Dinilai Sebagai 'Objek Seksual', Iklan Calvin Klein dengan FKA Twigs Dilarang Beredar

Kamis, 11 Januari 2024 | 16:47:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Dinilai Sebagai 'Objek Seksual', Iklan Calvin Klein Dengan Fka Twigs Dilarang Beredar

FKA Twigs x Calvin Klein. (Instagrm.com/fkatwigs)

Ladiestory.id - Sebuah iklan dari brand Calvin Klein dilarang beredar di Inggris karena dinilai menyalahi aturan dan terlalu vulgar. Pada poster iklan tersebut, Calvin Klein menggaet penyanyi asal Inggris, FKA Twigs, sebagai bintang modelnya.

Dalam foto tersebut, FKA Twigs berpose dengan menggunakan kemeja yang hanya menutup sebelah tubuhnya, dan setengah tubuhnya terpampang yang memperlihatkan sisi bokong dan separuh salah satu payudaranya.

Dilansir dari Variety Online, foto tersebut pun mendapatkan teguran dari Otoritas Standar Periklanan (ASA). Pihak ASA melarang iklan Calvin Klein yang menampilkan FKA Twigs beredar di Inggris karena dinilai menjadikan FKA Twigs sebagai objek seksual.

FKA Twigs x Calvin Klein. (Instagrm.com/fkatwigs)

Pihak ASA mengklaim bahwa komposisi gambar justru menempatkan fokus pemirsa pada tubuh model dibandingkan pakaian yang diiklankan.

“Oleh karena itu kami menyimpulkan bahwa iklan tersebut tidak bertanggung jawab dan kemungkinan besar akan menyebabkan pelanggaran serius,” jelas pihak ASA.

Pelarangan iklan tersebut terjadi setelah dua orang mengeluh bahwa gambar tersebut terlalu vulgar dan menjadikan perempuan sebagai objek seksual.

Calvin Klein membela iklan FKA Twigs dalam sebuah pernyataan, mereka mengklaim posenya alami dan netral.

“Gambar-gambar tersebut tidak vulgar dan menampilkan dua wanita yang percaya diri dan berdaya yang telah memilih untuk mengidentifikasi merek Calvin Klein, dan iklan tersebut berisi pesan progresif dan mencerahkan,” ungkap pihak Calvin Klein.

FKA Twigs sebagai bintang model dari iklan yang dilarang pun ikut buka suara pada laman media sosial Instagram-nya. Ia berpendapat bahwa label ‘objek seksual’ yang disematkan padanya sangat tidak masuk akal.

“Saya tidak melihat 'objek seksual stereotip' yang mereka beri label pada saya. Saya melihat seorang wanita cantik dan kuat berwarna yang tubuhnya luar biasa telah mengatasi lebih banyak rasa sakit daripada yang dapat kamu bayangkan,” tulis FKA Twigs dalam keterangan unggahannya di Instagram.

Pernyataan FKA Twigs.. (Instagram.com/fkatwigs)

FKA Twigs juga menyebut bahwa adanya standar ganda yang ditujukan padanya dengan dilarangnya iklan Calvin Klein yang dibintanginya.

“Mengingat meninjau kampanye lain yang bersifat serupa di masa lalu dan saat ini, saya merasa ada beberapa standar ganda di sini. Saya bangga dengan fisik saya dan menjaga seni yang saya ciptakan dengan wadah saya sesuai dengan standar wanita seperti Josephine Baker, Eartha Kitt, dan Grace Jones yang mendobrak hambatan tentang bagaimana rasanya diberdayakan dan memanfaatkan sensualitas unik yang terkandung,” tegasnya.

“Terima kasih kepada ck dan mert dan marcus yang memberi saya ruang untuk mengekspresikan diri persis seperti yang saya inginkan,” tandas FKA Twigs.