Ketahui Insomnia Akut dan Cara Mengatasinya

Kamis, 23 Desember 2021 | 22:00:00

Ketahui Insomnia Akut Dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi orang insomnia. (Special)

Ladiestory.id - Insomnia adalah gangguan tidur yang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu akut dan kronis. Insomnia akut disebabkan oleh peristiwa stres atau mungkin akibat dari perubahan mendadak dalam gaya hidup dan pola tidurmu. Gejala insomnia akut dapat meliputi bangun terlalu pagi, sulit tidur, sering mimpi buruk, dan rasa khawatir yang berlebihan.

Beberapa perawatan untuk insomnia akut meliputi perubahan pola makan, olahraga, meditasi, dan latihan pernapasan dalam.

Mengetahui Apa Itu Insomnia Akut?

Ilustrasi orang insomnia. (Special)

Insomnia akut adalah keadaan tidak tidur untuk waktu yang lama. Pada orang dewasa, insomnia akut dapat menyebabkan konsekuensi serius seperti penurunan kognitif dan masalah kejiwaan. Pada anak-anak, itu dapat menyebabkan masalah perkembangan. Pada anak-anak dengan autisme, itu mungkin memicu kehancuran atau memburuknya gejala.

Insomnia akut adalah gangguan tidur yang berlangsung berjam-jam hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Hal ini ditandai dengan gangguan tidur dan kesulitan untuk tertidur atau tetap tertidur yang menyebabkan konsekuensi signifikan dalam kehidupan sehari-hari.

Insomnia akut sering terjadi setelah trauma, stres, dan depresi. Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan insomnia akut seperti sindrom kaki gelisah, narkolepsi, dan sleep apnea. Pemicu paling umum untuk insomnia akut adalah sebagai berikut:

  • Kurang tidur di siang hari
  • Sulit tidur di malam hari
  • Tidur siang berlebihan
  • Situasi stres yang berlangsung untuk waktu yang lama

Mengenal Gejala Insomnia Akut

Ilustrasi orang mengalami gangguan tidur. (Special)

Insomnia akut adalah jenis gangguan tidur sementara yang ditandai dengan ketidakmampuan untuk tetap tidur. Banyak orang menderita insomnia akut karena penyebab berikut seperti stres, kecemasan, terlalu banyak bekerja, jet lag, jadwal tidur yang tidak teratur, konsumsi alkohol, konsumsi kafein.

Insomnia akut adalah gangguan tidur yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan apapun. Hal ini ditandai dengan kurangnya kemampuan untuk tertidur, sering terbangun di malam hari, dan bangun dengan perasaan lelah.

Bagaimana Insomnia Akut Dapat Disembuhkan

Obat untuk insomnia akut adalah dengan menonton konten yang menenangkan seperti acara TV atau film yang menurut kamu menenangkan sebelum kembali tidur. Cara Menyembuhkan Insomnia Akut:

  • Bangun 2-3 jam lebih awal dari biasanya pada hari 1
  • beri diri kamu waktu di luar kamar tidur kamu
  • jangan minum alkohol; hindari tempat tidurmu

Insomnia akut dapat disembuhkan dengan dua cara. Yang pertama adalah mencari tahu akar permasalahannya, yang mungkin cukup rumit bagi sebagian orang. Yang kedua adalah menggunakan alat bantu tidur untuk mengatasi gejala insomnia akut.

Insomnia akut adalah gangguan langka yang menyebabkan kamu mengalami insomnia selama lebih dari 3 minggu. Ini terjadi secara tiba-tiba setelah mengalami gangguan tidur.

Pengobatan paling umum untuk insomnia akut adalah obat tidur atau obat tidur. Namun, ini sering tidak efektif dan obat memiliki banyak efek samping.

Insomnia akut adalah suatu kondisi yang tidak berlangsung lebih dari beberapa hari dan biasanya menyebabkan kurang tidur yang parah. Ada banyak metode untuk menyembuhkan insomnia akut:

  • Teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, imajinasi terbimbing, dan relaksasi otot progresif
  • Kontrol stimulus seperti menghindari pemicu yang menyebabkan sulit tidur
  • Pengobatan kondisi medis yang mendasari seperti depresi
  • Cara terbaik untuk menyembuhkan insomnia akut adalah dengan praktik kebersihan tidur yang efisien.

Obat Tidur Terbaik untuk Insomnia Akut

Obat tidur dan alat bantu tidur dapat membantu meringankan insomnia akut. Tapi harus digunakan dengan hati-hati karena mungkin memiliki efek samping seperti ketergantungan dan kecanduan. Berikut adalah beberapa obat tidur terbaik untuk insomnia akut:

1. Melatonin

aman dan murah dan tersedia tanpa resep di apotek. Ini juga tidak bekerja seperti pil tidur lainnya - ini adalah hormon yang dilepaskan secara alami di tubuh kamu selama tidur yang membantu kamu tidur sepanjang malam. Satu-satunya efek samping melatonin adalah tidak bisa tertidur atau bangun lebih awal dari yang diharapkan.

2. Bupropion

Ini adalah obat yang dapat membantu mengatasi kecemasan, depresi, dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Efek samping termasuk mulut kering, mual, agresi, kelelahan, penambahan berat badan, disfungsi seksual, kebingungan.

Banyak orang menderita insomnia akut dan perlu minum obat tidur atau obat tidur. Beberapa dari orang-orang ini tidak dapat menangani efek samping dari obat-obatan ini. Alternatif bagi mereka adalah Hipnosis.

3. Hipnosis

Hipnosis adalah cara alami untuk membantu mengatasi insomnia dan dapat digunakan sebagai pengganti obat tidur tanpa efek samping. Orang yang menderita insomnia harus mencoba menggunakan hipnosis untuk mengobati kondisi mereka sebelum beralih ke obat atau suplemen yang dapat memiliki efek samping yang merugikan.

Meskipun metode ini dapat membantu meringankan insomnia akut, mereka mungkin tidak berkelanjutan dalam jangka panjang karena efek jangka panjang yang berbahaya. Dengan demikian, orang yang menderita insomnia kronis mungkin perlu mencoba alternatif lain untuk tidur yang lebih baik.