Dijuluki Raja Buah, Ini 7 Manfaat Durian Bagi Kesehatan

Sabtu, 25 Februari 2023 | 18:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Dijuluki Raja Buah, Ini 7 Manfaat Durian Bagi Kesehatan

Durian. (Special)

Ladiestory.id - Durian atau Durio zibethinus adalah salah satu jenis buah yang terkenal di Asia Tenggara, utamanya Indonesia. Buah yang memiliki wangi yang khas dan rasa lezat ini akan membuat siapapun yang menyantapnya akan merasa ketagihan. Buah dengan kulit berduri dan berwarna hijau ini punya beragam jenis seperti durian montong ataupun musa king. 

Di balik aroma khas yang menyengat dan rasa yang lezat, ternyata durian punya banyak manfaat bagi kesehatan. Durian diketahui memiliki kandungan serat, vitamin, serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Nah, berikut Ladiestory.Id telah merangkum tujuh manfaat durian bagi kesehatan. 

Mengurangi Rasa Sakit

Durian. (Special)

Manfaat pertama durian bagi kesehatan adalah dapat membantu mengurangi rasa sakit. Hal ini dikarenakan dalam durian terdapat kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit seperti sariawan ataupun nyeri. Selain itu, vitamin C yang ada pada durian juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga kamu tidak akan mudah sakit. 

Kesehatan Jantung

Durian. (Special)

Manfaat selanjutnya yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi durian adalah jantung menjadi lebih sehat. Dalam durian terdapat kandungan potasium. Adanya kandungan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi bisa menjadi salah satu pemicu sakit jantung, lho. Tak hanya itu, durian punya kandungan serat yang tinggi dan lemak tak jenuh. Kedua kandungan ini sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Kesehatan Pencernaan

Durian. (Special)

Gula alami yang ada pada durian akan mengalami fermentasi karena peranan dari bakteri usus di dalam proses pencernaan. Dari proses fermentasi tersebut akan dihasilkan probiotik yang bagus bagi kesehatan saluran cerna. Selain itu, tingginya kandungan serat pada durian juga dapat membantu melancarkan buang air besar. Sehingga kamu akan terhindar dari risiko sembelit atau konstipasi. 

Kesehatan Janin dalam Kandungan

Durian. (Special)

Sering dianggap berbahaya bagi kehamilan, namun ternyata durian memiliki kandungan asam folat dan vitamin B. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk membantu proses perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, durian juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Namun, sebelum konsumsi durian saat hamil, kamu perlu konsultasi terlebih duluan ya ke dokter. Pasalnya, kondisi kehamilan seseorang berbeda-beda. 

Kesehatan Tulang

Durian. (Special)

Manfaat selanjutnya yang kamu dapatkan jika mengonsumsi durian adalah kesehatan tulang dapat terjaga. Hal ini berkat adanya kandungan magnesium dan potasium yang dapat membuat tulang kuat, padat, dan tidak mudah keropos. Jika kamu kekurangan magnesium dan potasium dalam tubuh, maka akan berisiko mengalami osteoporosis. Jadi, tak ada salahnya menjadikan durian sebagai salah satu camilan sehat.

Kesehatan Kulit

Durian. (Special)

Selain dapat memperkuat sistem imun, kandungan vitamin C dalam durian juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Hali ini dikarenakan dalam vitamin ini terdapat zat antioksidan tinggi. Fungsi dari zat antioksidan adalah membantu mencegah paparan radikal bebas pada kulit. Jadi, kulit akan menjadi lebih sehat dan gejala penuaan dini akan berkurang. 

Cegah Kanker

Durian. (Special)

Manfaat terakhir yang dimiliki durian bagi kesehatan tubuh adalah dapat membantu mencegah kanker. Hal ini berkat adanya kandungan zat antioksidan pada buah durian yang cukup tinggi. Sehingga dapat membantu menjaga dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kamu juga akan terhindar dari perubahan sel-sel menjadi abnormal yang dapat menyebabkan timbulnya kanker. 

Ladies, itulah tujuh manfaat durian bagi kesehatan tubuh. Meskipun bagus bagi kesehatan, sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Karena dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, bahkan jantung berdebar.