Wajib Dijauhi, Ini 9 Dosa yang Tidak Diampuni Allah SWT

Jumat, 3 Desember 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Wajib Dijauhi, Ini 9 Dosa Yang Tidak Diampuni Allah Swt

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Dosa adalah semua perbuatan yang melanggar perintah Allah SWT. Dosa terbagi menjadi empat yaitu dosa Mulkiyah, dosa Syaithaniyah, dosa Sab'iyyah dan dosa Bahimiyyah.

Dosa-dosa tersebut bisa diampuni Allah SWT bila manusia bertaubat dan beramal baik. Namun ada beberapa dosa yang tidak bisa diampuni, apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Dosa yang Tidak Diampuni Allah SWT

Mengutip dari buku Etika Islam: Menuju Evolusi Diri oleh Faidh Kasyani, inilah beberapa dosa yang tidak bisa ampuni Allah SWT.

1. Berbuat Syirik

Foto: Amorpost

Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan berhala atau makhluk-makhluk ciptaan-Nya. Orang yang syirik disebut musyrik, dan perbuatan ini termasuk dosa besar dan tidak diampuni Allah SWT.

2. Berbuat Zina

Dosa yang tidak diampuni berikutnya adalah perbuatan zina, di mana laki-laki dan perempuan bersetubuh tanpa adanya ikatan pernikahan. Mereka yang melakukannya akan disiksa di hari kiamat dan ditinggalkan dalam keadaan hina.

3. Memakan Harta Anak Yatim

Foto: Minanews

Mengambil harta anak yatim dengan cara yang batil termasuk perbuatan dzalim dan dosa besar. Hal ini ditegaskan  dalam Alquran surat An Nisa ayat 10 yang artinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)," (QS. An Nisa:10).

4. Membunuh Orang

Membunuh orang adalah dosa yang tidak terampuni. Bagi mereka yang membunuh orang dengan sengaja, maka Allah SWT akan membalasnya dengan memasukan mereka ke dalam neraka jahannam.

5. Bersumpah Palsu

Foto: Yuridis

Orang-orang yang bersumpah palsu artinya mereka akan melakukan sesuatu tetapi tidak menepati janjinya, maka di akhirat tidak akan mendapatkan pahala dan Allah SWT tidak akan melihat mereka di hari kiamat. Bagi orang-orang yang melakukan sumpah palsu, mereka akan di beri azab yang pedih.

6. Murtad

Murtad adalah seorang yang keluar dari agama islam dan berpindah kelain keyakinan baik disengaja maupun tidak, baik itu karena disuruh orang lain maupun atas kemauan sendiri, maka Allah SWT akan melaknat orang tersebut dan dosanya tidak akan diampuni, Di akhirat kelak Allah SWT akan memberikan tempat An-Naar-NYA. Naudzubillah min dzalik.

7. Memakan Riba

Foto: IDNTimes

Riba adalah aktivitas yang diharamkan dalam ajaran agama Islam. Riba artinya mengambil tambahan dalam proses jual beli atau pinjam meminjam. Hal ini termasuk dosa yang sangat besar, seperti yang dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 275 yang artinya:

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang kerasukan setan lantaran penyakit gila,” (QS. Al Baqarah:275).

8. Lari dari Medan Perang

Yang dimaksud dengan lari dari medan perang adalah saat umat Muslim tengah diserang oleh musuh dan harus mempertahankan diri mereka. Bagi mereka yang lari dari pertempuran, maka Allah SWT tidak mengampuninya dan akan menempatkannya di neraka jahanam.

9. Durhaka Terhadap Orangtua

Foto: Suaraislam

Durhaka kepada orang tua termasuk dosa besar. Apalagi bila orangtua kita sudah bilang “durhaka”, maka kemungkinan sudah bisa masuk neraka. Tetapi yang mengatur masuk tidaknya manusia hanyalah Allah SWT. 

Rasulullah bersabda, “Orang yang harus kita sayangi pertama adalah ibumu, yang kedua adalah ibumu, dan yang ketiga adalah ibumu, dan barulah yang keempat bapakmu. Jangan sekali-sekali membantah perintah orang tua. itu merupakan dosa yang besar.”

Itulah 9 dosa yang tidak diampuni Allah SWT. Semoga kita bisa menjauhi diri dari perbuatan yang termasuk dosa tak terampuni tersebut.