Waspada! Ini 3 Dampak Buruk yang Disebabkan Polusi Udara

Jumat, 24 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Waspada! Ini 3 Dampak Buruk Yang Disebabkan Polusi Udara

Ilustrasi polusi udara (Sepcial)

Ladiestory.id - Akhir-akhir ini kondisi udara Jakarta semakin mengkhawatirkan. Hal ini dikarenakan polusi udara yang ada di Jakarta yang sangat buruk.

Bahkan, kualitas udara di Jakarta menduduki peringkat 2 terburuk dunia berdasarkan data dari situs IQAir pada Kamis (16/6/2022). Karenanya, udara di Jakarta terlihat pekat dan cukup menghalangi jarak pandang. Angka AQI (Air Quality Index) atau Indeks Kualitas Udara Jakarta tercatat berada pada angka 156, yang sudah termasuk ke dalam kualitas tidak sehat.

Polusi udara ini tentunya berdampak pada kesehatan. Seperti dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, disebutkan bahwa polusi udara dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan, penyakit jantung, kanker berbagai organ tubuh, gangguan reproduksi dan hipertensi (tekanan darah tinggi). Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa polusi udara termasuk ke dalam ancaman lingkungan terbesar dunia. 

Berikut ini Ladiestory.id rangkum beberapa dampak polusi udara bagi kesehatan.

Tingkatkan Angka Kematian Dini

Ilustrasi orang meninggal dunia. (Special)

Berdasarkan WHO, polusi udara menyumbangkan lebih dari 2 juta jiwa pada perkiraan angka kematian setiap tahunnya. Angka tersebut didasarkan pada pengelompokan regional, khususnya di Asia Tenggara dan wilayah Pasifik Barat. Sedangkan, untuk tingkat global, setidaknya 7 juta kematian setiap tahunnya.

Polusi udara menjadi salah satu penyebab penyakit stroke, jantung, kanker paru, pneumonia, dan asma. Hal ini menjadikan polusi udara sebagai salah satu pembunuh senyap.

Sebabkan Penyakit Tidak Menular

Ilustrasi masalah pernapasan. (Special)

Polusi udara berkontribusi menjadi penyebab penyakit menular yang dialami oleh manusia. Berdasarkan Sumi Mehtan, yang merupakan seorang vital strategies, mengatakan bahwa polusi udara dapat memperburuk epidemi penyakit tidak menular, seperti penyakit pernapasan kronis dan juga penyakit kardiovaskular.

Penyebab Hilangnya Kehidupan Sehat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, polusi udara menjadi penyebab berbagai penyakit. Karenanya, polusi udara berperan besar pada kesehatan seseorang. Semakin tinggi polusi udara di suatu area tertentu, semakin tidak sehat juga kehidupan yang ada di sana.

Polusi udara telah merenggut kehidupan sehat masyarakat. Ia membuat masyarakat tak dapat lagi menghirup udara bersih, yang merupakan hak bagi setiap manusia. Hilangnya kehidupan sehat ini dibuktikan dengan angka kematian yang terus meningkat yang disebabkan oleh polusi udara. 

s