1. Health
  2. Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Jantung Pisang bagi Ibu Hamil
Health

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Jantung Pisang bagi Ibu Hamil

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Jantung Pisang bagi Ibu Hamil

Ilustrasi jantung pisang. (Special)

Ladiestory.id - Jantung pisang merupakan bagian dari pohon pisang yang kerap diolah menjadi berbagai macam masakan. Jantung pisang sebenarnya merupakan bunga dari pohon pisang. Namun, karena bentuk dan warnanya menyerupai jantung, maka disebutlah jantung pisang. Umumnya, jantung pisang diolah menjadi gulai maupun tumisan.

Ternyata, jantung pisang memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan, lho. Bahkan, jantung pisang disebut memiliki khasiat dan manfaat bagi ibu hamil, mulai dari mengatasi sembelit hingga mencegah anemia pada ibu hamil. Ladiestory.id telah merangkum lima manfaat jantung pisang bagi ibu hamil. 

Cegah Sembelit

Ilustrasi sembelit. (Special)

Sembelit atau konstipasi sering dialami oleh ibu hamil. Sembelit akan membuat perut terasa begah dan akan merusak mood ibu hamil. Oleh karena itu, jika kamu mengalami sembelit saat hamil ,kamu bisa mengonsumsi jantung pisang. 

Jantung pisang memiliki kandungan serat yang tidak larut air. Kandungan tersebut mampu meningkatkan mikrobioma usus dan juga berfungsi sebagai probiotik untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus, sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit. 

Turunkan Kolesterol dan Gula Darah

Ilustrasi gula darah. (Special)

Kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi tentu dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, terlebih bagi ibu hamil. Pasalnya, kondisi kesehatan ibu sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan. Oleh karena itu, jika ibu hamil memiliki riwayat kolesterol dan gula darah, mengonsumsi jantung pisang secara rutin dapat membantu mengatasi hal tersebut. 

Dalam jantung pisang terutama jantung pisang ambon terdapat kandungan senyawa alami yaitu sterol yang cukup tinggi. Sehingga, dengan mengonsumsi jantung pisang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, adanya zat antioksidan dalam jantung pisang mampu membantu melawan radikal bebas. 

Kurangi Ketidaknyamanan Sendi

Ilustrasi ibu hamil sakit pinggang. (Special)

Saat hamil, tubuh membutuhkan banyak asupan kalsium. Kalsium tersebut sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Oleh karena itu, kamu wajib mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium.

Karena jika tidak tersedia asupan kalsium yang cukup, maka janin akan mengambilnya dari tulang ibu. Sehingga, kamu mungkin akan mengalami nyeri sendi, bahkan pengeroposan tulang saat sedang hamil. 

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi olahan makanan yang terbuat dari jantung pisang. Jantung pisang memiliki kandungan seng dan zat antioksidan yang bermanfaat untuk membantu mencegah pengeroposan tulang. 

Cegah Kerusakan Oksidatif

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Kerusakan oksidatif dapat terjadi karena terjadi kerusakan pada sel tubuh. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya pengaruh radikal bebas. Radikal bebas mampu mengambil oksigen dari sel tubuh sehingga dapat menyebabkan kerusakan. 

Sebagai ibu hamil, kamu perlu memberikan perlindungan bagi tubuh dan juga janin dari efek Radikal bebas. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan tinggi.

Jantung pisang bisa menjadi pilihan makanan yang memiliki kandungan zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Selain itu, dengan mengonsumsi jantung pisang dengan porsi yang cukup dapat membantu melindungi sel dan jaringan tubuh. 

Cegah Anemia

Ilustrasi ibu hamil alami anemia. (Special)

Manfaat terakhir yang dimiliki jantung pisang dan bermanfaat bagi ibu hamil adalah mampu mencegah anemia. Kekurangan zat besi atau anemia defisiensi zat besi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga asupan zat besi.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi suplemen atau bisa juga dengan rutin mengonsumsi jantung pisang. Pasalnya, bunga dari tanaman pisang ini memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi termasuk zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel