengenakan Cheongsam selama Imlek merupakan cara yang indah untuk menghormati dan merayakan warisan budaya.

Banyak Cheongsam Imlek hadir dalam warna merah yang khas. Warna merah dalam budaya Tiongkok melambangkan keberuntungan, kebahagiaan, dan kemakmuran, menjadikannya pilihan yang ideal untuk perayaan Imlek.

Cheongsam memiliki potongan yang elegan dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk acara-acara formal yang terkait dengan Imlek, seperti reuni keluarga, pesta, atau perayaan resmi lainnya.

Masih ada cara lain untuk mengakali tampilan untuk bergaya di perayaan Imlek nanti jika kamu merasa tidak cocok mengenakan busana cheongsam. Cobalah untuk memilih busana bergaya modern seperti pencil skirt, sleeveless blouse berbahan chiffon yang nyaman, ataupun terusan seperti mini dress.

Pilih yang terlihat memiliki sentuhan motif oriental ataupun motif batik peranakan dalam desain yang lebih kekinian.  Kamu juga bisa memberi eksplorasi modern lebih mendalam terhadap outfit pilihan agar jauh dari kesan kuno.