10 Makanan Untuk Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Senin, 4 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

10 Makanan Untuk  Diet yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Foto : lifestylekompas

Ladiestory.id - Semua makanan mengandung kalori yang berbeda-beda sehingga bagi mereka yang ingin menerapkan program diet harus berhati-hati dalam memilih makanan.

Terlebih lagi ada beberapa makanan yang lezat dan menjadi favorit banyak orang tapi justru mengandung  gizi yang buruk. Bila tidak terkontrol maka akan menimbulkan masalah kesehatan, termasuk kenaikan berat badan, yang bisa jadi memicu berbagai penyakit. 

10 Makanan Untuk Diet 

Inilah daftar makanan yang baik, sehat dan ampuh turunkan berat badan buat kamu yang sedang diet.

1. Telur

Foto : detik.food

Telur dikenal sebagai sumber protein yang paling mudah didapatkan. Satu telur yang berukuran besar memiliki sekitar 72 kalori, 6 gram protein, vitamin, dan mineral penting. Hasil studi menunjukkan bahwa makan satu telur utuh dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang.

2. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang tinggi akan zat besi, kalsium, vitamin, serat dan termasuk makanan rendah kalori. Kalori pada secangkir bayam mentah hanya 7 kcal, sedangkan ketika sudah dimasak menjadi sekitar 23 kkal.

3. Ikan Kod

Selain tinggi protein dan lemak sehat, jenis ikan kod, seperti salmon, makarel, atau tuna juga dapat dikonsumsi selama diet karena ikan kod rendah kalori. Ikan kod yang berukuran 85 gram mengandung kalori di bawah 70 kkal. Protein pada ikan-ikan tersebut memiliki efek mengenyangkan.

4. Strawberry

Foto : Jovee

Strawberry termasuk buah-buahan yang paling padat nutrisinya, seperti serat, vitamin C, mangan, dan antioksidan. Stroberi juga rendah kalori dan bisa  mencegah kanker. Kalori pada stroberi sekitar 33 kkal. Tapi jumlah itu tidak akan sama pada strawberrry jenis tertentu yang rasanya lebih manis.

5. Kacang Tanah

Kacang tanah mempunyai kandungan gula yang sangat rendah sehingga dapat dijadikan alternatif camilan sehat buat kamu yang sedang diet. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang makan selai kacang lebih dari lima kali dalam seminggu,  bisa mengurangi  risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

6. Jeruk Bali

Bukan hanya rendah kalori, jeruk bali juga memiliki kandungan air dan serat yang tinggi,  dimana keduanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini didasarkan pada studi terhadap 91 orang dewasa yang mengalami obesitas menunjukkan bahwa makan setengah jeruk bali sebelum waktu makan akan menurunkan berat badan dengan signifikan.

7. Yogurt

Foto : lIputan6

Yogurt merupakan menu terbaik untuk diet yang menawarkan protein sehat di setiap porsinya. Adanya studi terhadap 20 wanita yang mengonsumsi yogurt menunjukkan bahwa adanya pengurangan asupan makanan hingga 100 kalori di kemudian hari.

8. Kentang Rebus

Kentang memiliki nutrisi yang sangat beragam dan hampir semua yang dibutuhkan tubuh ada di dalamnya, sehingga kentang rebus bisa dijadikan rebus alternatif makanan untuk diet sehat. Selain itu, kentang rebus yang  dibiarkan hingga dingin akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk untuk menurunkan berat badan.

9. Mentimun

Mentimun adalah salah satu buah yang rendah kalori. Setiap 300 gram mentimun mengandung sekitar 45 kalori. Sementara secangkir mentimun yang diiris - iris, kalorinya cuma 14 kkal tidak sampai 1 persen.

Meski diperkaya nutrisi seperti vitamin C dan K, mentimun tergolong sebagai makanan dengan kepadatan energi yang sangat rendah.

10. Agar - agar

Foto : aladokter

Makanan selanjutnya yang cocok untuk diet adalah agar-agar, kalori agar-agar hanya 20 kkal. Akan tetapi, jumlah kalori ini hanya untuk agar-agar tanpa pemanis tambahan. Agar-agar juga termasuk makanan bebas lemak, sehingga dapat dijadikan makanan ringan atau cemilan selama diet.

Itulah tadi 10 makanan diet yang bisa kamu terapkan. Makanan - makanan tersebut relatif ampuh dalam mengurangi berat badan. 

Berita Terkait