Berakibat Buruk, Ini 5 Efek Samping Mengonsumsi Minyak Zaitun

Senin, 6 September 2021 | 06:35:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Berakibat Buruk, Ini 5 Efek Samping Mengonsumsi Minyak Zaitun

Foto: Ladiestory.id

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang terbuat dari buah zaitun. Minyak ini diketahui mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan. Sejumlah di antaranya merupakan memberikan kelembapan untuk kulit, mencegah penuaan dini, membantu mempertahankan kekuatan rambut dan menjadikannya berkilau.

Sejauh ini, kamu pasti telah banyak tahu bila minyak zaitun memiliki sejuta manfaat bagi kulit. Minyak zaitun yang sebenarnya adalah lemak bebas daripada dengan minyak lainnya, dapat mengatasi iritasi pada kulit. Minyak zaitun pun dapat membantu mengobati kulit kering, bibir pecah-pecah.

‌Disisi lain, minyak zaitun pun umum dibuat sebagai bahan dasar alami produk kecantikan layaknya sabun dan shampo. Juga sebagai pengganti minyak goreng sebab diklaim lebih menyehatkan. Bahkan sebagian orang ada yang meminumnya langsung.

Efek Negatif Konsumsi Minyak Zaitun

Kita telah tahu jika minyak zaitun sangatlah baik bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi, layaknya dua sisi mata koin, selain memiliki efek yang positif minyak zaitun juga memiliki efek negatif untuk tubuh kita.

Minyak zaitun yang kamu beli, mungkin saja mengandung sejumlah bahan kimia di dalamnya. Ayo ketahui beberapa efek samping dari mengkonsumsi minyak zaitun.

1. Menyebabkan Alergi

Foto: Ladiestory.id

Minyak zaitun untuk sebagian orang dapat memunculkan alergi seperti gatal-gatal dan kemerahan di beberapa area tubuh semacam di tangan dan leher, terutama bila dikonsumsi dengan porsi yang tidak wajar. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsinya secara langsung ataupun pemakaiannya pada tubuh area luar layaknya sabun atau lotion.

2. Meningkatkan penyakit mengenai lemak jenuh

Tiap satu sendok minyak zaitun memiliki kandungan sekitar 14% lemak jenuh dan 120 kalori. Mengonsumsi minyak zaitun yang tidak diolah secara baik dapat meningkatkan risiko penyakit mematikan, semacam aterosklerosis, obesitas, serangan jantung, stroke, kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Penyebab jerawat

Foto: Ladiestory.id

Menimbulkan jerawat merupakan salah satu bahaya minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan minyak berat yang tidak mudah diserap ke dalam kulit kamu. Oleh sebab itu, minyak ini justru menciptakan lapisan pada kulit kamu.

Bila kamu memakainya di wajah, kemudian terkena debu-debu, maka bukannya menjadikan kulit sehat, tetapi dapat menyebabkan jerawat.

Usahakan bila memakai minyak zaitun beberapa jam sebelum tidur saja, sebab itu kamu tidak lagi keluar rumah. Wajah kamu dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari minyak zaitun dan tidak menyebabkan jerawat.

4. Mengundang Penyakit Terkait Lemak Trans

Minyak zaitun kerap terhidrogenasi di bawah panas tinggi dan tekanan. Proses itu bisa menyebabkan berubahnya struktur molekul yang ada dalam buah zaitun.

Proses tersebut pun berpengaruh pada kadar kolesterol di darah yang mengakibatkan menurunnya kolesterol baik dan meningkatnya kolesterol jahat. Jangka panjangnya, dikhawatirkan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

5. Penyebab ruam kulit

Foto: Ladiestory.id

Hal ini kerap kali terjadi, saat kamu oleskan minyak zaitun pada wajah. Tujuannya mungkin kamu ingin mendapatkan kulit yang lebih cerah, tetapi bila kulit kamu berminyak, lebih baik berhenti memakainya.

Kulit berminyak merupakan hasil sekresi sebum yang berlebihan. Bila menyatu dengan zat berminyak, layaknya minyak zaitun ini, dapat menimbulkan ruam kulit, kemerahan, dan gatal-gatal pada wajah. Kamu tidak ingin kan?

Dari beberapa efek samping dari mengkonsumsi minyak zaitun di atas menunjukkan jika sesuatu yang dinilai baik pasti mempunyai efek sampingnya. Mulai sekarang kamu mesti hati-hati dalam penggunaan minyak zaitun, ya!

Berita Terkait