Didominasi Karbohidrat! 7 Menu Sarapan Bagi Orang Indonesia

Sabtu, 8 Januari 2022 | 05:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Didominasi Karbohidrat! 7 Menu Sarapan Bagi Orang Indonesia

Menu sarapan orang Indonesia. (Special)

Ladiestory.id - Sarapan menjadi hal yang penting dilakukan sebelum memulai rentetan aktivitas dalam sehari. Sarapan tidak boleh dilewatkan sebab mampu memberikan energi di pagi hari. Tak hanya memberi energi, namun sarapan yang baik juga memberikan nutrisi pada otak dan dapat mengendalikan berat badan.

7 Makanan yang Sering Dijadikan Sarapan Bagi Orang Indonesia

Setiap negara memiliki menu sarapan tersendiri. Nah, kalau di Indonesia sarapan pagi masih didominasi oleh karbohidrat. Kira-kira apa saja ya menu sarapan Indonesia?

1. Nasi Kuning

Menu sarapan orang Indonesia. (Special)

Nasi kuning menjadi salah satu menu sarapan orang Indonesia yang dilengkapi dengan berbagai lauk. Diantaranya suwiran ayam, kering tempe, telur, perkedel, dan lainnya.

Sesuai namanya, nasi ini memiliki warna kuning yang dihasilkan dari kunyit. Kemudian dimasak bersama dengan santan dan beberapa rempah-rempah Indonesia lainnya.

Nasi kuning ini memiliki rasa yang gurih, namun beda daerah biasanya akan beda juga rasanya. Terlebih makanan khas Indonesia satu ini akan banyak dijumpai di daerah Bali, Jawa, dan Sulawesi.

2. Bubur

Menu sarapan orang Indonesia. (Special)

 

Bubur sangatlah populer menjadi sarapan Indonesia. Bahkan kini terdapat fenomena, dimana menu sarapan satu ini memiliki dua kubu. Kubu pertama adalah orang-orang yang makan bubur dengan diaduk. Sebaliknya, kubu kedua merupakan orang-orang yang makan bubur tanpa diaduk.

Bubur sendiri merupakan sarapan pagi yang memiliki banyak varian. Hal ini juga tergantung pada daerah masing-masing dengan citra rasa khas tiap daerha. Misalnya ada bubur Manado atau yang sering disebut Tinutuan.

Biasanya, dalam satu porsi bubur Manado akan dilengkapi dengan labu kuning, pipilan jagung manis, dan sayuran bayam. Bubur Manado akan terasa lengkap jika dibarengi dengan goregan ikan nike. Ikan nike sendiri adalah seperti teri halus yang hanya ada di Danau Tondano.

3. Nasi Goreng

Menu sarapan orang Indonesia. (Special)

 

Menu sarapan Nasi Goreng bahkan sudah melalang buana di dunia. Sebab memang sarapan pagi ini sangat nikmat dan lezat.

Selain itu, nasi goreng merupakan sarapan Indonesia yang paling mudah dibuat jika tidak memiliki waktu banyak untuk sarapan. Tak hanya praktis, namun nasi goreng dapat dikreasikan dengan berbagai menu pelengkap seperti ayam, telur, bakso, sosis, dan lain sebagainya.

Terlebih jika menambahkan menu pelengkap tersebut, sarapan pagi praktis ini memiliki gizi yang beragam. Sebab terdapat protein dari ayam maupun telur, karbohidrat dari nasi.

4. Nasi Uduk

Menu sarapan orang Indonesia. (Special)

 

Sama seperti nasi kuning, nasi uduk merupakan menu sarapan yang memiliki rasa gurih. Nasi yang juga diolah dengan santan ini biasanya akan dilengkapi dengan tempe orek, sambal, irisan telur, dan bawang goreng.

Apalagi kita dapat dengan mudah menemukan nasi uduk ini di daerah Jakarta dan Bandung. Sebab ada cerita sejarah mengenai sarapan Indonesia ini. Dulu, bangsa Melayu yang datang ke Jakarta memberikan hasil inkulturasi berupa kuliner nasi uduk.

5. Lontong Sayur

Menu sarapan orang Indonesia. (Special)

 

Lontong merupakan makanan yang dibuar dari beras kemudian dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Biasanya lontong dibungkus dengan daun pisang yang dapat menambah aroma sedap.

Lontong sayur menjadi favorit menu sarapan sebab dirasa mampu mengisi perut kosong di pagi hari. Disantap bersama kuah opor gurih, telur, dilengkapi denngan krupuk.

Sama halnya dengan sarapan pagi lainnya, lontong sayur juga memiliki ciri khas tersendiri setiap daerahnya. Seperti lontong sayur dari Padang yang akan menyajikannya dengan buncis dan gulai nangka muda.

6. Soto

Menu sarapan orang Indonesia. (Special)

 

Sepertinya soto merupakan menu sarapan favorit banyakan orang Indonesia. Sebab banyak sekali orang-orang yang berjualan soto di pinggir jalan.

Menu sarapan ini cocok sekali disantap di pagi hari terutama saat cuaca dingin. Sebab soto merupakan makanan dengan kuah panas yang memiliki rasa nikmat dan sedap.

Soto juga memiliki banyak variasi tergantung setiap daerah masing-masing dengan citra rasa khas berbeda.

7. Nasi Gudeg

Menu sarapan orang Indonesia. (Special)

Nasi gudeg merupakan makanan khas dari Jogja yang kerap kali juga menjadi menu sarapan Indonesia. Di beberapa penjuru kota, terdapat beberapa penjual nasi gudeg yang buka hanya saat pagi hari.

Satu porsi nasi gudeg dilengapi dengan berbagai lauk seperti ayam suwir, tempe, tahu, ikan, telur, dan disempurnakan dengan sambal krecek. Selain itu, nasi gudeg juga akan disriam dengan kuah kental rasa manis yang membuat menu sarapan ini lebih nikmat.