8 Ciri Pria yang Baik untuk Dijadikan Suami

Kamis, 11 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Ciri Pria Yang Baik Untuk Dijadikan Suami

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Dalam memilih calon suami tidak bisa hanya berdasarkan cinta. Perlu juga melihat karakter dan kepribadian dari seorang lelaki yang akan kamu pilih. Mengingat pernikahan adalah perjalanan yang panjang dan diharapkan hanya sekali seumur hidup. 

Ciri Pria yang Baik untuk Dijadikan Pasangan

Ada baiknya kamu mengetahui kepribadian dan karakter pria yang kamu cintai dan yang akan pilih untuk dijadikan suami. Pria yang baik untuk dijadikan suami seumur hidup adalah seorang pria yang memiliki karakter dan kepribadian yang baik dengan ciri-ciri seperti:

1. Pekerja Keras

Foto: IDNtimes

Pria yang baik untuk dijadikan pasangan salah satunya Ia adalah seorang yang pekerja keras. Dia mau bekerja keras serta tidak bermalas-malasan untuk dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dan mencapai masa depan.

2. Mau Mengakui Kesalahannya

Ciri dari pria yang baik untuk dijadikan pasangan adalah dia yang mau bertanggung jawab dan tidak takut untuk mengakui kesalahannya. Dia juga selalu belajar dari kesalahannya, agar bisa menjadi seorang kepala keluarga yang lebih baik.

3. Selalu Bisa Menyemangati Kamu

Pria yang baik untuk jadi suami adalah dia yang tidak pernah berhenti memberikan semangat pada kamu untuk mencapai impian yang kamu inginkan. Dia akan terus mendukung dan tidak akan membuat kamu berhenti untuk melakukan sesuatu.

4. Taat Beribadah (Sholeh)

Foto: Dream

Ciri selanjutnya dari pria yang baik untuk dijadikan suami adalah yang taat beribadah ibadahnya atau sholeh. Laki-laki yang sholeh akan senantiasa membimbing kamu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan membuat kamu menjadi seseorang yang lebih baik.

5. Bertanggung Jawab

Ciri lainnya yang harus ada dari seorang laki-laki sebagai suami yang baik adalah tanggung jawab. Seperti dalam hal mencari nafkah. Jangan sampai suami hanya bisa menikmati hasil jerih payah istrinya, sedangkan dirinya hanya diam saja tanpa melakukan apapun.

Tidak hanya itu, dia juga harus mampu bertanggung jawab dengan semua yang dilakukannya atas nama keluarganya sendiri.

Meskipun kini zamannya emansipasi wanita, tapi suami yang baik tetap harus bertanggung jawab atas nafkah istrinya walaupun istrinya juga bekerja atau berkarier.

6. Mendukung Pilihan Kamu

Saat menikah, sebagai wanita, kita akan diberikan pilihan untuk tetap bekerja atau menjadi ibu rumah tangga. Pria yang layak jadi suami adalah yang bisa mendukung pilihan istrinya, bukan memaksakan kehendaknya.

7. Mau Mendengarkan Keluhanmu

Foto: Datingcoachonwheels

Mengeluh mungkin hal yang wajar bagi siapapun. Bila pasangan tidak ragu untuk mendengarkan kondisi yang kamu alami, dan dia justru mau membantu kamu untuk menyelesaikan masalahmu, itu tandanya dia layak untuk menjadi suami yang baik.

8. Berkepribadian Lembut dan Tidak Kasar

Seorang wanita kodratnya memang ingin selalu diperhatikan dan diperlakukan dengan lembut oleh seorang pria. Maka suami yang baik seharusnya memiliki ciri kepribadian yang lembut.

Kelembutannya bukan hanya untuk memberikan keluarganya (istri dan anak-anaknya) sebuah perhatian. Tetapi juga lebih kepada kemampuannya untuk bisa mengontrol emosi sehingga tidak mudah marah. Apalagi untuk berbuat kasar kepada istri dan anak-anaknya,  karena emosi dan kemarahan tersebut.

Dengan mengetahui 8 ciri pria yang baik untuk dijadikan suami, setidaknya kamudapat lebih selektif untuk menjadikan seseorang sebagai suami.

Jangan hanya berdasarkan cinta semata ya, Ladies. Ada baiknya perhatikan juga kepribadian, akhlak dan karakternya, karena pernikahan adalah hal yang sangat penting dan sekali seumur hidup.