Covid-19 Varian XBB Ditemukan di Indonesia, Menkes Imbau Perketat Prokes

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 12:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Covid-19 Varian Xbb Ditemukan Di Indonesia, Menkes Imbau Perketat Prokes

Ilustrasi tenaga medis. (Special)

Ladiestory.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa virus Covid-19 varian XBB yang merebak di Singapura, kini telah ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, dirinya meminta agar semua pihak bekerja sama untuk memperkuat efektivitas Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan protokol kesehatan (prokes).

"Singapura sekarang kasusnya naik lagi ke 6.000 per hari karena ada varian baru yaitu XBB. Varian ini juga sudah masuk di Indonesia dan sedang kita amati terus," kata Budi dalam acara “Capaian Kerja Pemerintah 2022”, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (22/10/2022).

Menurut Budi, berbagai mutasi baru dari Covid-19 membuat Indonesia masih belum bisa dikatakan aman dari virus ini. Kendati demikian, dirinya menyebut pengendalian pandemi di Indonesia sudah lebih baik dibanding awal 2020 lalu.

Ia pun mengungkap bahwa masyarakat Indonesia termasuk salah satu warga negara yang taat terhadap protokol kesehatan. Sebagian besar masyarakat pun telah menerima vaksin Covid-19.

"Kita beruntung karena vaksinasi kita sangat baik, karena 440 juta ke lebih 204 juta komunitas penghuni kita, sehingga imunitas kita sudah baik. Dan juga protokol kita relatif baik, masyarakat kita masih pakai masker," ujar Budi.

Budi juga mengatakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan tetap diterapkan. Hal ini untuk mengantisipasi tingkat positif Covid-19 pada Januari dan Februari 2023 nanti.

"Semisal nanti di Januari dan Februari ada kenaikan (kasus positif Covid-19), pemerintah diharapkan tetap memiliki instrumen untuk bisa melakukan intervensi kesehatan di daerah-daerah," ujar Budi.