Dinantikan Setiap Natal, Intip Cerita di Balik Sosok Sinterklas

Sabtu, 25 Desember 2021 | 00:01:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Dinantikan Setiap Natal, Intip Cerita Di Balik Sosok Sinterklas

Ilustrasi Sinterklas. (Special)

Ladiestory.id - Sinterklas atau dikenal juga dengan Santa Claus kerap dinantikan dan menjadi ikon dari perayaan natal. Terutama bagi anak-anak, perayaan natal akan sepi tanpa kehadiran sinterklas.

Setiap malam natal, sinterklas diceritakan datang dan memberikan hadiah natal bagi para anak-anak yang merayakan natal. Sinterklas kerap digambarkan menunggangi rusa dan mengantar hadiah bagi seluruh anak di dunia.

Kerap populer menjelang natal, mungkin hanya beberapa yang mengetahui cerita dibalik sosok sinterklas. Untuk merayakan natal, berikut Ladiestory.id merangkum kisah di balik sosok sinterklas untuk para Ladies.

Ilustrasi Sinterklas. (Special)

 

1. Sosok St. Nicholas

Banyak yang mengira Sinterklas berasal dari Kutub Utara, namun pada kenyataannya sosok Sinterklas atau St. Nicholas sebenarnya merupakan legenda yang berasal dari Eropa.

Sinterklas merupakan representasi tokoh St. Nicholas yang diperkirakan hidup pada abad ke-4. Sosok St.Nicholas merupakan seorang uskup dari sebuah kota kecil yang saat ini menjadi wilayah Turki. 

2. Baik Hati dan Suka Memberi Hadiah

Ilustrasi Sinterklas. (Special)

Menurut banyak cerita, setiap tanggal 6 Desember St. Nicholas menggelar pesta yang menyediakan banyak hadiah untuk anak-anak. St. Nicholas pun sering menolong setiap orang yang kesusahan dan membutuhkan pertolongan dengan sepenuh hati. Kebaikan yang sesuai dengan Sinterklas yang kerap digambarkan memberikan hadiah natal pada anak-anak.

Sinterklas kerap digambarkan sebagai seorang kakek bertubuh gempal, dengan janggut panjang berambut abu-abu. Hidup di abad ke-4, tidak ada yang pernah benar-benar mengetahui bagaimana penampilan sosok sinterklas.

Namun, melalui kecanggihan teknologi para ilmuwan memperkirakan wajah St. Nicholas memiliki rambut berwarna abu-abu dan mata coklat dan digambarkan sebagai sosok Sinterklas yang kita kenal saat ini.

Pada abad ke- 19 hari natal mulai dirayakan sebagai perayaan sukacita. Melalui sebuah buku seorang penulis Washington Irvin memperkenalkan sosok St. Nicholas sebagai seorang kakek baik hati yang suka mengendarai kereta luncur dan terbang bersama rusanya. Sinterklas juga digambarkan kerap membawa kado natal dan memberikannya bagi anak-anak.

Dan di tahun 1821 melalui sebuah puisi “The Children’s Friend” pertama kalinya sosok sinterklas yang saat ini kita kenal muncul dan membawa kebahagiaan bagi anak-anak saat natal.