Benci Hari Senin? Ini 5 Faktor Penyebab Alami Monday Blues

Senin, 5 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Benci Hari Senin? Ini 5 Faktor Penyebab Alami Monday Blues

Ilustrasi Monday blues. (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang yang merasa tidak bersemangat, bahkan membenci Senin karena mereka merasa tidak siap untuk memulai sibuknya rutinitas kembali. Hal ini juga dikenal sebagai Monday blues.

Seseorang yang mengalami Monday blues biasanya akan merasa malas, gelisah, tidak bersemangat menyambut Senin. Rupanya, Monday blues bisa terjadi karena beberapa faktor. Berikut beberapa faktor penyebab seseorang mengalami Monday Blues.

Tidak Manfaatkan Weekend dengan Baik

Ilustrasi Monday blues. (Special)

Saat memasuki akhir pekan, biasanya apa yang kamu lakukan, Ladies? Apakah kamu benar-benar menikmati akhir pekanmu untuk beristirahat atau justru kamu memilih untuk lembur bekerja di akhir pekan? Apabila kamu masih menyibukkan diri dan bergelut dengan setumpuk pekerjaan di akhir pekan, tak heran jika kamu mengalami Monday blues

Melakukan pekerjaan selama lima atau enam hari kerja selama seminggu, alangkah lebih baik jika kamu fokus memanfaatkan waktu akhir pekan untuk istirahat atau memanjakan diri agar dapat bersemangat menyambut Senin. Sebaiknya, kamu bisa produktif menyelesaikan pekerjaan tepat waktu di hari kerja yang telah ditentukan agar tidak menerima lembur di waktu libur.

Terlalu Lelah di Akhir Pekan

Ilustrasi Monday blues. (Special)

Banyak orang akan mengisi waktu libur akhir pekan dengan me time, berlibur atau berkumpul bersama sanak saudara dan orang terkasih. Namun, tanpa disadari terlalu berlebihan melakukan aktivitas saat akhir pekan dapat membuat kelelahan fisik, sehingga waktu beristirahat menjadi banyak terbuang. 

Tak hanya itu, sebagian orang pun memilih untuk begadang di akhir pekan, sehingga membuat mereka bangun lebih siang. Kebiasaan ini bisa menjadi penyebab munculnya Monday blues. Untuk itu, usahakan untuk memanfaatkan waktu libur akhir pekan dengan banyak beristirahat, supaya waktu tidurmu tetap teratur dan siap menyambut hari esok.

Siapkan Kebutuhan Mendadak

Ilustrasi Monday blues. (Special)

Faktor penyebab seseorang mengalami Monday blues selanjutnya ialah tidak mempersiapkan kebutuhan. Hal ini akan membuat waktumu menjadi tersita, bahkan kamu bisa terlambat untuk pergi beraktivitas. Apalagi, jika kamu sering bangun kesiangan. Hal ini akan membuatmu terburu-buru untuk beraktivitas. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mempersiapkan segala kebutuhanmu pada Minggu malam, supaya kamu tidak merasa tergesa-gesa. Kamu bisa menyiapkan kebutuhan sekolah maupun kerja pada malam hari agar tidak ketinggalan dan tercecer. Setelah itu, kamu tinggal mengecek kembali apakah semuanya sudah lengkap atau belum.

Tidak Buat Daftar Kegiatan

Ilustrasi Monday blues. (Special)

Penyebab seseorang mengalami Monday blues selanjutnya adalah tidak membuat daftar kegiataan pada Senin. Hal ini akan membuat kamu merasa tidak siap, bahkan mengerjakan sesuatu tidak sesuai dengan rencana.

Walaupun hal ini dianggap sepele, namun cara ini bisa membantumu untuk mengerjakan segala sesuatu dengan produktif dan detail. Cara ini juga dapat membantumu mengerjakan sesuatu secara runtun agar tidak ada pekerjaan yang tertinggal, sehingga akan membantumu mempersiapkan segala rencana dengan baik.

Tidak Identifikasi Masalah

Ilustrasi Monday blues. (Special)

Ladies, coba tanyakan kembali pada dirimu sendiri apa yang membuatmu membenci Senin.  Jika kamu telah menemukan jawaban dari apa yang tidak kamu sukai tentang Senin, maka kamu bisa mulai memperbaikinya dari sekarang.

Dengan mengetahui masalah yang menjadi penyebabnya, maka kamu pun lebih mudah untuk mencari solusinya. Cobalah selalu memulai hari dengan rasa bersyukur. Dengan menjadi individu yang positif, maka kamu pun akan terhindar dari pikiran dan energi negatif dalam dirimu.