Daftar 6 Makanan Khas Yang Biasa Disajikan Saat Hari Kemerdekan Indonesia

Selasa, 10 Agustus 2021 | 06:21:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Daftar 6 Makanan Khas Yang Biasa Disajikan Saat Hari Kemerdekan Indonesia

Foto: Ladiestory.id

Bulan Agustus itu identik dengan perayaan. Sebab bangsa kita merayakan hari kemerdekaan negara Indonesia yang jatuh di tanggal 17 Agustus. Bendera merah putih akan dipasang pada setiap rumah, desa desa menggelar acara perayaan yang meriah, dan yang tak kalah menarik, makanan HUT RI 17 yang khas biasanya mulai terlihat di berbagai pinggir jalan.

Suasana perayaan ini membuat semuanya terlihat meriah. Makanan HUT RI 17 semacam kerupuk mulai banyak dibeli untuk dijadikan properti lomba.

Pada setiap tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan atau Hari Ulang Tahun. Biasanya kita akan melakukan beragam macam perayaan, baik dari menggelar beragam macam lomba, upacara, sampai syukuran dengan menyajikan makanan-makanan khas Indonesia.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia jatuh tepat pada tanggal 17 Agustus adalah hari spesial untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Beragam kegiatan dilakukan masyarakat guna memperingati Hari Kemerdekaan ini sebagai makna menghormati perjuangan yang sudah dicapai para pahlawan. Salah satunya adalah dengan mengikuti perlombaan yang diikuti oleh semua umur, mulai dari balita hingga lansia.

Selain kegiatan perlombaan, masyarakat tidak jarang mengadakan acara makan-makan dengan menyajikan makanan khas daerah mereka. Berikut adalah makanan nusantara yang identik dengan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

1. Nasi Tumpeng Kuning

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Kuliner ini pastinya sudah tidak asing untuk masyarakat sebab selalu menjadi yang istimewa dalam sebuah perayaan besar. Arti dari nasi tumpeng kuning ini merupakan sebagai ucapan rasa syukur karena telah mencapai sesuatu.

Nasi kuning yang mempunyai bentuk kerucut dan menjulang tinggi seperti gunung ini dihidangkan bersama dengan beragambmacam lauk pauk pada sebuah nampan. Lauk pauk tersebut diantaranya adalah potongan ayam goreng atau suwiran ayam, perkedel, sambal goreng, tempe, hingga telur dadar.

2. Kerupuk

foto:indtagram/eatwaroeng
Foto: Instagram/eatwaroeng

 

Hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang tiba tiap tanggal 17 Agustus tifak akan lengkap jika tidak ada kehadiran kerupuk. Makanan ini merupakan makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan pada setiap perayaan kemerdekaan.

Kamu tentu ingat kan perayaan lomba makan kerupuk yang tidak akan dilupakan setiap bulan Agustus? Pasti seru ketika melihat anak-anak sampai orang dewasa bersaing menjadi yang tercepat dalam menghabiskan hidangan pelengkap ini.

3. Bubur Merah Putih

foto:indtagram/inurlida
Foto: Instagram/inurlida

 

Selanjutnya, makanan yang selalu lewat pada meja makan setiap bulan Agustus adalah bubur merah putih. Warna merah dari bubur ini berasal dari gula merah, sedangkan warna putih berasal dari campuran santan kelapa. Selain sedap, makanan ini pun juga melambangkan rasa syukur. Apa jadinya kalau negara kita masih terus dijajah sampai sekarang?

4. Klepon

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Walau sempat diberitakan sebagai makanan tidak halal, namun jajanan yang satu ini masih menjadi primadona. Rasanya yang manis dan gurih, membuat lidah kita akan terpuaskan.

Sensasi gula merah yang meledak di dalam mulut juga membuat jajanan ini makin tak dapat dilupakan. Namun, perlu diingat, jika biasanya klepon identik dengan warna hijau, khusus di bulan Agustus, biasanya klepon akan berubah warna menjadi warna merah.

5. Telok Ukan

foto:instagram/charming.palembang
Foto: Instagram/charming.palembang

 

Telur yang satu ini merupakan jenis telur asin. Bedanya, telur asin yang ini dilubangi dan bagian atasnya diisi dengan campuran santan. Rasa asinnya jadi semakin gurih dan pas untuk disantap di hari kemerdekaan. 

6. Telok Pindang

foto:instagram/bisnishotel_
Foto: Instagram/bisnishotel_

 

Makanan khas HUT RI yang sering dijumpai di Palembang adalah Telok pindang atau biasanya dikenal dengan telur bacem. Setiap bulan Agustus, penjual telok pindang di Palembang selalu membludak.

Untuk membuat makanan ini, kamu perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti daun salam, daun jambu biji, dan kulit bawang. Campur telur dengan ketiga bahan tadi agar telur menjadi makin sedap.

Makanan di atas biasanya selalu ada ketika Hari Kemerdekaan tiba.