5 Fakta Andrew Kalaweit, YouTuber yang Kerap Dijuluki Tarzan Kalimantan

Sabtu, 28 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Fakta Andrew Kalaweit, Youtuber Yang Kerap Dijuluki Tarzan Kalimantan

Andrew Kalaweit. (Special)

Ladiestory.id - Nama Andrew Kalaweit belum lama ini menjadi sorotan banyak orang seusai tampil di podcast Deddy Corbuzier. Hal ini membantu nama Andrew semakin dikenal banyak orang.

Banyak orany yang mengaku jatuh hati lantaran keterampilan Andrew yang terbilang unik. Andrew kerap dijuluki sebagai Tarzan Kalimantan lantaran membuat video di YouTube 24 jam di hutan. Bahkan, dia gemar membagikan aktivitasnya di tengah hutan meski usianya masih 20 tahun.

Nah, Ladiestory.id telah merangkum beberapa fakta menarik seputar Andrew Kalaweit.

Keturunan Dayak dan Prancis

Andrew Kalaweit. (Special)

Andrew Kalaweit merupakan salah seorang anak dari aktivis lingkungan berdarah Prancis, Aurelien Francis Brule. Sementara ibu Andrew Kalaweit adalah orang asli Kalimantan Tengah bernama Nur Pradawati.

Diketahui, ayah Andrew yang akrab disapa Chanee Kalaweit merupakan pendiri dari Yayasan Kalaweit. Dirinya telah berjuang melindungi keanekaragaman hayati sejak 1998 di Indonesia. Sementara sang ibu merupakan ibu rumah tangga yang kerap membagikan konten kesehariannya di YouTube.

Rumah Andrew Kalaweit

Andrew Kalaweit. (Special)

Keluarga Andre Kalaweit tinggal di tengah hutan yang berada di Kalimantan. Bahkan, bangunan rumah Andre cukup unik.  Pasalnya, rumah tersebut terbuat dari kayu yang memiliki konsep rumah panggung.

Meski tinggal di hutan, Andre tetap bersekolah layaknya anak seusianya. Andrew Kalaweit tetap menempuh pendidikan namun dengan sistem mobile homeschooling.

Diketahui sistem pembelajaran tersebut dilakukan secara daring melalui Zoom. Hal ini pun diceritakannya secara langsung melalui salah satu video di kanal YouTube-nya.

"Yes. Walau aku tinggal di hutan, aku tetap sekolah. Mobile homeschooling, jadi lewat Zoom seperti kalian. Mungkin kalian akan menanyakan, apakah di rumahku di tengah hutan ada internet. Yes, ada, jadi kita pakai parabola besar dan langsung tembak ke satelit," ungkapnya.

Meski begitu, tak bisa dimungkiri bahwa di hutan tetap memiliki jaringan internet yang tidak begitu baik. Hal ini dipengaruhi oleh cuaca yang tidak menentu dan cuaca ekstrem.

"Tapi, intinya aku sekolah," tegasnya.

Pecinta Alam

Andrew Kalaweit. (Special)

Diketahui Andrew Kalaweit merupakan seorang pecinta alam. Diketahui hobi ini diturunkan dari sang ayah yang juga seorang pecinta alam. 

Bahkan, kecintaan ini telah diturunkan meski Andrew masih berusia sangat muda ini. Hebatnya, Andrew mempunyai misi dan visi yang sama dengan sang Ayah, yakni melestarikan dan menjaga lingkungan.

Dalam podcast bersama Deddy Corbuzier, Andrew mengatakan bahwa dia sudah masuk hutan sejak umur 5 bulan.

"Aku dari kecil dibesarkan sama orang tua aku yang kerja di konservasi binatang satwa liar. Jadi dari kecil aku masuk hutan pertama kali umur lima bulan, digendong," ungkap Andrew Kalaweit.

Punya Hobi Ekstrem

Andrew Kalaweit. (Special)

Cukup berbeda dari anak seusianya, Andrew ternyata memiliki hobi unik bahkan terbilang ekstrem. Pasalnya, Andrew punya hobi dan keterampilan memanjat pohon tinggi di tengah hutan. Seusai mencapai puncak pohon, dirinya bersantai menikmati alam dengan hammock.

Bahkan dalam salah satu videonya, menunjukan dia sedang memanjat pohon setinggi 25 meter dengan bermodal tali. Hebatnya lagi, dia naik pohon masih bisa merekam untuk dijadikan konten di kanal YouTube-nya.

Ingin Buat Film Dokumenter

Andrew Kalaweit. (Special)

Dalam salah satu video di kanal YouTube-nya, Andrew mengatakan bahwa dia ingin memproduksi film dokumenter. Bahkan, dia berharap film dokumenter itu bisa tayang di televisi Indonesia. Menurutnya, program televisi Indonesia sedang mengalami krisis. Melalui film dokumenternya, dia berharap anak muda semakin cinta dan sadar akan keanekaragaman hayati, terutama di Indonesia.