Diet Anti Gagal, 5 Menu Sarapan Sehat Rendah Kalori

Kamis, 7 Juli 2022 | 00:01:00

Nova Patria Aditya

Penulis : Nova Patria Aditya

Diet Anti Gagal, 5 Menu Sarapan Sehat Rendah Kalori

Ilustrasi melakukan diet. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki tubuh ideal dan sehat adalah impian semua orang. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari mengatur jadwal olah raga, memperbaiki pola tidur, hingga melakukan program diet. Diet sendiri biasanya dilakukan oleh orang-orang untuk menurunkan kadar gula dan kalori dalam tubuh.

Ada beragam diet yang bisa kamu jalani, seperti diet karbo, diet mayo, hingga diet OCD yang dicanangkan artis Indonesia Deddy Corbuzier. Hindari makanan manis karena pengaruh konsumsi gula berlebih akan membuat kamu merasa ngantuk di pagi hari. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu lama, penyakit diabetes pasti menyapa tubuh kamu. 

Dilansir beberapa jurnal kesehatan WHO, ternyata sarapan mampu menentukan progam dietmu loh, Ladies! Yuk kenali sarapan sehat untuk tubuhmu.

Puding buah 

Puding Buah. (Special)

Selain dikenal sebagai makanan diet rendah kalori, puding juga mengandung banyak serat, protein, vitamin, dan kalsium. Terlebih, jika Ladies menambahkan susu low fat dalam pengolahannya. Puding merupakan salah satu menu sarapan pagi yang praktis dibuat dalam waktu singkat.

Untuk kamu pecinta rasa manis, cukup ganti gula dengan buah-buahan seperti leci atau berry dalam campuran puding. Rasa manis alami yang dihasilkan buah dinilai lebih aman untuk mengatur gula darah dalam tubuh, loh Ladies.

Cara membuatnya juga cukup mudah, pertama kamu siapkan agar-agar (bisa diganti dengan jelly atau gelatin sapi). Kemudian, campurkan agar-agar dengan air, lalu masak dengan menggunakan api kecil. Setelah mendidih, matikan kompor dan tunggu hingga agar-agar bersuhu hangat kuku. Kemudian, masukkan beberapa buah yang kamu inginkan ke dalam wadah. Tuangkan agar-agar secara perlahan. Setelah beberapa saat, puding buah bisa kamu nikmati.

Oat 

Ilustrasi overnight oatmeal. (Special)

Olahan biji gandum atau sereal ini banyak dipilih sebagai alternatif program diet. Selain dinilai lebih lama memberikan efek kenyang karena mengandung serat tinggi, makanan diet rendah kalori ini bisa disiapkan hanya dalam lima menit loh, Ladies.

Cukup panaskan oat dengan air hingga mendidih dan aduk dengan api kecil. Tambahkan irisan buah dan beberapa tetes madu untuk pelengkapnya. Makanan ini mampu membuatmu merasa kenyang seharian, sehingga program dietmu pasti berhasil.

Smoothies

Ilustrasi green smoothies. (Special)

Menu sarapan yang satu ini juga tak kalah bergizi. Jika kamu tidak terlalu suka mengunyah makanan di pagi hari, smoothies bisa jadi pilihannya. Minuman ini terbuat dari buah atau sayur yang diberikan campuran susu dan sedikit oat. Tekstur lembutnya mampu membuat lambungmu nyaman.

Campuran buah dan sayur ini tentu saja membuat smoothies memiliki vitamin yang beragam. Ladies bisa sesuaikan vitamin yang ingin dikonsumsi. Misalnya, untuk membuat tubuh awet muda, kamu bisa membuat smoothies berbahan alpukat atau sayur kale.

Cara membuatnya cukup campurkan buah atau sayur dengan susu dan sedikit oat, lalu blender dengan tambahan es batu agar rasanya lebih segar. Selain mudah dibuat, tentunya smoothies ini rasanya bikin nagih. Terlebih, bisa membuat tubuh sehat dan juga langsing.

Salad

https://pin.it/325iDUS

Jenis sarapan yang satu ini juga cukup simple dibuat. selain kandungan dalam sayur dan buah yang dipilih ini kaya manfaat, kamu juga bisa memperoleh protein yang bisa didapat dari mayones. Kamu cukup potong buah dan sayur sesuai selera, kemudian siapkan mayones home made buatanmu dengan cara mixer putih telur hingga kaku serta tambahkan beberapa tetes air lemon. Salad sehat siap membuat berat badanmu turun dan kenyang lebih lama.

Omlette

https://pin.it/325iDUS

 Menu sarapan diet terakhir yakni omlette. Agar dietmu lebih maksimal, kamu bisa mengganti sarapan karbohidrat dengan omlette. Namun, kamu juga harus perhatikan penggunaan minyak ketika menggoreng. Pakai metode menggoreng tanpa minyak menggunakan teflon anti lengket.

Kelima jenis sarapan ini bisa kamu coba untuk mencapai program diet yang maksimal karena bebas gula. Namun, diet yang sehat juga baiknya dilakukan secara continue ya, Ladies!