Masih Menarik Ditonton, Ini Film Jadul Indonesia Teman Nostalgia

Jumat, 17 Desember 2021 | 20:15:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Masih Menarik Ditonton, Ini Film Jadul Indonesia Teman Nostalgia

Onky Alexander. (Spesial)

Ladiestory.id - Mungkin Kamu adalah generasi milenial yang kurang tahu tentang era keemasan sinema Indonesia. Bagi sebagian orang, film jadul Indonesia lebih berkualitas dari film saat ini.

Coba saja tengok beberapa film zaman sekarang. Banyak banget yang me-remake dan me-reboot film-film jadul buatan Indonesia. Sebut saja Pengabdi Setan dan Warkop DKI Reborn.

6 Film Jadul Indonesia Terbaik

Caption

 

Perkembangan film Indonesia terus berlangsung pesat hingga sempat berjaya pada era 1980-an. Deretan nomor film diproduksi hingga saat ini beberapa di antaranya masih layak untuk ditonton sekarang. Berikut beberapa film jadul Indonesia terbaik yang masih menarik untuk ditonton saat ini.

1. Petualangan Sherina (2000)

Kamu pasti sudah cukup sering mendengar film jadul Indoneisa yang sangat populer pada tahun 2000-an ini. Film jadul ini digarap oleh salah satu sutradara ternama di Indonesia yang telah mengantongi cukup banyak penghargaan, Riri Riza. 

Sherina Munaf dan Derby Romero pun yang saat itu masih berusia belia turut ambil peran dalam film yang inspiratif ini.  Petualangan Sherina berkisah tentang kepindahan keluarga Sherina ke Bandung Utara.

Di sana, Sherina bertemu dengan salah satu teman barunya bernama Sadam (Derby Romero).  Keduanya pun melakukan petualangan seru yang rupanya harus membuat mereka terjebak bersama sekelompok penjahat dan penculik.

Memiliki kisah cerita yang sangat menarik, tidak heran jika film ini berhasil menyabet penghargaan sebagai Pemenang di Festival Film Bandung, Indonesia pada 2001 silam.

2. Kuldesak (1997)

Kuldesak menjadi salah satu film jadul Indonesia yang bagus dan masih menarik ditonton untuk saat ini. Film yang digarap 'keroyokan' oleh sederet nama sutradara ternama ini sempat diputar secara internasional di International Film Festival di Rotterdam, Belanda dan masuk beberapa nominasi dalam Singapore International Film Festival.

Film digarap secara kolektif oleh nama-nama seperti Riri Riza, Mira Lesmana, Rizal Mantovani, dan Nan Achnas. Sejumlah aktor dan aktris ternama juga terlibat dalam film ini seperti Sophia Latjuba, Bucek Depp, Tio Pakusadewo, Dik Doang, Torro Margens, Wong Aksan, Ryan Hidayat, Oppie Andaresta, hingga Unique Priscilla.

Film komedi hitam ini berfokus pada empat cerita berbeda, masing-masing menggambarkan kehidupan dan kegelisahan muda-mudi Indonesia pada era 1990-an, yang konon sulit dipahami oleh generasi sebelumnya. Film ini bicara tentang mimpi, obsesi, dan problematika masing-masing yang umumnya tak dapat tercapai.

3. Nagabonar (1987)

Gabungan dari genre komedi dan perang, terciptalah film jadul legendaris Indonesia Nagabonar yang mengambil latar cerita saat perang kemerdekaan Indonesia.

Nagabonar merupakan seorang pencuri di Medan yang sering ditangkap dan dipenjarakan oleh Jepang. Saat keluar dari penjara, ia diberitahu bahwa proklamasi kemerdekaan telah dilakukan di Jakarta.

Ia pun tergerak untuk menyingkirkan penjajah yang masih tersisa di Medan. Penasaran dengan kisahnya? Yuk, simak keseruan dan komedi Nagabonar!

Ilustrasi film nagabonar. (Spesial)

4. Tjoet Nja’ Dhien (1988)

Sebagai film sejarah Indonesia, Tjoet Nja’ Dhien juga rasanya masih layak ditonton hingga saat ini. Sesuai namanya, film jadul Indonesia garapan sutradara kawasan Eros Djarot ini berkisah mengenai kehidupan Cut Nyak Dien, salah seorang pahlawan perempuan di Indonesia.

Film ini sempat memenangkan Piala Citra sebagai Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia. Tjoet Nya’ Dhien juga menjadi film Indonesia pertama yang diputar di Cannes Film Festival yang bergengsi pada tahun 1989.

Sebagaimana judulnya, film ini mengisahkan kegigihan Cut Nyak Dien (Christine Hakim) dan teman-teman seperjuangan melawan Belanda yang menduduki Aceh di zaman Hindia Belanda.

5. Ada Apa dengan Cinta (2002)

Cinta dan Rangga? Mereka adalah dua pemeran ikonik dari sebuah film jadul terbaik di Indonesia berjudul Ada Apa dengan Cinta.  Film jadul Indonesiayang dirilis pada 2002 ini merupakan hasil garapan dari duo Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai produser dan sutradara Rudi Soedjarwo.  

Beberapa aktor dan aktris ternama kebanggaan tanah air juga turut beradu akting dalam film romantis ini, seperti Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra sebagai pemeran utama. 

Film ini mengisahkan Cinta (Dian Sastrowardoyo), seorang gadis SMA populer di sekolahnya dan tergabung dalam sebuah geng. 

Suatu ketika, Cinta yang terkenal memiliki sifat keras dan manja ini bertemu dengan Rangga (Nicholas Saputra). Awalnya tidak pernah akur, keduanya justru perlahan-lahan menanamkan rasa cinta terhadap satu sama lain. 

Sampai akhirnya muncul masalah yang membuat Cinta berada terjebak dalam dilema.

6. Catatan Si Boy (1987)

Siapa yang tak mengenal sosok ‘Si Boy’? Sosok yang diperankan aktor Ongky Alexander ini begitu ikonik, bahkan masih tetap dikenal hingga saat ini.

Catatan Si Boy menjadi salah satu film terlaris pada tahun 1987. Film garapan sutradara Nasri Cheppy ini dianggap begitu dekat dengan gambaran remaja pada masanya.

Si Boy digambarkan sebagai sosok pemuda tampan yang gemar menulis catatan harian, aktif di kampus, anak pengusaha kaya, dan lain-lainnya yang menggambarkan sosok ideal. Sosok Boy pun diperebutkan oleh sejumlah perempuan.

Inilah 6 film jadul Indonesia terbaik yang masih menarik untuk ditonton. Selamat menonton!