Disebut Surat Kekayaan, Ini 5 Keutamaan Baca Surat Al Waqiah

Sabtu, 18 Desember 2021 | 17:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Disebut Surat Kekayaan, Ini 5 Keutamaan Baca Surat Al Waqiah

Ilustrasi alquran. (Special)

Ladiestory.id - Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dalam Alquran yang terdiri dari 56 ayat. Menurut bahasa Arab Al Waqiah artinya 'Hari Kiamat'.

Surat Al Waqiah menceritakan tentang bagaimana peristiwa hari kiamat terjadi, selain itu dalam surat ini juga menceritakan tentang penciptaan makhluk Allah SWT diantaranya, manusia,api dan segala jenis tumbuhan. Dari segala banyak manfaat dari surat Al Waqiah, yang paling banyak dalam surat ini adalah tentang kekayaan.

Surat Al-Waqiah memiliki banyak sekali manfaat apabila diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa saja manfaat membaca surat Al Waqiah, yuk simak lebih lanjut penjelasaanya.

Manfaat Surat Al Waqiah

1. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Selain mendapatkan pahala dan rezeki yang berlimpah, membaca surat Al Waqiah menghindarkan kita dari kemiskinan. Oleh karena itu, bagi setiap orang yang mengamalkannya maka akan dijauhkan kekurangan dalam hidupnya. Hal ini sesuai dengan hadist yang berbunyi, "Barang siapa membaca surah al-Waqi'ah setiap malam niscaya ia tidak akan pernah miskin atau kekurangan selamanya," (H.R. Baihaqi).

2. Memperoleh Rezeki Yang Berlimpah

Manfaat lain dari surat Al waqiah adalah memperoleh rezeki yang berlimpah. Kita bisa membaca surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setiap hari selesai menunaikan ibadah sholat Ashar. Sesuai dari hadist Rasullullah SAW : " Ajarkanlah surat Al Waqiah kepada istri-istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan ." (HR.Ibnu Ady).

3. Tidak Akan Ditimpa Kefakiran

Keutamaan surat Al Waqiah lainnya adalah apabila kita setiap  membaca setiap hari insya allah tidak akan mendapatkan kefakiran. Seperti yang kita tahu, kefakiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Alla SWT.

4. Dikabulkan Hajatnya

Hal ini berkaitan dengan rezeki yang akan diperoleh seseorang, jika seseorang membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam sekali duduk, maka insya Allah akan dikabulkan semua keinginan atau hajatnya terutama yang berhubungan dengan rezeki.

5. Dijadikan Hartawan Yang Dermawan

Agar seseorang bisa menjadi orang kaya yang selalu mengucap syukur kepada Allah SWT, maka Surat Al Waqiah ini dibaca sebanyak 3 kali selesai menunaikan sholat subuh dan juga 3 kali sesudah menunaikan sholat Isya secara rutin. Insya Allah menjadikan kita orang yang hatawan dan juga dermawan.