8 Ciri-Ciri Kulit Sensitif pada Wajah

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 06:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

8 Ciri-Ciri Kulit Sensitif pada Wajah

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sebelum memilih suatu produk untuk wajah, seperti skincare atau kosmetik , kita harus mengenali wajah kita. Hal ini bertujuan agar produk yang digunakan dapat memberikan manfaat secara optimal. Terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Kulit sensitif adalah istilah untuk mendeskripsikan kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor, seperti udara atau bahan kimia dalam produk perawatan atau pembersih kulit.

Ciri-Ciri Kulit Sensitif pada Wajah

Jenis kulit ini membutuhkan usaha ekstra dalam merawatnya. Terlebih kamu harus selektif sebelum memakai makeup dan mencoba produk apa pun. Oleh itu, kenali dulu apakah kulit mu termasuk kulit sensitif atau tidak dengan 8 ciri-ciri di bawah ini.

1. Kulit Kemerahan

Foto: Ladiestory.id

Kebanyakan orang dengan ciri kulit sensitif adalah mengalami kemerahan pada kulit. Ini bisa berupa ruam merah, benjolan merah, blushing dan flushing (peronaan), atau bahkan pembuluh darah merah yang melebar (telangiectasias).

Biasanya, kemerahan akan hilang setelah menghilangkan iritan atau dengan perawatan ringan. Tapi, terkadang kemerahan bisa bertahan lebih lama, terutama telangiektasis. Perawatan laser sering kali bisa sangat membantu orang dengan kemerahan yang membandel.

2. Kulit Kering

Foto: Ladiestory.id

Kulit kering dan iritasi adalah salah satu ciri kulit sensitif, di mana skin barrier tidak bisa menjaga kelembabab kulit. Semakin lama, kulit akan menjadi bersisik dan mengelupas. Untuk kulit sensitif ringan, beberapa jenis krim bisa membantu menghilangkan gejala yang timbul.

3. Kulit Sering Mengelupas

Kulit mengelupas menandakan ada sesuatu keganjilan pada kelembapan kulit kamu. Pengelupasan yang berlebihan bisa disebabkan oleh terlalu sering melakukan exfoliation (scrub pengelupasan kulit mati).

Selain itu, kulit mengelupas bisa disebabkan oleh kekeringan kulit yang sangat parah. Hal ini dapat menjadi kulit sensitif pada wajah.

4. Kulit Terasa Gatal

Foto: Ladiestory.id

Jika memiliki kulit sensitif pada wajah, maka kulit akan lebih peka terhadap bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman yang menempel di kulit membuat kulit sensitif menjadi terasa gatal.

Kulit yang gatal pun menjadi salah satu gejala kulit kering yang parah. Untuk mengatasinya, gunakan produk perawatan yang dapat melembabkan dan menghidrasi kulit.

5. Kulit Terasa Perih dan Terbakar

Kulit kamu mungkin terasa perih dan terbakar saat membersihkan dengan atau menggunakan produk yang “terlalu kuat” bagi kulit. Hal ini umum terjadi pada gel, produk dengan alkohol, dan banyak produk jerawat atau produk anti-aging.

Meskipun ini biasanya bersifat sementara, namun bisa sangat tidak nyaman dan bahkan menyakitkan. Jika ada sesuatu yang menyebabkan kulit Anda perih atau terbakar, hilangkan bahan pemicu secepat mungkin dan bilas dengan air dingin.

6. Mudah Timbul Ruam atau Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Ruam atau jerawat yang mudah muncul bisa menjadi ciri kulit sensitif pada wajah. Jika kamu ingin mencoba produk baru, sebaiknya mencobanya terlebih dahulu di area yang tidak terlalu kentara.

Contoh, seperti di bawah lengan atau belakang telinga. Kemudian, tunggu sampai 24 jam untuk melihat, apakah ada ruam yang muncul atau tidak.

7. Mudah Terkena Alergi

Kulit sensitif pada wajah rentan terkena alergi karena permukaannya lebih tipis daripada kulit yang lain. Permukaan yang tipis inilah yang menyebabkan kulit sensitif juga mudah terkena berbagai penyakit.

Kulit sensitif sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ketika kondisi lingkungan berubah, kulit sensitif pun ikut berubah. Perubahan kulit tersebut ditandai dengan alergi. Ketika kulit terkena alergi, kulit sensitif akan menjadi kemerah-merahan dan muncul bintik-bintik alergi.

8. Rentan Alami Breakout

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu mungkin mengembangkan breakout yang terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula. Jika kamu memiliki kulit sensitif dan berjerawat, maka memerlukan bantuan dokter untuk menemukan produk yang tepat untuk menjaga kulit kamu tetap bersih tanpa menyebabkan iritasi.

Inilah 8 ciri-ciri kulit sensitif pada wajah yang perlu diketahui. 

Berita Terkait