Selain Melindungi dari Sinar UV, Ketahui 7 Fungsi Sunscreen Lainnya

Rabu, 13 Oktober 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Selain Melindungi dari Sinar UV, Ketahui 7 Fungsi Sunscreen Lainnya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Skincare merupakan hal wajib bagi sebagian besar orang, terlebih untuk kaum wanita. Skincare pun memiliki berbagai macam item yang harus digunakan. Namun dari banyaknya rentetan tersebut, sunscreen merupakan item yang sangat penting. 

Sunscreen yang juga dikenal dengan istilah tabir surya dapat dianalogikan sebagai filter yang menyaring paparan sinar ultraviolet terhadap kulit. Produk sunscreen biasanya mengandung SPF (Sun Protector Factor) dengan persentase yang bervariasi.

Semakin tinggi nilai SPF, maka tingkat perlindungannya terhadap paparan sinar ultraviolet menjadi semakin baik. Terutama bagi orang yang beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Khusus kita yang tinggal di wilayah tropis, sebaiknya menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Gunakan sunscreen sebelum make up dan beraktivitas dengan takaran dua jari atau sebesar buah ceri.

Fungsi Sunscreen Untuk Kulit Wajah 

Memang fungsi utama sunscreen memang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, rupanya ada sederet manfaat sunscreen untuk kesehatan kulit. Kira-kira apa saja, ya?

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

fungsi sunscren
Foto: Ladiestory.id

Fungsi sunscreen yang pertama ini sudah banyak diketahui. Selain itu kamu pasti tahu jika kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah. 

Untuk jangka pendeknya, efek buruk yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi memerah, kering, belang, mengelupas, dan terasa perih. Sementara untuk jangka panjangnya bisa menyebabkan proses penuaan dini yang mengarah pada kerutan, flek, bahkan yang lebih parah adalah kanker kulit.

Sinar matahari sendiri terbagi beberapa jenis, yang paling dikenal adalah sinar UVA dan UVB. Sinar UVA mampu merusak kulit dengan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul.

Sementara sinar UVB memicu sensasi perih terbakar, menciptakan efek belang sekaligus gelap di kulit, dan efek panjangnya bisa memicu terjadinya kanker kulit. 

Nah, untuk meminimalkan bahaya dari paparan sinar matahari, sunscreen wajib digunakan. Salah satu manfaat sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat kamu beraktivitas di luar ruangan.

2. Mencegah Penuaan Dini

Fungsi sunscreen juga dapat melindungi kulit dari munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Studi mengungkapkan bahwa orang-orang di bawah usia 55 tahun yang memakai sunscreen secara rutin, risiko mengalami penuaan dini lebih kecil 24 persen ketimbang mereka yang tidak menggunakannya.

3. Mencegah Sunburn

fungsi sunscren
Foto: Ladiestory.id

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit seperti terbakar atau yang biasa disebut sunburn. Kondisi ini bisa terjadi ketika berada di luar ruangan seharian dengan cuaca yang panas.

Hal ini tentunya dapat membuat tidak nyaman dan tubuh bisa merasa kelelahan. Dilansir dari Unity Point Health, pencegahan efektif sunburn yaitu dengan memakai sunscreen sebelum beraktivitas. Selain itu, tingkatkan pengonsumsian air untuk menghindari masalah ini.

4. Mencegah Komedo

Selain penggunaan makeup, sinar matahari juga jadi salah satu penyebab komedo timbul. Itulah mengapa penting bagi kamu, terutama yang memiliki kulit wajah yang rentan berjerawat, harus selalu memakai sunscreen. Pastikan produk sunscreen yang kamu pilih cocok dengan jenis kulit wajahmu.

5. Membuat Warna Kulit Tetap Merata

fungsi sunscren
Foto: Ladiestory.id

Apakah kamu pernah mengalami kulit tidak merata di beberapa area wajah atau sering disebut belang? Misalnya terlihat lebih gelap dibandingkan kulit di dekatnya? Mungkin juga tiba-tiba muncul flek-flek hitam di wajah padahal sebelumnya kamu tidak berjerawat. 

Mungkin saja hal-hal tersebut terjadi karena kulit kamu tidak dilindungi oleh sunscreen. Oleh sebab itu fungsi sunscreen juga mampu untuk membuat warna kulit tetap rata.

6. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Menggunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari berbagai jenis kanker kulit, khususnya melanoma. Jenis kanker kulit ini dapat mengancam jiwa dan umumnya terjadi pada wanita berusia 20-an.

7. Melembapkan Wajah

fungsi sunscren
Foto: Ladiestory.id

Fungsi sunscreen tidak hanya melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, namun juga dapat melembapkan wajha. Suncreen memiliki bahan Hyluronic Acid (HA), Ascorbyl Glucoside dan Airlicium. HA misalnya bersifat menarik cairan dengan kuat dibandingkan berat molekulnya sehingga bisa menjaga kelembapan kulit

Sebaiknya pilih sunscreen yang memiliki bahan-bahan seperti titanium dioxide dan zinc oxide untuk menyerap sinar dan memantulkannya dari kulit. Selain itu, kandungan seperti octocrylene dan octisalate juga penting diperhatikan dalam produk sunscreen yang dipakai.

Inilah 7 fungsi sunscreen untuk kulit wajah. Jadi, mulai sekarang jangan skip menggunakan sunscreen, ya.

Berita Terkait