Menjadi Andalan Wanita, Inilah 6 Fungsi Concealer Sebenarnya

Rabu, 24 November 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Menjadi Andalan Wanita, Inilah 6 Fungsi Concealer Sebenarnya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Concealer jadi alat makeup yang penting untuk dimiliki baik untuk para makeup artist maupun orang awam yang senang bereksperimen dengan makeup dan wajib ada di tas makeup. Concealer punya fungsi tersendiri yang tak dapat digantikan oleh alat makeup lainnya.

Fungsi Concealer

Concealer punya beberapa fungsi yang penting, seperti menutupi bekas jerawat dan kantung mata hitam yang dapat mengganggu penampilan. Dengan concealer masalah-masalah seperti itu dapat tersamarkan. Ini dia sejumlah fungsi concealer yang perlu kamu ketahui!

1. Concealer Mampu Menyamarkan Jerawat

Bekas jerawat
Foto: Stylo.grid

Fungsi pertama dari concealer adalah untuk menyamarkan penampilan jerawat. Concealer punya formula yang lebih terkonsentrasi dibandingkan foundation yang membuatnya punya kemampuan untuk menyamarkan jerawat sehingga kulit yang terlihat flawless.

Selain jerawat, concealer dapat menyamarkan bekasnya. Seperti jerawat, bekas jerwatnya dapat menjadi sangat mengganggu. Bekas jerawat ini dapat ditutupi oleh concealer.

Cara kerjanya pun sama dengan saat ingin menutupi jerawat. Untuk bekas jerawat yang kemerahan, kamu bisa mengoleskan color corrector berwarna hijau untuk menetralkan bekas jerawat yang kemerahan.

2. Concealer Menutupi Dark Circles di Bagian Bawah Mata

Begadang dapat menimbulkan beberapa masalah pada kulit, termasuk timbulnya lingkaran mata hitam atau dark circles di bawah mata. Concealer jenis stick jadi solusi yang tepat untuk menyamarkan mata panda.

Aplikasikan concealer dengan cara pola segitiga terbalik. Lalu tepukkan concealer secara perlahan untuk mencegah creasing.

3. Merapikan Alis Tanpa Harus Mencukurnya

Fungsi concealer
Foto: Pexels 

Fungsi concealer berikutnya adalah merapikan bentuk alis. Concealer bisa bikin alismu rapi tanpa harus mencukur alis! Gabungan antara produk alis yang tepat dan sapuan concealer di area sekitar alis dapat membuat alis pun tampak rapi dan on fleek!

4. Concealer Berfungsi sebagai Highlighter

Tahukah concealer juga berfungsi sebagai highlighter? Concealer juga dapat digunakan untuk menegaskan bagian wajah tertentu. Misalnya mempertegas bentuk alis, kontur wajah dengan concealer berwarna gelap dari wajah, dan membentuk bibir menjadi lebih tipis atau tebal.

Untuk Mempertegas bentuk wajah, kamu bisa menggunakan shade concealer satu atau dua tingkat lebih cerah dari warna kulit. Concealer bisa diaplikasikan pada bagian wajah yang ingin ditonjolkan seperti tulang alis, dahi bagian depan, dan cupid bow. Wajah pun akan tampak lebih berdimensi.

5. Concealer Berfungsi sebagai Kontur Wajah

Concealer dapat digunakan untuk mengkontur wajah juga, lho! Kuncinya, pilih concealer dengan warna satu atau dua tingkat lebih gelap dari warna kulit alami. Aplikasikan concealer di sisi-sisi hidung, dagu, area bawah mata, kemudian ratakan. Untuk hasil yang lebih flawless, gunakan concealer dengan tekstur creamy.

6. Primer untuk Eyeshadow

Fungsi concealer berikutnya sebagai primer untuk makeup eyeshadow. Primer eyeshadow dari concealer bisa diaplikasikan sebelum menggunakan eyeshadow. Concealer ini dapat membuat warna eyeshadow yang kamu pakai lebih keluar, lebih intens, dan menakjubkan.

Itu dia beberapa fungsi concealer yang menjadi andalan wanita saat mengenakan makeup. Ternyata concealer tergolong produk multifungsi, ya.