Jarang Diketahui Genrenya! 5 Ghotic Metal Band dari Luar Negeri

Senin, 6 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Jarang Diketahui Genrenya! 5 Ghotic Metal Band Dari Luar Negeri

Foto: Facebook Evanescence

Ladiestory.id - Dari cukup banyak subgenre dalam musik heavy metal, mungkin gothic metal menjadi jenis musik metal yang kebanyakan melibatkan seorang perempuan sebagai vokalis utama.

Dan biasanya, vokalis perempuan dari band gothic metal itu menjadi daya tarik tersendiri dan tak jarang menjadi ikon band.

Di Eropa, gothic metal merupakan salah satu jenis musik metal yang sangat populer, dan hal itu juga berpengaruh dengan kuantitas band gothic metal yang berasal dari benua biru tersebut.

Ketahui 5 Ghotic Metal Band Luar Negeri

Kira-kira seperti apa sih ghotic metal band itu? Yuk ketahui 5 ghotic metal band dari luar negeri.

1. Nightwish

Ghotic Metal Band
Foto: Ladiestory.id

Nightwish adalah band yang beraliran Symphonic Ghotic metal yang berasal dari kota Kitee, Finlandia. Band ini di bentuk pada tahun 1996.Lagu pertama peluncuran band ini adalah “the Carpenter” yang termasuk album “Angel Fall First”.

Karya mereka dilanjutkan dengan merilis album “Oceanborn” tahun 1998, “Wishmaster” tahun 2000 dan “Century Child” pada tahun 2002. Album mereka sudah terjual jutaan keping di seluruh dunia.

2. Evanescence

Evanescence adalah band beraliran gothic rock yang berasal dari arkansas Amerika serikat. Evanescence telah sukses dengan albumnya yang membuat heboh masyarakat pecinta ghotic dengan album lagu-lagunya yaitu "Fallen" yg dirilis pada tahun 2003, yaitu "Anywhere but Home" yang live tahun 2004, "The Open The Door" dirilis tahun 2006.

Grup band ini berdiri sejak tahun 1995 dengan vokalisnya cewek cantik yang bernama Amy Lee dengan suara yg cukup keras (string) yang khas yang identik semua band ghotic vokalisnya terdiri dari seorang cewek.

Dan gitarisnya bernama Ben Moody yang album pertamanya "FALLEN" berhasil booming dan terjual sampai beberapa juta keping di seluruh dunia.

3. After Forever

Ghotic Metal Band
Foto: Ladiestory.id

 

After Forever adalah band Progressive Gothic Metal yang didirikan tahun 1995. Band ini telah bubar pada tahun 2009 dan vokalis utamanya pindah ke group band Nightwish. Walaupun sudah bubar, tapi hasil karyanya tak akan pernah hilang dan selalu ada di hati para pecinta music gothic.

4. Within Temptation

Within Temptation adalah band Symphonic gothic metal yang berasal dari negeri kincir angin Belanda. dibentuk pada tahun 1996 oleh sang gitaris Robert Westerholt dan sang vokalis Sharon den Adel

Band ini pada awalnya aktif di panggung musik underground, mereka menjadi tenar di kalangan underground sejak merilis album Enter (1997). Tapi sejak mereka merilis album Mother Earth yang mengandalkan single Ice Queen.

Band ini menjadi terkenal di semua kalangan, album ini menduduki nomor 2 di jumlah penjualan di Belanda, selanjutnya album The Silent Force (2004) dan The Heart Of Everything (2007) selalu menduduki no 1 di chart Belanda.

Kesuksesan album Mother Earth membuat Sharon meninggalkan pekerjaannya sebagai desainer di sebuah perusahaan fashion. Pada tahun 1997 merilis album Enter, membuat band ini terkenal di kalangan underground Eropa dan membuat mereka tampil di festival-festival Metal yang terkemuka di Belanda.

Ciri khas album Enter adalah sangat melodius dan gelap, terpengaruh aliran Gothic doom metal, juga menampilkan suara Grunt Robert Westerholt dan paduan suara anak-anak yatim piatu, dan juga suaranya si vokalis Sharon den Adel.

5. Leaves Eyes

Ghotic Metal Band
Foto: Ladiestory.id

 

Leaves Eyes adalah group band symphonic gothic metal dari Jerman. Band ini dibentuk tahun 2003 oleh vokalisnya Liv Kristine dan telah memproduksi 6 album. Lagu-lagu yang menjadi hits-nya antara lain “Hell to the Heaven” dan “The Waking Eye”.

Inilah 5 ghotic metal band dari luar negeri yang memang genrenya jarang di dengar oleh orang.