6 Efek Samping Minum Minyak Zaitun Dibalik Manfaatnya yang Luar Biasa

Selasa, 7 September 2021 | 05:21:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Efek Samping Minum Minyak Zaitun Dibalik Manfaatnya yang Luar Biasa

Foto: Ladiestory.id

Minyak zaitun memang dikenal memiliki manfaat bagi kulit. Minyak zaitun juga diyakini sebagian orang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung dan tulang, menstabilkan gula darah, melembabkan kulit, menjaga berat badan stabil, mengatasi sembelit dan masih banyak lagi manfaat minyak zaitun lainnya.

Efek Samping Minum Minyak Zaitun

Tapi tahukah kamu, selain manfaatnya yang disebutkan tadi, minyak zaitun juga memiliki efek samping negatif bila diminum tidak sesuai aturan. Mau tahu apa saja efek samping minum minyak zaitun? Simak ulasannya dibawah ini. Inilah efek samping minum minyak zaitun bila tak sesuai aturan.

1. Menyumbat Kantong Empedu

Efek Samping Minum Minyak Zaitun
Foto: Ladiestory.id

Konsumsi minyak zaitun dalam jumlah wajar mungkin aman-aman saja. Tapi bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan penyumbatan pada kantong empedu. Hal ini karena jumlah lemak berlebihan dalam lemak zaitun ditambah lagi minyak zaitun dapat mengeluarkan cairan empedu yang mengemulsi lemak. Hal itulah yang lalu membuat terbentuknya batu ginjal dan membuatnya sakit.

2. Menimbulkan Jerawat

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang tidak mudah diserap kulit sehingga bisa menyumbat kulit pori-pori. Bila dikonsumsi terlalu sering dapat menimbulkan lebih banyak sebum, debu, dan kotoran lain yang tersangkut dalam kulit Anda.

Hal itulah yang membuat munculnya jerawat jadi lebih sering. Untuk menghindarinya, sebaiknya cukup konsumsi minyak zaitun sebanyak 2 kali seminggu untuk melembabkan dan melembutkan kulit Anda.

3. Menyebabkan Diare

Efek Samping Minum Minyak Zaitun
Foto: Ladiestory.id

Konsumsi minyak zaitun setiap hari juga bisa menimbulkan diare. Tingginya kandungan lemak dalam minyak zaitun bisa mengganggu sistem pencernaan sehingga Anda mengalami diare.

4. Menimbulkan Ruam

Efek samping minum minyak zaitun setiap hari selanjutnya ialah mampu memicu munculnya ruam, terlebih lagi bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Produksi minyak yang berlebihan bisa menimbulkan iritasi, ruam, dan kemerahan saat terkontaminasi minyak zaitun.

5. Kelebihan Kalori

Minyak zaitun tetaplah minyak yang kandungan kalorinya lebih dari dua kali kalori yang dihasilkan oleh nasi dan sejenisnya. Kalau kamu tidak bisa mengontrol jumlah minyak yang masuk ke dalam tubuh, maka kemungkinan akan terjadi kelebihan kalori dan bisa mengalami obesitas akan sangat besar.

6. Menyebabkan Alergi

Efek Samping Minum Minyak Zaitun
Foto: Ladiestory.id

Efek minum minyak zaitun selanjutnya adalah menyebabkan alergi bagi orang yang mempunyai alergi terhadap minyak zaitun. Jika Anda salah satunya, sebaiknya hindari minyak zaitun meskipun minyak zaitun kaya manfaat bagi kulit banyak orang. Saat Anda konsumsi  minyak zaitun  dan mengalami reaksi yang tidak biasa, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengatasinya.

Jadi, boleh saja konsumsi minyak zaitun dalam jumlah wajar bila Anda membutuhkannya, tapi jangan sampai berlebihan atau setiap hari meminumnya.  Tetap perhatikan efek samping minum minyak zaitun bila kamu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Berita Terkait