Mengandung Banyak Lemak, 5 Dampak Konsumsi Gorengan Berlebihan saat Bulan Puasa

Rabu, 13 April 2022 | 18:00:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Mengandung Banyak Lemak, 5 Dampak Konsumsi Gorengan Berlebihan Saat Bulan Puasa

Ilustrasi gorengan. (Special)

Ladiestory.id - Gorengan menjadi salah satu makanan yang banyak diminati masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Di saat bulan puasa seperti ini, gorengan menjadi salah satu makanan yang paling banyak di cari. Beberapa kedai atau toko yang menjual gorengan pasti sangat ramai dikunjungi pembeli. 

Namun apakah Kamu tahu dampak dari mengonsumsi gorengan secara berlebihan? Menurut para ahli kesehatan, ada banyak dampak yang di timbulkan dari mengonsumsi gorengan ini. Yang mana apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat membahayakan tubuh.

Dengan adanya dampak yang membahayakan ini membuatmu harus memperhatikan lagi jumlah gorengan yang dimakan. Berikut beberapa dampak mengonsumsi banyak gorengan saat bulan puasa.

Memicu Peningkatan Kadar Lemak dalam Tubuh dan Risiko Obesitas

Ilustrasi olahraga bagi penderita obesitas. (Special)

Gorengan merupakan sebuah makanan yang memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuatnya seperti tepungm juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal itu menjadikan gorengan sebgagai penambah jumlah asupan kalori.

Parahnya lagi, lemak yang ada dalam makanan tersebut tidak akan membuatmu kenyang, justru makanan tersebut susah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, gorengan akan berpotensi menimbun lemak yang cukup banyak, sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.

Meningkatkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Dengan mengonsumsi gorengan dengan jumlah yang cukup banyak apalagi rutin, dapat menyebabkan kolesterol naik. Gorengan identik memiliki kandungan minyak yang banyak, sehingga bisa menimbun banyak lemak dalam tubuh.

Kamu juga bisa melihat bahwa kandungan lemak jahat pasti ada dalam gorengan, apalagi jumlahnya sudah cukup banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu jangan mengonsumsi terlalu banyak gorengan, terlebih saat bulan puasa.

Menyebabkan Sembelit

Foto: Ladiestory.id

Ketika Kamu mengalami sembelit atau susah buang air besar, hal itu pasti sangat mengganggu aktivitasmu saat bulan puasa. Nah, ternyata dampak dari memakan gorengan dalam jumlah yang banyak di bulan puasa itu dapat menyebabkan sembelit.

Sembelit ini bisa terjadi karena Kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak yang cukup tinggi, seperti gorengan. Kalau Kamu makan gorengan setiap berbuka ataupun sahur, maka risiko Kamu terkena sembelit atau masalah pencernaan akan lebih tinggi.

Naiknya Asam Lambung

Foto: Ladiestory.id

Ketika Kamu puasa, perut pasti dalam keadaan kosong karena menahan lapar dari fajar hingga terbenam matahari. Saat perut kosong, tentu akan berisiko naiknya asam lambung.

Asam lambung akan semakin naik bilamana Kamu memakan makanan yang berlemak. Seperti yang Kamu tahu, gorengan sendiri menjadi salah satu makanan yang dimasak dengan digoreng.

Kandungan lemaknya dapat menyebabkan sfingter esofagus melemah. Sehingga, nantinya risiko asam lambung naik akan terjadi. Tidak hanya itu, gorengan ternyata juga dapat menghambat proses pengosongan perut. 

Rasa Gatal pada Tenggorokan

Penyebab Tenggorokan Gatal (Special)

Bagaimana jadinya ketika Kamu sedang berpuasa tiba-tiba tenggorokanmu terasa gatal? Sangat mengganggu bukan. Nah, ternyata dampak dari mengonsumsi gorengan secara berlebihan juga dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal. Kandungan akrolein yang menjadi jenis senyawa organik tak jenuh ternyata juga terkandung dalam gorengan.

Akrolein ini berasal dari minyak penggorengan yang sudah dipakai berkali-kali untuk menggoreng. Tidak hanya itu, tidak jarang juga Kamu menemui bahwa banyak penjual gorengan yang masih memakai minyak bekas penggorengan hingga berwarna hitam pekat. Hal tersebutlah yang membuat tenggorokanmu terasa gatal.