Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | CONTOH REVIEW JURNAL: PENDIDIKAN, EKONOMI, KESEHATAN, DAN LAIN-LAIN

Contoh Review Jurnal: Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, dan Lain-Lain

LS Lifestyle
Kamis, 27 Mei 2021 | 04:28:49
Durasi baca: 5 menit, 51 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Contoh Review Jurnal: Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, dan Lain-Lain

Foto: Unsplash/Aaron Burden

Review jurnal adalah mempelajari sebuah penelitian yang telah ada atau sudah diterbitkan menjadi jurnal ilmiah sebelumnya. Mereview jurnal sangatlah penting supaya terbiasa dalam memahami dan mencari ide pokok dalam sebuah jurnal.

Bahkan mereview jurnal akan menjadi sebuah rutinitas ketika Anda sedang menempuh pendidikan sarjana ataupun pasca sarjana untuk menganalisis sebuah penelitian. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa contoh review jurnal.

Namun perlu Anda ketahui bahwa jurnal sendiri ada banyak sekali jenis atau tema nya, mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan, psikologi, dan masih banyak lagi. Jadi sebelum itu Anda harus tentukan dulu jurnal apa yang akan Anda review.

Baca juga: Manfaat Puasa bagi Kesehatan dan Kecantikan

Contoh Review Jurnal Lengkap

Berikut ini adalah beberapa contoh review jurnal yang populer dan paling sering dibahas di Indonesia. 

      1. Contoh Review Jurnal Pendidikan

Identitas Artikel :

Judul Jurnal : Penelitian Hubungan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika

Baca juga: Rekomendasi Suplemen Untuk Kesehatan Wanita


Penulis : Allisa Safitri

Publikasi : Jurnal elektronik program Pascasarjana Universitas Amikom Purwokerto

Diakses : 30/2/2017

Reviewer : Muh Solehudin (012987)

Latar Belakang :         

Baca juga: Cek Kesehatan dari 6 Warna Darah Menstruasi

Terdapat sebuah hubungan antara proses dengan hasil  pembelajaran dari pendekatan saintifik hasil belajar Fisika dengan keterampilan proses sains.

Tujuan:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur hasil belajar yang ditunjukkan oleh siswa pada mata pelajaran Fisika dan keterampilan proses sains antar siswa. Sampel ini diambil dari siswa yang mengikuti proses pembelajaran pendekatan saintifik dibandingkan siswa yang mengikuti metode pembelajaran umum.

Sampel:

Sampel diambil dari siswa kelas 10 SMAN 3 Jakarta Utara yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah total 150 siswa dan mengambil sampel random dari jumlah 3 kelas.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Dan Kecantikanmu?

Metode:

Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan sifat penelitian quasi experimental design (Eksperimen semu) dan metode post test only control group design. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Hasil:

Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran langsung dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran saintifik. (F=40,293; p<0,05), perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik dengan pembelajaran langsung dengan taraf signifikansi 0,000, p<0,05. Hal ini membuktikan  bahwa pembelajaran metode saintifik memberikan hasil yang lebih baik dibanding metode belajar secara langsung

      2. Contoh Review Jurnal Ekonomi 

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Identitas Artikel :

Judul : Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Kota Banjarnegara: Pendekatan Derajat Desentralisasi Fiskal

Penulis : Septriani, Esti Pasaribu, Ratu Eva Febriani, Benardin

Tahun : 2020

Nama Jurnal : Akuntabilitas

Volume : Vol. 15, No. 1

Halaman : 124-145

Instansi Penulis : Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Jenderal Soedirman, Provinsi Jawa Tengah

Latar Belakang:

Kondisi keuangan di kota Banjarnegara menjadi lebih baik setelah dilakukannya kebijakan desentralisasi. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya PAD dari kota Banjarnegara sejak tahun 2017-2019. Namun yang menjadi masalah di sini adalah belum diketahuinya sumber-sumber PAD yang potensial, jadi belum bisa menentukan mana skala prioritas dalam pembuatan kebijakan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjarnegara.

Tujuan Penelitian:

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris kinerja pemerintah kota Banjarnegara dengan derajat fiskal dan pendekatan desentralisasi.

Metode Penelitian:

Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan alat yang uji statistik regresi linier berganda.

Hasil:

Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan keuangan dari kota Bengkulu masih dalam tingkat yang rendah. 

Limitasi:

Batasan dari penelitian ini adalah terbatas pada kinerja keuangan pemerintah Kota Banjarnegara dengan jangka waktu yang cukup pendek. Penelitian ini juga hanya memasukkan variabel seperti retribusi daerah, pajak daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang telah dipisah, dan PDRB per Kapitanya saja.

      3. Contoh Review Jurnal Kesehatan

Identitas Artikel:

Judul : Analisis Sikap Pekerja Informal Non PBI Yang Belum Terdaftar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2014 Di Kabupaten Purwokerto.

Penulis : Ika Septiana, Maharani Chatila, Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia.

Tahun terbit : 2014

Reviewers : Bekti Joko .Y., Frida .C., Yunita .N., Rizqia, dan Amirudin

Waktu : 22 April 2020

Tujuan Penelitian:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap antara pekerja informal non PBI terhadap program JKN yang ada di Kabupaten Purwokerto.

Metode Penelitian:

Jenis penelitian ini merupakan jenis deskriptif yang tujuannya membuat gambaran tentang sebuah kondisi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif.

Metode Pengolahan Data:

Populasi semua pekerja informal non PBI yang belum tercatat dalam JKN Kabupaten Purwokerto. Sampel berjumlah 289 responden yang menggunakan teknik accidental sampling.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif persentase.

Hasil Penelitian:

Dari 289 responden diperoleh hasil:

  • 55,9% pekerja informal non PBI yang ada di Purwokerto telah mendukung program JKN
  • 53% tidak mendukung program JKN
  • 83,3% mendukung menjadi peserta PBI
  • 30,2% mendukung dengan adanya denda
  • Rata-rata 79,25% mendukung semua pelayanan dalam JKN
  • Rata-rata 81,9% mendukung pengelolaan dana yang dilakukan oleh BPJS kesehatan
  • dan 89,15% mendukung fasilitasnya.

Kesimpulan:

Berdasarkan dari penelitian dan pembahasan bisa diambil kesimpulan bahwa sikap pekerja informal non PBI mendukung program JKN yang telah diterapkan sejak 2014 di Purwokerto dengan total persentase

Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan dapat ditarik kesimpulan jika sikap pekerja informal non PBI mendukung program JKN yang sudah diterapkan sejak pada tahun 2014 di Kabupaten Brebes dengan total persentase 57,8%.

Kelebihan:

  1. Penelitian dilakukan tahun 2014, daya yang peneliti sajikan di bagian pendahuluan adalah data yang terbaru, yaitu tahun 2012, 2013, dan 2014
  2. Tabel hasil penelitian jelas dan meliputi penjelasan narasinya
  3. Adanya hasil peneliti-peneliti sebelumnya yang menggunakan tipe penelitian sejenis bisa menjadi bahan pembanding dalam penelitian.

Kekurangan:

Penelitian tidak memberikan keterangan tentang apa itu teknik accidental sampling, pendekatan kuantitatif, dan apa itu statistik deskriptif persentase

      4. Contoh Review Jurnal Psikologi

Identitas Artikel:

Judul : Laporan Langsung Psychopathy dan Hubungannya dengan Perbuatan Kriminal serta Antisosial berdasarkan Sampel pada Lulusan S1 Universitas

Tahun : 2016

Penulis : Rihati Saryani

Publikasi : Jurnal Ilmu Pengetahuan Perilaku Manusia

Latar Belakang:

Psikopat merupakan sebuah gangguan kepribadian kompleks yang memiliki gejala seperti impulsive, egosentrisme, kedangkalan, penyesalan pada terhadap individu dan kurangnya rasa bersalah pada individu.

Seseorang yang menderita gangguan ini memiliki gejala seperti antisosial dan tingkah laku kriminal. 

Berdasarkan tinjauan kali ini melihat seseorang yang mempunyai gejala gangguan psikopat dari dua konteks, yaitu non kriminal dan pidana.

Ada beberapa teori penyebab sampai hubungan antara perilaku antisosial yang berhubungan pada faktor biologis, psikologis, dan faktor sosial.

Teori Utama yang Digunakan:

Teori yang digunakan adalah aliran psikoanalisis yang dicetuskan oleh Sigmund Freud di dalam karya ilmiah satu ini.

Penulis menggunakan teori yang bertema, yaitu berwujud aliran psikoanalisis yang dicetuskan oleh Sigmund Freud dalam karya ilmiahnya.

Teori aliran psikoanalisis adalah teori pembentukan kepribadian dari seseorang.

Metode Penelitian:

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi stepwise.

Sampel Penelitian:

Penelitian ini mengambil sampel dengan total 250 mahasiswa dengan presentasi 78% perempuan dan 22% laki-laki di Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan teknik populatif.

Hasil yang Diperoleh:

Penelitian ini menghasilkan gambaran hubungan antara sikap psikopati, kriminal, dan kecenderungan berpikir untuk  bersikap antisosial dengan sampel mahasiswa.

Rata-rata mahasiswa tidak mempunyai kecenderungan psikopat, metode berpikir yang mengarah kepada perbuatan pidana sampai dengan substantive kriminal.

Sedangkan mereka yang mempunyai tendensi sikap kriminal pada pola berpikir sampai dengan kognisi pelanggaran serta kecenderungan antisosial memiliki prestasi rendah

Ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya jumlah pemikiran yang mengarah pada tindak kriminal dan sikap melanggar hukum, serta didukung dengan meningkatnya perilaku antisosial dari hasil para responden.

Demikianlah beberapa contoh review jurnal yang dapat kami sampaikan, semoga contoh-contoh di atas bisa bermanfaat untuk Anda ya ladies. Semoga dengan contoh di atas Anda bisa mereview jurnal yang Anda inginkan.

pendidikan ekonomi kesehatan psikologi review jurnal

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle