5 Fakta Menarik Belanja Kebutuhan Sehari-hari di Korea

Kamis, 15 Desember 2022 | 11:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Fakta Menarik Belanja Kebutuhan Sehari-Hari Di Korea

Ilustrasi belanja di Korea. (Special)

Ladiestory.id - Berbagai makanan ringan asal Korea Selatan saat ini bisa ditemukan dengan mudah di supermarket di Indonesia. Selain di supermarket lokal, produk makanan dan minuman asal negeri ginseng tentunya tersedia di berbagai supermarket Korea yang ada di kota-kota besar.

Kegiatan berbelanja di supermarket menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari, tetapi kegiatan ini bisa bervariasi antara satu negara dengan negara yang lain. Termasuk ketika kamu berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket di Indonesia dan di Korea.

Ingin tahu perbedaannya? Mama Gina dan Appa Jay dari Kimbab Family merangkum 5 fakta menarik tentang perbedaan budaya belanja di supermarket di Korea dan di Indonesia.

Mayoritas Pekerja dari Kelompok Lanjut Usia

Ilustrasi anak-anak berbelanja. (Special)

Umumnya, kita dibantu oleh pegawai muda saat berbelanja di sini. Namun, ketika kita berlibur di Korea, para pekerja lanjut usia, terutama para ibu, akan lebih sering ditemui di supermarket. Mereka terbiasa bekerja dengan cekatan dan bekerja keras dalam mengangkat barang-barang di supermarket.

Kasir Bergerak dengan Sangat Cepat

Ilustrasi belanja di Korea. (Special)

Hal ini merupakan karakteristik dari banyak supermarket di Korea. Mulai dari memindai barang hingga menghitungnya satu per satu, semuanya dilakukan dengan cepat oleh para kasir. Selain dilakukan dalam waktu singkat, kasir juga melakukannya dengan akurat.

Penggunaan Mesin Kasir Self-checkout

Ilustrasi belanja di Korea. (Special)

Perkembangan teknologi dan upah tenaga kerja yang tinggi menjadikan mesin kasir self-checkout sering ditemui di supermarket di Korea. Ketika menggunakan mesin ini, pelanggan sendiri yang memindai barcode dan memasukkan barang-barang ke tas belanja. Jika terdapat barang-barang yang perlu diperiksa lebih lanjut, ada supervisor yang akan membantu Anda.

Pelanggan Memasukkan Belanjaan Sendiri

Ilustrasi perempuan belanja sayur. (Special)

Di Indonesia, kasir masih membantu kita memasukkan barang belanjaan ke dalam tas. Sementara itu di Korea, Anda harus memasukkan sendiri barang belanjaan yang sudah dibayar ke dalam tas. Proses ini juga harus dilakukan dengan cepat, agar
tidak menghambat antrean pelanggan berikutnya.

Mayoritas Metode Pembayaran Cashless

Ilustrasi cashless. (Special)

Saat ingin membayar belanjaan, kita perlu segera mempersiapkan credit card atau metode pembayaran cashless lainnya karena kasir bekerja dengan cepat. Mayoritas pembayaran di Korea saat ini sudah cashless dan menurut Appa Jay, di supermarket besar persentase penggunaan cash sekitar 6 persen saja.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mendapatkan pengalaman berbelanja di supermarket di Korea? Untuk mengetahui berbagai cerita menarik tentang kehidupan di Korea, tonton video-video terbaru Kimbab Family di channel YouTube Kimbab Family.