Dijamin Enak, Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Membuat Kopi

Rabu, 13 Juli 2022 | 16:30:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Dijamin Enak, Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Membuat Kopi

Minum Kopi. (Special)

Ladiestory.id - Udara yang sejuk di pagi hari biasanya tak akan lengkap tanpa secangkir kopi di atas meja. Tugas kantor yang menumpuk dan pikiran yang semrawut, kadang juga bisa redam dengan seteguk kopi panas yang baru saja keluar dari pantry. Aroma yang menenangkan dan rasa yang nikmat membuat mood yang buruk jadi baik kembali.

Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang menyukai kopi. Kandungan kafein di dalam kopi cukup membantu mengurangi rasa lelah, meningkatkan energi dan produktivitas, serta membantu memperbaiki suasana hati. Kopi sepertinya sudah menjadi santapan wajib sehari-hari. Di era masyarakat konsumtif seperti sekarang ini, konsumsi kopi khususnya orang-orang Indonesia terus bertambah.

Dilansir Data Statistik Indonesia pada 2021 yang lalu, produksi kopi di Indonesia mencapai 774,60 ribu ton. Hal ini terjadi akibat permintaan konsumen terhadap kopi juga meningkat. Bisa dilihat sendiri dari pertumbuhan kafe-kafe kekinian yang membludak, permintaan dari restoran, warung di pinggir jalan, bahkan sejenis foodtruck juga ikut menjual beranekaragam jenis minuman kopi kekinian.

Tak kurang dari itu, terkadang orang juga suka bereksperimen dengan membuat kopinya sendiri dari rumah dengan cara sederhana atau dengan menggunakan alat khusus pembuat kopi.

membuat kopi. (Special)

Membuat kopi sendiri biasanya dilakukan saat seseorang tidak bisa berharap pada barista di pagi yang telah bekerja keras sampai larut malam. Kafe tidak mungkin buka di pagi-pagi buta. Alasan lainnya, seseorang perlu untuk menghemat uang karena alasan tertentu.

Bagi sebagian orang yang sering membuat kopi sendiri, tentu tidak akan asing dengan teknik-teknik dasar membuat kopi, seperti cold brew, french press, hingga teknik drip yang sudah menggunakan mesin pembuat kopi secara otomatis.

Tapi, tahukah kamu, sebelum jauh-jauh memikirkan teknik apa yang dipakai untuk secangkir kopimu nanti, alangkah lebih baik jika kamu perhatikan dulu beberapa hal agar kopi buatannmu jauh lebih enak. Dilansir eatingwell, berikut beberapa yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat kopi agar kopimu nanti tetap enak dan otentik.

Pilih Biji Kopi Yang Fresh

Biji Kopi. (Special)

Ini penting! Hindari membeli biji kopi yang terpajang di display mall atau supermarket. Cahaya dan kelembaban udara yang ada disana akan menghasilkan biji kopi yang tengik dan juga akan menghilangkan aroma dan rasa yang otentik dari kopi.

Simpan Kopi di tempat tertutup

 

Penyimpanan Kopi. (Special)

Biji kopi yang sudah dibuka dari kemasannya lebih baik langsung dimasukkan ke dalam wadah atau toples yang kedap udara untuk tetap menjaga kualitas dari biji kopi. Simpan di suhu kamar dan jauhkan dari lemari es.

Giling Biji Kopimu Sendiri

Giling Kopi. (Special)

Kopi akan kehilangan kualitasnya setelah melewati proses penggilingan. Jadi, lebih baik jika kamu menggiling sendiri biji kopimu. Memang sedikit merepotkan, tapi sebenarnya cara ini jauh lebih baik untuk menghasilkan kopi yang lebih enak.

Gunakan Air yang Bagus

Air untuk Membuat Kopi. (Special)

Fakta terbaru yang harus kamu tahu. Cita rasa kopi akan rusak dengan air keran yang mengandung banyak zat klorin. Kamu bisa menggunakan air mineral kualitas baik dengan PH yang cukup untuk membuat kopi seduhanmu tetap enak.

Perhatikan Takaran

Takaran Kopi. (Special)

Pada umumnya, takaran dalam menyeduh kopi adalah 2 ¾ sendok makan per cangkir ukuran 8 ons. Gunakan air dengan suhu 200°F atau sekitar 45 detik setelah mendidih. Nikmati kopimu, lalu habiskan. Kopi yang dipanaskan secara berulang akan menghasilkan kopi yang pahit dan busuk.

Jagalah Kebersihan

Menjaga Kebersihan. (Special)

Bersihkan wadah penyimpanan biji kopi dan penggiling setiap dua atau tiga minggu untuk menghilangkan penumpukan minyak. Sebulan sekali, rendam alat pembuat kopimu ke dalam larutan cuka untuk membersihkan kotoran, kemudian cuci sampai bersih sebelum digunakan kembali.