Sempat Idap Kelainan Hipospadia, Ini Fakta Aprilio Manganang

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sempat Idap Kelainan Hipospadia, Ini Fakta Aprilio Manganang

Aprilio Mangangang. (Special)

Ladiestory.id - Tahun lalu, nama Aprilio Manganang sempat menghebohkan publik. Pasalnya mantan atlet voli putri mengubah nama dari Aprilia Manganang menjadi Aprilio Manganang. Dia mengungkapkan jati dirinya bahwa sebenarnya adalah seorang laki-laki.

Setahun kemudian, tepatnya Januari 2022 nama Aprilio Manganang kembali menjadi perbincangan publik. Sebab Aprilio baru saja melamar kekasihnya. Inilah fakta Aprilio Manganang yang sempat viral.

1. Tumbuh di Kelurga Sederhana

Aprilia Manganang. (Special)

Aprilio Manganang merupakan seorang mantan atlet voli putri Indonesia kelahiran Tahuna Sulawesi Utara, 27 April 1992. Dia merupakan anak dari pasangan Akip Zambrut Manganang dan Suryati Bori Lano.

Sang ayah merupakan seorang buruh tani lepas sementara sang ibu hanyalah penjual pisang goreng. Namun Aprilio Manganang dapat menaikan derajat kedua orang tuanya dengan prestasi yang diraih yakni menjadi seorang atlet voli Indonesia.

Dia juga memiliki kakak bernama Amasya Anggraini Manganang. Baik Aprilio maupun Amasya sama-sama merupakan atlet voli putri Indonesia.

2. Bergabung dalam Timnas Voli Putri Asean Games

Aprilia Manganang. (Special)

Aprilio Manganang mengawali kariernya sebagai atlet voli dimulai pada 2011 dengan bergabung ke tim Alco Bandung. Kemudian Aprilio pindah ke BNI 46 Manokwari Valeria dan Jakarta Elektrik PLN. Lantas dirinya berhasil memenangkan Pertamina Proliga pada 2015 dan 2016.

Pada 2018, Aprilio Manganang bergabung menjadi timnas voli putri untuk Asean Games. Pada tahun yang sama pula, Aprilio sempat menjadi anggota Korps Wanita AD (Korwad). Lalu pada 2020, Aprilio memutuskan untuk pindah ke Manado dan menjadi tentara.

3. Kelainan Medis Hipospodia

Aprilio Manganang pernah mengidap kelainan jenis kelamin. Dulu, nama mantan atlet voli putri ini adalah Aprilia Santini Manganang atau lebih dikenal dengan Aprilia Manganang. Mungkin banyak orang yang bingung dengan mantan altet voli ini. Sebab dari nama dan jenis kelamin seolah tidak sinkron.

Nama Aprilia Manganang dulu sempat viral, sebab dirinya mengidap kelainan medis hipospadia sejak lahir. Hipospadia sendiri merupakan suatu kondisi uretra tidak berada pada posisi yang seharusnya.

Nah, akibat kelainan inilah yang menyebabkan dirinya diidentifikasi sebagai perempuan. Padahal mantan atlet ini sebenarnya berjenis kelamin laki-laki. Makanya dia diberi nama Aprilia Santini Manganang.

Pada 3 Februari 2021, dirinya melakukan serangkaian pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Kemuduian diketahuilah jika dirinya mengidap penyakit medis hipospadia dari lahir. Sejak saat itu, namanya yang semula Aprilia Santini Manganang diganti menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

4. Merubah Jenis Kelamin dan Nama 

Usai menjalankan serangkaian pemeriksaan medis pada Februari 2021, nama Aprilia Manganang menjadi Aprilio Manganang resmi berubah pada 19 Maret 2021. Hal ini bertepatan dengan sidang permohonan pergantian jens kelamin serta nama.

Sidang tersebut diadakan secara virtual. Penggantian jenis kelamin dan nama ini juga didukung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan sang istri. Bahkan, ia turut mengawal jalannya sidang tersebut.

5. Sudah Tunangan

Aprilia Manganang. (Special)

Aprilio Manganang telah melamar kekasihnya pada Sabtu (22/1/2022) lalu. Melalui Instagram, dia mengunggah potret dirinya bersama sang kekasih yang bernama Clara.

“Tidak ada kata lain selain mengucap syukur atas semua perjalanan hidup yang Tuhan Yesus berikan dan ahkirnya bisa menemukan orang yang tepat yang bisa menerima semua ketidak sempurnaan untuk dijadikan sempurna dan indah.. thanks and love you so much sayang,” tulis Manganang dalam Instagram @manganang92.