Hati-Hati! Dampak Negatif Terlalu Sering Pura-pura Bahagia

Selasa, 11 Januari 2022 | 11:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Hati-Hati! Dampak Negatif Terlalu Sering Pura-Pura Bahagia

Ilustrasi pura-pura bahagia. (Special)

Ladiestory.id - Terkadang, seseorang memilih untuk tetap tersenyum dan bahagia walaupun hari yang dilaluinya cukup berat. Hal ini didasari dengan berbagai alasan. Selain ingin terlihat baik-baik saja, juga tidak ingin membebani orang lain dalam kesedihan yang Kamu punya.

Memang ini tampak seperti bentuk perilaku positif. Sebab, Kamu tetap tegar dan bahagia, walaupun keadaan sedang sulit. Namun, tahukah Kamu, kalau terus menerus berpura-pura bahagia akan membawa dampak negatif dalam kehidupanmu? Ladiestory.id merangkum beberapa saja dampak buruk jika terlalu sering pura-pura bahagia.

1. Rasa Tertekan

Ilustrasi merasa tertekan. (Special)
Ilustrasi merasa tertekan. (Special)

Selalu tersenyum dan seolah-olah sedang baik-baik saja, sedangkan hatimu tengah sedih akan membuatmu merasa tertekan. Kamu lebih memilih memendam perasaan sedihmu daripada membaginya dengan orang lain. Maka nantinya, orang lain akan menganggapmu sedang baik-baik saja.

Mereka akan menganggapmu tak ada masalah apapun, sehingga akan memperlakukanmu seperti biasanya tanpa ada support untukmu. Lain halnya jika Kamu nampak sedih atau kecewa, orang lain tentu akan bersimpati padamu. Dan tak jarang mau mendengarkan keluh kesahmu.

2. Suasana Hati Menjadi Buruk

Ilustrasi perempun sedang bad mood. (Special)

Berpura-bura bahagia walaupun Kamu sedang dilanda kesedihan tentunya akan membuat suasana hatimu menjadi buruk. Hal ini sama saja Kamu berbohong pada dirimu sendiri.

Sikapmu yang seperti ini, justru nantinya akan menimbulkan banyak pikiran negatif dalam dirimu. Lebih baik jujurlah dengan perasaan yang Kamu miliki saat ini. Tak perlu menutup-nutupinya.

3. Timbul Stres

Ilustrasi merasa stres. (Special)
Ilustrasi merasa stres. (Special)

Ada kalanya kenyataan dalam hidupmu tak sesuai dengan ekspektasimu. Tentunya hal tersebut dapat menimbulkan kekecewaan atau bahkan kesedihan dalam hati. Memilih untuk pura-pura bahagia dan baik-baik saja untuk menutupi perasaan kecewa tersebut, bukanlah sesuatu yang baik.

Hal ini justru akan menimbulkan stres. Oleh karena itu, adanya keseimbangan emosi itu perlu. Ketika Kamu sedang bersedih, mencobalah untuk menerima kenyataan dan ungkapkan perasaan sedihmu. Tak perlu memaksakan untuk terus tersenyum demi penilaian dari orang lain.

4. Timbul Rasa Tidak Puas

Memaksakan diri untuk terus terlihat baik-baik saja sama halnya dengan kurang bersyukur. Karena, bagaimanapun dalam kehidupan tentunya tak selalu berjalan mulus. Ada kalanya Kamu bahagia dan ada kalanya juga Kamu mengalami kesedihan. Berusaha menutupi kesedihan justru akan menimbulkan rasa tidak puas dalam dirimu.

Kamu seolah tidak bersyukur dengan apa yang Kamu terima saat ini. Cobalah untuk menerima kesedihan yang Kamu alami tanpa berusaha menutupinya dengan senyum palsu. Maka hal tersebut merupakan salah satu bentuk ungkapan syukurmu dengan keadaan yang menimpamu saat ini. Hal ini jauh lebih baik daripada berusaha menutupinya.

5. Lupa Jati Diri

Ilustrasi merasa sedih. (Special)
Ilustrasi merasa sedih. (Special)

Terlaku sering pura-pura bahagia juga akan membuatmu lupa akan jati diri. Hal ini dikarenakan Kamu lupa bagaimana kebahagiaan yang sesungguhnya. Kamu akan semakin susah membedakan mana kebahagian yang asli untukmu dan mana yang kebahagiaan palsu.

Ini merupakan dampak dari seringnya Kamu menipu dirimu sendiri dengan hal-hal yang tidak sebenarnya. Cobalah terima perasaan yang Kamu alami saat ini dan cobalah untuk mengekspresikannya. Karena terus menerus memakai topeng kebahagiaan tak akan mendatangkan manfaat bagi dirimu.