Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Karat pada Perhiasan Berlian

Senin, 22 November 2021 | 00:01:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Hal-Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Karat Pada Perhiasan Berlian

Foto: Cincin Berlian Glisten dan Leona dari Frank & co.

Cut, color, clarity, dan carat. Adalah empat unsur yang menentukan keindahan sebuah potongan berlian. Berikut ini adalah pemaparan lengkap seputar karat.

Karat merupakan satu istilah khusus dalam industri perhiasan berlian yang digunakan sebagai satuan ukur untuk menentukan berat berlian. Satu karat sama dengan 200 miligram, yang berarti 5 karat berlian memiliki bobot 1 gram.

Orang sering salah mengira bahwa ukuran berlian identik dengan berat karatnya, padahal ini belum tentu benar. Ibaratnya tubuh manusia, makin besar kelihatannya, kemungkinan bobotnya juga akan semakin berat.

Namun, dalam hal perhiasan berlian, baik itu cincin berlian, kalung berlian, maupun anting berlian, ada faktor lain yang mempengaruhi ukuran karat.

Faktor tersebut diantaranya bagaimana cara berlian dipotong. Berlian pada perhiasan emas bisa dipotong sedemikian rupa sehingga diameternya terlihat besar dengan karat yang sebenarnya kecil.

Namun, hal ini juga dapat mempengaruhi tingkat kecemerlangan berlian tersebut. Karena, berlian dengan potongan yang buruk, akan membuat bagian dasarnya tersembunyi sehingga cahaya yang dipantulkan tidak akan maksimal.

Baca juga: Detail Desain Perhiasan Berlian Flare Collection yang Menarik untuk Dikulik

Gelang Berlian Trilogy dari frank & co.
Foto: Gelang Berlian Trilogy dari frank & co.

Sejarah Satuan Ukur Karat

Sistem pengukuran menggunakan karat pada berlian di zaman modern dimulai dari temuan biji carob, atau benih pohon yang tumbuh di Mediterania. Pohon ini memiliki buah polong yang di dalamnya terdapat banyak biji.

Pedagang batu permata zaman dahulu menggunakan biji tersebut sebagai penyeimbang timbangan mereka.

Sistem pengukuran ini kemudian diadopsi oleh Amerika Serikat pada tahun 1913. Negara lainnya kemudian menyusul menggunakan sistem pengukuran yang sama, yang saat ini disebut karat – satuan ukur berlian dengan persepsi berat sama persis di seluruh dunia.

Perlu diketahui kalau dalam bahasa Inggris, penyebutan karat (dengan K) berlaku untuk karat pada emas, sementara untuk karat pada berlian digunakan carat (dengan C) atau disingkat ct. 

Liontin Berlian The Love Box dari Frank & co. – Phrea, Ludia, Agathea
Liontin Berlian The Love Box dari Frank & co. – Phrea, Ludia, Agathea

Istilah “Magic Size” Dalam Ukuran Berlian

Ada beberapa ukuran berlian diberi predikat magic size, di antaranya setengah, tiga perempat, dan satu karat. Fakta menarik yang perlu kamu ketahui adalah, hanya akan ada sedikit sekali perbedaan secara visual antara berlian dengan berat 0,99 karat dan satu karat, namun dari segi harga, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Perhiasan Berlian Twilight Dew Series dari Frank & co.
Perhiasan Berlian Twilight Dew Series dari Frank & co.

Tips Membeli Berlian

Setelah mengetahui penjelasan mengenai satuan ukur karat pada berlian, kamu sekarang sudah lebih siap untuk membeli cincin berlian, kalung berlian, anting berlian, atau jenis perhiasan emas lainnya yang dihiasi dengan potongan berlian – baik untuk diri sendiri maupun sebagai hadiah ulang tahun untuk orang terdekat.

Berikut ini adalah tips untuk membantumu memilih perhiasan berlian yang tepat, berdasarkan karatnya.

  • Pilih berlian dengan karat yang sesuai dengan bentuk jari pemakainya (dalam hal cincin). Memilih ukuran karat yang kebesaran pada jari yang kecil, atau sebaliknya, karat kecil untuk jari besar akan mengurangi keindahan dari cincin berlian yang kamu kenakan.
  • Pertimbangkan soal ukuran dengan budget. Jangan hanya mengejar berat karat berlian dan berharap mendapat potongan yang ‘terlihat’ besar dengan budget minim. Ini akan mengantarkan kamu pada pilihan berlian dengan kualitas yang kurang baik.
  • Cari tahu sendiri dan bandingkan perhiasan dengan ukuran karat yang berbeda-beda. Jika memungkinkan, coba secara langsung pada dirimu sendiri, untuk mendapat gambaran jelas apakah berlian tersebut tepat untuk dipilih.

Butuh rekomendasi perhiasan berlian berkualitas? Kunjungi akun Instagram @franknco_id atau www.frankncojewellery.com untuk dapat informasi dan inspirasi pemilihan perhiasan berlian. Kamu juga bisa melakukan pembelian online secara aman tanpa harus keluar rumah.

Perhiasan berlian adalah fashion item terbaik untuk jadi koleksi pribadi sekaligus hadiah ulang tahun yang berkesan bagi orang terdekat. Ketahui lebih banyak soal berlian sebelum melakukan pembelian. Agar kamu yakin bahwa perhiasan berlian yang kamu pilih adalah yang terbaik.