Film Biografi Atlet Seluncur Indah, Ini Sinopsis Film 'I, Tonya'

Selasa, 9 November 2021 | 14:17:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Film Biografi Atlet Seluncur Indah, Ini Sinopsis Film 'I, Tonya'

Foto: imdb

Ladiestory.id - Sejatinya film juga memiliki berbagai genre, salah satunya film biografi. Film biografi, atau biopic adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata.

Film-film semacam itu menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama.

Film Biografi “I, Tonya”

Foto: cinemapolis

"I, Tonya" merupakan film biografi yang disutradarai oleh Craig Gillespie. Film ini dibintangi oleh Margot Robbie, Sebastian Stan dan Allison Janney. Selain Margot Robbie, film "I, Tonya" juga diperankan oleh Sebastian Stan, Allison Janney, Julianne Nicholson, dan Caitlin Carver.

Film ini  diangkat berdasarkan kisah nyata mantan atlet seluncur indah, Tonya Harding. Naskah ditulis oleh Steven Rogers yang juga memproduseri film ini. Film ini sudah ditayangkan perdana di Amerika pada 19 Januari 2018.

Film berdurasi 120 menit ini disutradarai oleh Craig Gillespie dengan naskahnya ditulis Steven Rogers. "I, Tonya" berhasil memenangkan piala Oscar 2018 dan masuk di lebih dari 100 nominasi penghargaan lainnya.

Bahkan situs IMDb memberikan skor sebanyak 7,5 dari 10, sedangkan Rotten Tomatoes sebanyak 89 persen.

Proses pembuatan film ini diperkirakan menghabiskan dana hingga 11 juta dolar AS. Penayangannya secara internasional mendapatkan penghasilan box office sebanyak 53 juta dolar AS. Sementara itu, penayangannya secara domestik di Amerika mendapatkan lebih dari 30 juta dolar AS.

Sinopsis Film "I, Tonya"

Foto: omaha

Sesuai judulnya, "I, Tonya" menceritakan tentang kehidupan Tonya Harding, seorang mantan atlet ice skating, dan keterlibatannya dalam penyerangan terhadap seorang rival. Kisah bermula pada 1974, ketika Tonya Harding (Margot Robbie) yang masih berusia empat tahun dipaksa sang ibu mengikuti kursus berseluncur es.

Ibu Tonya, LaVona Golden (Allison Janney), kerap memperlakukan Tonya dengan kasar, baik secara fisik maupun verbal. Berkat latihannya yang keras bersama sang pelatih, Diane Rawlinson (Julianne Nicholson), Tonya pun berhasil menjadi atlet seluncur terbaik di Amerika Serikat.

Tonya Mengikuti Kompetisi

Foto: imdb

Kompetisi demi kompetisi berhasil dijalani Tonya dengan hasil memuaskan. Pada usia 18 tahun, ia berpacaran dengan Jeff Gillooly (Sebastian Stan) hingga akhirnya menikah.

Suatu hari, sesaat sebelum kompetisi Northwest Pacific Regional Championship pada November 1993, Tonya menerima ancaman kematian hingga akhirnya memutuskan tidak ikut bertanding. Di sisi lain, Jeff justru hendak menyabotase karier olahraga Tonya. 

Ia pun menyuruh temannya, Shawn Eckardt (Paul Walter Hauser), untuk mengancam rival Tonya yang bernama Nancy Kerrigan (Caitlin Carver). Namun, Shawn justru mengirim orang untuk mencelakai Nancy hingga ia tidak bisa mengikuti kompetisi ice skating pada hari berikutnya.

FBI pun menyelidiki kasus ini dan berhasil menangkap Eckardt, yang mengaku bahwa ia disuruh Jeff. Sebagai pasangan Jeff, Tonya pun khawatir disangka ikut terlibat dalam kasus penyerangan Nancy tersebut.

Benarkah Tonya tidak terlibat dalam penyerangan terhadap Nancy? Bagaimana hal tersebut memengaruhi karier Tonya ke depannya?

Buat yang penasaran akan lanjutan film ini, langsung saja nonton "I, Tonya".