Elle & Vire Gelar Kompetisi Plated Dessert, 3 Koki Muda Jadi Juara

Senin, 27 Februari 2023 | 10:07:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Elle & Vire Gelar Kompetisi Plated Dessert, 3 Koki Muda Jadi Juara

Para juara di kompetisi Elle & Vire. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

Ladiestory.id - Debut kompetisi memasak hidangan pencuci mulut yang diselenggarakan oleh Elle & Vire Professionnel di bawah Savencia Fromage & Dairy telah menarik minat 152 koki muda berusia under 30 tahun di seluruh Indonesia.

Kompetisi ini berfokus pada “The Values We Share” dibalut semangat #ToneofINDONESIA yang menggambarkan nilai Rasa, Orisinalitas, Natural, dan Keunggulan masakan Indonesia.

Untuk mengikuti ajang ini, peserta diminta mengirimkan resep asli hidangan manis khas Indonesia yang dibuat menggunakan Elle & Vire Professionnel Excellence Whipping Cream, Butter dan 1 (satu) produk lain dari rangkaian merek tersebut.

Kompetisi ini berfokus pada “The Values We Share” dibalut semangat #ToneofINDONESIA yang menggambarkan nilai Rasa, Orisinalitas, Natural, & Keunggulan masakan Indonesia. (Ladiestory.id/ Irma Fauzia)

 

Dari 152 peserta yang datang dari latar belakang sekolah kuliner atau pastry terbaik di Indonesia, 12 di antaranya terpilih sebagai finalis dengan teknik dan resep terbaik oleh Chef Nicolas Boussin, Meilleur Ouvrier de France (MOF) Patissier 2000 dan Executive Pastry Chef dari Maison De L'excellence Savencia, serta Chef Ucu Sawitri, Professional Chef & Coach dari Catering Academy Indonesia.

Sementara, 12 finalis #ToneofINDONESIA adalah:

1. Muhammad Fikri, Bandung
2. Andreas C.A. Wijanarko, Bandung 3. Muhammad R.Arbyan, Bandung 4. Dwito D. Darmawan, Bandung
5. Jose Andreas, Denpasar
6. Richard Alexander The, Denpasar 7. Aurelia Djiady, Denpasar
8. Angelina Widjaja, Denpasar
9. Christian Dewabrata S., Jakarta 10. Odetha Kenan, Jakarta
11. Gisel, Jakarta
12. Nazwa Fadhillah, Palembang

12 peserta kompetisi yang diselenggarakan Elle & Vire. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

Babak final diadakan pada Sabtu (25/2/2023)di Arkamaya Pendidikan Kuliner Kreatif Indonesia. Sebanyak 12 finalis bertarung untuk memperebutkan hadiah senilai puluhan jutaan rupiah termasuk kesempatan untuk berlatih di bawah La Maison de l'Excellence Savencia®, pusat perusahaan terdepan yang didedikasikan sebagai sentra berbagi pengetahuan dan pengajaran yang juga merupakan fasilitas terbuka untuk para profesional dari Prancis maupun Internasional.

Setelah persaingan yang ketat di antara 12 finalis, panel juri yang terdiri dari empat koki ternama, yakni Gilles Marx, Chef Founder Amuz Gourmet Group; Sacha Lefebvre, Koki dan Pendiri Paris Sorbet Jakarta; Ucu Sawitri, Chef & Pelatih Akademi Katering; dan Gunawan Wu, koki selebritas Indonesia dari Australia telah menobatkan Christian Dewabrata S., Andreas Caecario Anandora W., and Odetha Kenan sebagai tiga pemenang teratas dari kompetisi The Values We Share #ToneofINDONESIA.

Kreasi pemenang 1, Christian, dalam kompetisi Elle & Vire. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

Dalam pertandingan yang ditayangkan secara langsung di Instagram Elle & Vire Professionnel Indonesia (www.instagram.com/elleetvirepro_indonesia), Christian Dewabrata S. memukau para juri dengan kreasi Kolak Pisang. Sementara itu, Andreas Caecario Anandora W., menciptakan kembali Deconstructed Sekoteng Platted Dessert dan Odetha Kenan, menampilkan empat porsi Deconstructed Kolak yang dirangkai dengan indah.

Nessy Meghayani, Country Manager Savencia Fromage & Dairy Indonesia sangat gembira dapat mengembangkan bakat kuliner para koki muda Indonesia ini dengan memberikan kesempatan untuk belajar dalam skala internasional kepada mereka melalui kompetisi ini.

Juri Tamu, Katherine Leow, Kepala Aktivasi Pemasaran Regional Asia Selatan juga mengatakan bagaimana suksesnya peluncuran The Values We Share #ToneofIndonesia Challenge telah menjunjung tinggi DNA Elle & Vire Professionnel yang mengimplementasikan nilai-nilai Rasa, Asal, Alam, dan Keunggulan dalam kreasi dan resep Koki, membangun masa depan dunia Kuliner/Pastry Indonesia.