Gak Punya Krim Pencukur? Gunakan Conditioner, Begini Caranya

Minggu, 9 Januari 2022 | 12:30:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Gak Punya Krim Pencukur? Gunakan Conditioner, Begini Caranya

Ilustrasi mencukur bulu ketiak. (Special)

Ladiestory.id - Banyak perempuan yang tidak percaya diri dengan adanya bulu ketiak. Padahal bulu ketiak memiliki banyak manfaat lho. Meski begitu, bukan berarti Kamu membiarkannya tumbuh begitu saja. Sama seperti rambut, bulu ketiak membutuhkan perawatan, salah satunya dicukur.

Oleh sebab itu membersihkan ketiak dari rambut dan bulu-bulu halus sudah menjadi rutinitas tersendiri. Beberapa memilih untuk melakukan waxing, namun tidak sedikit yang memilih mencukur sendiri bulu tubuh mereka.

Cara Cukur Bulu Ketiak dengan Conditioner

Untuk menghindari kulit yang kering, sebaiknya selalu menggunakan krim cukur saat akan mencukur bulu tubuh. Namun jangan khawatir jika Kamu tidak memiliki krim cukur. Pasalnya Kamu bisa menggantinya dengan conditioner.

1. Basahi Ketiak yang Akan Dicukur

Ilustrasi ketiak. (Special)

Sebelum mencukur buku ketiak, usahakan area tersebut dalam keadaan basah. Pasalnya kulit pada ketiak cenderung lebih tipis dan sensitif dari kulit lainnya. Sehingga basahi area tersebut dengan air dingin menjadi pilihan yang paling tepat. Selain itu, kondisi ini justru memudahkan untuk mencukur sampai ke ujung bulu. Sebab jika Kamu mencukur dalam kondisi kering, maka menyebabkan kulit terluka atau memicu iritasi.

2. Mengoleskan Conditioner

Langsah selanjutnya, oleskan conditioner ke bagian bulu ketiak sebelum memulai mencukur. Namun jangan sampai kamu menggunakan sabun mandi karena tidak cukup membuat kulit licin, sehingga bulu menjadi sulit dicukur. Pastikan conditioner tersebut sudah merata di bagian ketiak yang ingin dicukur.

3. Angkat Lengan Tinggi

Ilustrasi mencukur bulu ketiak. (Special)

Tentunya untuk mencukur bulu ketiak, Kamu wajib mengangkat tangan. Usahakan angkat tangan hingga ke atas kepala. Selain itu, usahakan kulit ketiak meregang dengan baik tanpa ada lipatan di ketiak. Hal ini akan mempermudah kamu mencukur rambut dan mengurangi resiko luka sayatan karena pisau cukur.

4. Mulai Mencukur

Ilustrasi mencukur ketiak. (Special)

Sebelum mencukur, pastikan alat cukur yang akan digunakan tajar. Hal ini agar dapat membersihkan ketiak dengan sempurna dan tidak terjadi iritasi. Sebaiknya, pilih alat pencukur yang memiliki dua mata pisau. Jangan lupa mengganti alat dengan yang baru apabila mulai tumpul atau berkarat.

Jika alat cukur sudah siap, kamu bisa memulai mencukur bulu ketiak. Lakukan arah mencukur dari bawah ya. Sebab bulu yang tumbuh pada bulu ketiak harus dicukur berlawanan arah dengan tumbuhnya rambut, yaitu dari atas ke bawah. Namun, arah pertumbuhan ketiak setiap orang tidak sama, ada bulu yang tumbuh mengarah ke bawah.

5. Mengoleskan pelembab

Setelah ketiak terbebas dari bulu, jangan lupa bilas ketiak dengan air lalu dikeringkan. Apabila kulitmu sensitif, jangan lupa mengoleskan pelembab seusai mencukur bulu ketiak. Penggunaan pelembap dapat membantu menenangkan kulit setelah proses pencukuran, serta menjaga kulit tetap lembap dan halus. Kamu bisa menggunakan produk yang bebas alkohol, atau manfaatkan bahan alami, seperti minyak kelapa.