6 Fakta Unik tentang Seseorang dengan Golongan Darah A

Rabu, 8 Desember 2021 | 15:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Fakta Unik Tentang Seseorang Dengan Golongan Darah A

Foto: soompi

Ladiestory.id - Setiap orang punya golongan darah yang berbeda-beda, ada yang golongan darah A, B, O, dan AB. Setiap golongan darah punya kepribadian, kondisi kesehatan hingga resiko penyakit yang berbeda-beda pula. 

Kali ini kita akan bahas mengenai fakta unik tentang golongan darah A, apa saja? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Fakta Unik Tentang Golongan Darah A

Berikut adalah fakta unik tentang seseorang dengan golongan darah A yang menarik buat dikupas.

1. Golongan Darah A Hanya Bisa Mendapat dan Menerima Donor dari Golongan Darah Tertentu

Foto: Ladiestory.id

Golongan darah A- dapat mendonorkan darah ke semua tipe A dan AB. Sementara itu, tipe darah ini dapat menerima donor dari tipe A- dan O-. Sementara itu, tipe darah A+ dapat mendonorkan ke tipe A+ dan AB+ dan menerima donor dari semua tipe A dan O.

Namun, dalam proses transfusi darah, akan diutamakan untuk yang berasal dari golongan darah yang sama. Seorang yang bergolongan darah A bisa menerima donor dari orang bergolongan darah O hanya jika keadaan darurat dan tak ada pilihan lain.

2. Diet Untuk Golongan Darah A

Orang-orang dengan golongan darah A disarankan untuk banyak konsumsi sayuran, buah-buahan, tahu, dan gandum. Golongan darah A juga disarankan untuk menghindari konsumsi daging sapi.

Sementara itu, untuk dietnya, golongan darah A perlu makan makanan laut, sayuran, nanas, minyak zaitun, dan susu kedelai, serta menghindari olahan susu, tepung, jagung dan kacang-kacangan.

3. Lebih Berisiko Terkena Serangan Jantung

Pemilik golongan darah A lebih beresiko terkena serangan jantung dan juga penyakit jantung.

Hal ini karena gen ABO, yaitu gen yang ada pada orang dengan golongan darah A, B, atau AB. Jika kamu dengan golongan darah A dan tinggal di daerah dengan tingkat polusi yang tinggi, maka kamu mungkin akan berisiko lebih besar terkena serangan jantung daripada mereka yang tidak memiliki gen tersebut.

4. Lebih Berisiko Terkena Kanker

Foto: Ladiestory.id

Golongan darah A memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit kanker perut dibandingkan dengan orang dengan golongan darah lain. Selain itu, golongan darah A juga punya peran penting terhadap munculnya kanker lain, termasuk kanker paru-paru, payudara, kolorektal, prostat, hati, dan serviks.

5. Lebih Rentan Terhadap Stres

Golongan darah A lebih kesulitan mengatasi stres. Orang dengan golongan darah A cenderung mempunyai tingkat kortisol (hormon stres) yang tinggi dalam tubuh.

6. Lebih Berisiko Terkena Gangguan Otak dan Kehilangan Memori

Sama halnya dengan  orang dengan golongan darah B dan AB, maka golongan darah A juga memiliki potensi lebih besar mengalami masalah fungsi otak dan memori. Kondisi ini  bisa menyebabkan penyakit demensia.

Salah satu penyebab kehilangan ingatan ini merupakan fakta bahwa golongan darah bisa menyebabkan hal-hal, seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Kondisi itulah yang akhirnya membuat seseorang berisiko terkena  gangguan kognitif dan demensia.

Nah, itulah fakta tentang seseorang dengan golongan darah A. Percaya atau tidak, tapi tak ada salahnya menerapkan gaya hidup yang lebih sehat guna meminimalkan risiko di atas.